SELEKSI HAKIM AGUNG

34 CHA Ikuti Seleksi Kepribadian, 4 di Antaranya Khusus Pajak

Muhamad Wildan | Selasa, 22 Agustus 2023 | 10:00 WIB
34 CHA Ikuti Seleksi Kepribadian, 4 di Antaranya Khusus Pajak

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Komisi Yudisial (KY) menggelar proses seleksi kesehatan dan kepribadian terhadap 34 calon hakim agung (CHA).

Seleksi kesehatan dan kepribadian terdiri atas pemeriksaan kesehatan dan kejiwaan yang telah digelar pada 9 Agustus dan 10 Agustus 2023 dan asesmen kompetensi dan kepribadian yang digelar pada 21 Agustus hingga 28 Agustus 2023.

"KY berharap masyarakat dengan identitas yang jelas dapat memberikan informasi atau pendapat secara tertulis tentang rekam jejak terkait integritas, kapasitas, perilaku dan karakter CHA dan calon hakim ad hoc HAM di MA paling lambat 31 Agustus 2023," kata Anggota KY M. Taufiq HZ, dikutip pada Selasa (22/8/2023).

Baca Juga:
Kejar Target Penerimaan Perpajakan 2025, Pemerintah Ungkap 5 Tantangan

Informasi terkait dengan CHA dan calon hakim ad hoc HAM di MA dapat disampaikan masyarakat melalui email [email protected] atau Jl. Kramat Raya No.57, Jakarta Pusat 10450.

"Informasi tersebut bermanfaat sehingga di dalam proses seleksi ini benar-benar menemukan hakim agung dan hakim ad hoc HAM di MA yang terbaik," tutur Taufik dalam keterangan resmi.

Informasi dari Masyarakat terkait dengan Calon Hakim Agung

Guna melaksanakan asesmen kompetensi dan kepribadian, KY membutuhkan informasi dan pendapat dari masyarakat. Informasi itu penting mengingat KY bakal mengukur integritas, mental, kemampuan manajemen organisasi, teknis dan proses yudisial, serta kenegarawanan para CHA.

Baca Juga:
LeIP Gelar FGD Soal Penyatuan Atap Pengadilan Pajak di MA

Lebih lanjut, para peserta akan dilakukan asesmen oleh asesor yang berlatar belakang psikolog dan asesor substantif yang merupakan hakim agung atau mantan hakim agung. Asesmen bakal dilakukan secara daring.

Dari total 34 CHA yang dilakukan asesmen, 4 di antaranya adalah CHA tata usaha negara (TUN) khusus pajak. Nama-nama CHA TUN khusus pajak ini antara lain Budi Nugroho, Hari Sih Advianto, dan Ruwaidah Afiyati. Ketiganya merupakan hakim di Pengadilan Pajak.

Selain itu, asesmen juga diikuti oleh Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi, dan Penilaian Kanwil DJP Jakarta Selatan II DJP Yeheskiel Minggus Tiranda.

Keempat CHA dimaksud tersebut berhak mengikuti asesmen mengingat sebelumnya sudah dinyatakan lolos seleksi kualitas bersama dengan 30 CHA lainnya. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 21 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK DAERAH

Ketentuan Tarif Pajak Daerah Terbaru yang Diatur oleh Pemkot Batam

Selasa, 21 Mei 2024 | 10:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Bukti Potong PPh Pasal 21 Bulanan Bisa Dicek di DJP Online

Selasa, 21 Mei 2024 | 09:33 WIB PENGADILAN PAJAK

Pokja Penyatuan Atap Pengadilan Pajak di MA Mulai Bekerja Pekan Ini

Selasa, 21 Mei 2024 | 08:51 WIB BERITA PAJAK HARI INI

WP Harus Lunasi Pajak Sesuai Pembahasan Akhir Sebelum Ajukan Keberatan

Selasa, 21 Mei 2024 | 08:00 WIB PENGADILAN PAJAK

LeIP Gelar FGD Soal Penyatuan Atap Pengadilan Pajak di MA

Senin, 20 Mei 2024 | 18:55 WIB UNIVERSITAS SEBELAS MARET (UNS)

Kesekretariatan Keluarga Alumni FEB (KAFEB) UNS Diresmikan