SEWINDU DDTCNEWS
SELEBRITAS

Waduh, Shakira Lagi-Lagi Tersandung Kasus Pajak

Dian Kurniati
Jumat, 21 Juli 2023 | 16.30 WIB
Waduh, Shakira Lagi-Lagi Tersandung Kasus Pajak

Shakira. (foto: marca.com)

MADRID, DDTCNews - Pengadilan tinggi Catalonia, Spanyol memulai penyelidikan baru atas dugaan penghindaran pajak yang dilakukan oleh penyanyi Shakira.

Kantor pers Pengadilan Tinggi Catalonia menyebut Shakira diduga melakukan penghindaran pajak penghasilan dan kekayaan pada 2018. Berkas perkara dugaan penghindaran pajak tersebut juga telah diajukan kejaksaan.

"[Pengadilan] telah membuka investigasi atas pelimpahan berkas yang diajukan jaksa penuntut terhadap penyanyi Shakira untuk 2 tuduhan," bunyi pernyataan pengadilan, dikutip pada Jumat (21/7/2023).

Pengadilan belum banyak menjelaskan dugaan kasus penghindaran pajak oleh Shakira pada 2018. Namun demikian, kasus tersebut bakal menambah panjang daftar dugaan penghindaran pajak oleh Shakira.

Sebelumnya, kejaksaan menyatakan Shakira telah gagal membayar pajak hingga €14,5 atau sekitar Rp226,8 miliar kepada negara Spanyol. Dugaan penggelapan pajak tersebut berkaitan dengan durasi tinggal Shakira di negara itu pada 2012 hingga 2014.

Shakira memiliki kewajiban membayar pajak karena tinggal selama lebih dari 200 hari di Spanyol dalam 3 tahun tersebut.

Pengadilan tinggi di Spanyol menolak banding yang diajukan penyanyi Shakira atas kasus dugaan penggelapan pajak di negara tersebut. Putusan banding tersebut memperkuat putusan pengadilan sebelumnya yang dirilis pada Juli 2021.

Meski demikian, pengadilan tetap harus menyampaikan pemberitahuan secara resmi kepada Shakira mengenai putusan kali ini.

Sementara itu, tim hukum Shakira membantah tuduhan penghindaran pajak yang disampaikan oleh pengadilan Spanyol. Tim hukum mengeklaim bahwa Shakira memiliki komitmen yang baik dalam memenuhi semua kewajiban pajaknya.

"Shakira selalu bertindak sesuai dengan hukum dan di bawah nasihat ahli pajak terbaik," bunyi pernyataan tim hukum Shakira dilansir cnn.com.

Shakira saat ini tengah fokus pada kariernya di Miami, Amerika Serikat. Dia juga percaya diri dapat penyelesaian urusan pajaknya dengan baik.

Sejauh ini, Shakira belum menerima pemberitahuan resmi tentang penyelidikan terbaru, tetapi dia berharap semua kasusnya akan diselesaikan dari kediamannya di Miami. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.