LAPORAN HASIL SURVEI PAJAK DAN POLITIK

Program Pajak Capres Pengaruhi Pilihan Gen Z dan Milenial dalam Pemilu

Redaksi DDTCNews | Selasa, 28 November 2023 | 09:30 WIB
Program Pajak Capres Pengaruhi Pilihan Gen Z dan Milenial dalam Pemilu

Survei Pajak dan Politik DDTCNews

JAKARTA, DDTCNews - Tim pemenangan masing-masing pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) tidak boleh mengabaikan keberadaan pemilih muda. Populasi pemilih muda yang mendominasi daftar pemilih tetap (DPT) dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 bisa menjadi kunci kemenangan masing-masing kontestan.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) mencatat sebanyak 55% atau sekitar 112 juta pemilih dalam pemilu 2024 adalah penduduk yang rentang usianya masuk generasi Z (17-29 tahun) dan milenial (30-43 tahun).

Perlunya capres-cawapres untuk merangkul pemilih muda juga dikuatkan oleh Laporan Hasil Survei Pajak dan Politik: Saatnya Parpol & Capres Bicara Pajak yang diterbitkan oleh DDTCNews.

Baca Juga:
Aturan Impor Susu Bakal Direlaksasi untuk Program Susu Gratis Prabowo

Melalui survei yang digelar selama sebulan penuh, 4 September 2023 hingga 4 Oktober 2023, didapatkan statistik yang menunjukkan bahwa rencana agenda atau kebijakan pajak dari masing-masing partai politik (parpol) atau capres ternyata memengaruhi pilihan masyarakat dalam pemilu mendatang.

"Mayoritas responden (90,2%) menilai agenda pajak punya pengaruh besar terhadap pilihan politik," sebut Laporan Hasil Survei Pajak dan Politik yang dirilis oleh DDTCNews pada Selasa (28/11/2023).

Secara menyeluruh, tanpa melihat kelompok umur, sebanyak 46,6% responden menilai agenda pajak 'Sangat Penting' dalam memengaruhi pilihan politik mereka. Sebanyak 43,6% responden lainnya menilai 'Penting' bahwa agenda pajak memengaruhi pilihan politik.

Baca Juga:
Prabowo: Mau di Dalam atau Luar Pemerintahan, Sama-Sama Demi Rakyat

Sisanya, sebanyak 8,1% responden memilih 'Netral', 1,5% responden memilih 'Tidak Penting', dan 0,2% responden memilih 'Sangat Tidak Penting'.

Pemilih Muda Jadi Kunci

Ada dua fakta yang perlu digarisbawahi oleh parpol dan tim pemenangan dari masing-masing kandidat capres-cawapres terkait dengan isu pajak.

Baca Juga:
Prabowo-Gibran Resmi Jadi Pemenang Pilpres, Begini Harapan Pengusaha

Pertama, populasi generasi muda mendominasi struktur pemilih dalam pemilu 2024 nanti. Kedua, agenda pajak menjadi salah satu deal breaker atau penentu bagi pemilih muda dalam memutuskan siapa jagoannya dalam pemilu nanti.

Artinya, masing-masing kandidat capres-cawapres yang berkompetisi dalam pemilu 2024 perlu mematangkan menu atau agenda perpajakannya untuk disodorkan kepada calon pemilih. Populasi generasi Z dan milenial bisa menjadi ranah penentu dalam memenangkan salah satu kandidat.

Jika dibedah sesuai dengan rentang kelompok usia, baik generasi Z, milenial, generasi X, dan baby boomers sama-sama sepakat bahwa agenda pajak yang disodorkan parpol dan capres bisa memengaruhi pilihan politik mereka.

Baca Juga:
Resmi! KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wapres Terpilih

Secara terperinci, Laporan Hasil Survei Pajak dan Politik DDTCNews menunjukkan bahwa 90,1% responden yang masuk dalam kelompok generasi Z menganggap agenda pajak bisa memengaruhi pilihan politik mereka (Penting-Sangat Penting). Senada dengan gen Z, sebanyak 90,2% responden milenial sepakat bahwa agenda pajak berpengaruh terhadap pilihan politik mereka (Penting-Sangat Penting).

Di luar kelompok usia muda, fakta statistiknya juga sama. Sebanyak 91,2% responden yang tergolong dalam generasi X dan 81,1% responden baby boomers menilai bahwa agenda pajak yang diusung masing-masing parpol dan capres mampu memengaruhi pilihan politik.

Secara umum, jika dilihat secara menyeluruh tanpa mengotakkan-kotakkan rentang umur, keberadaan agenda atau program pajak yang ditawarkan kandidat pemilu merupakan senjata ampuh untuk menggaet suara bagi calon pemilih. Namun, jika mengingat fakta bahwa DPT didominasi oleh pemilih muda, kampanye-kampanye yang melibatkan program-program pajak perlu digencarkan kepada kelompok ini.

Baca Juga:
Jokowi: Presiden dan Wapres Terpilih Harus Segera Siap-Siap Bekerja

Artikel ini merupakan bagian dari rangkaian penerbitan Laporan Survei Pajak dan Politik DDTCNews: Saatnya Parpol & Capres Bicara Pajak. Untuk mendapatkan naskah laporan secara lengkap, silakan unduh di https://bit.ly/HasilSurveiPakpolDDTCNews2023. (sap)

Baca artikel-artikel menarik terkait dengan pajak dan politik di laman khusus Pakpol DDTCNews: Suaramu, Pajakmu.

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 01 Mei 2024 | 13:00 WIB KELAS PPH PASAL 21 (4)

Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:30 WIB PAJAK PENGHASILAN

Begini Cara Hitung Angsuran PPh Pasal 25 BUMN dan BUMD

Rabu, 01 Mei 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Kriteria-Perbedaan Barang Kiriman Hasil Perdagangan dan Nonperdagangan

Rabu, 01 Mei 2024 | 09:33 WIB KURS PAJAK 01 MEI 2024 - 07 MEI 2024

Berjalan Sebulan Lebih, Kurs Pajak Berlanjut Melemah terhadap Dolar AS

Rabu, 01 Mei 2024 | 09:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Aturan Impor Susu Bakal Direlaksasi untuk Program Susu Gratis Prabowo

Rabu, 01 Mei 2024 | 08:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Impor Barang Bawaan Tak Dibatasi, Bea Masuk Tetap Sesuai PMK 203/2017

Rabu, 01 Mei 2024 | 07:00 WIB LITERATUR PAJAK

Selamat Hari Buruh! Yuk, Pahami Hak dan Kewajiban Perpajakannya