HUT KE-17 DDTC

Download! PDF Buku Baru DDTC: Gagasan Perpajakan untuk Prabowo-Gibran

Redaksi DDTCNews
Jumat, 18 Oktober 2024 | 10.45 WIB
Download! PDF Buku Baru DDTC: Gagasan Perpajakan untuk Prabowo-Gibran

Buku Gagasan Perpajakan untuk Prabowo-GibranĀ yang menjadiĀ buku ke-27 yang diterbitkan oleh DDTC.

JAKARTA, DDTCNews ā€“ Bertepatan dengan momentum sebelum dilantiknya presiden dan wakil presiden terpilih periode 2024-2029, DDTC resmi merilis buku berjudul Gagasan Perpajakan untuk Prabowo-Gibran pada hari ini, Jumat (18/10/2024). Buku ini merupakan buku ke-27 yang diterbitkan oleh DDTC.

Dengan format antologi, buku ini menyajikan 50 artikel terbaik lomba menulis 2024 bertajuk Pemerintah Baru, Kebijakan Baru yang digelar DDTCNews dalam momentum hari ulang tahun (HUT) ke-17 DDTC. Untuk memperluas jangkauan keterbacaan, buku ini juga hadir secara elektronik dalam versi PDF. Anda dapat mengunduh (download) buku versi PDF di sini.

Dalam spirit Asia-Pasific Pro Bono Firm of The Year Award yang dimenangkan DDTC dari International Tax Review (ITR) London pada 2022 dan 2024, buku ini diharapkan melengkapi program Pajak dan Politik: Suaramu, Pajakmu. Terlebih, program itu juga telah menghasilkan laporan survei bertajuk Saatnya Parpol dan Capres Bicara Pajak.

Program ini berangkat dari keyakinan suara dari para pemilih tidak hanya menentukan presiden dan wakil presiden serta para wakil rakyat, tetapi juga arah kebijakan perpajakan ke depan. Dengan demikian, seluruh gagasan dalam buku ini dapat menjadi masukan berharga bagi pemangku kepentingan di bawah presiden dan wakil presiden terpilih, Prabowo-Gibran.

Menariknya, tidak sedikit dari para penulis yang berprofesi sebagai aparatur sipil negara (ASN). Artinya, gagasan yang diangkat dalam artikel berpotensi lebih dekat sekaligus relevan dengan kondisi lapangan. Selain itu, partisipasi konsultan pajak, karyawan swasta, wiraswasta, serta mahasiswa sebagai penulis diharapkan turut memperluas perspektif dari sisi wajib pajak sekarang dan masa depan.

Para editor buku serta juri, yang berlatar belakang profesi sebagai praktisi perpajakan, jurnalis, serta akademisi, juga turut menyumbang gagasan lewat artikel. Harapannya, kehadiran buku ini juga akan memantik diskusi publik yang lebih luas atas berbagai perumusan kebijakan perpajakan, setidaknya pada periode lima tahun ke depan.

Sebagai informasi, buku ini disunting langsung oleh Founder DDTC Darussalam dan Danny Septriadi, Director of DDTC Fiscal Research & Advisory B. Bawono Kristiaji, serta Pemimpin Redaksi DDTCNews Kurniawan Agung Wicaksono.

Gagasan-gagasan para penulis makin layak dipertimbangkan karena menyentuh agenda perpajakan yang telah diusung Prabowo-Gibran dalam 8 Program Hasil Terbaik Cepat, 17 Program Prioritas, ataupun Asta Cita. Misalnya, pendirian Badan Penerimaan Negara, peningkatan pendapatan negara menjadi 23% terhadap PDB, dan reformasi administrasi perpajakan.Ā 

Terlebih, dalam perkembangan terbaru, Anggota Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Hashim Djojohadikusumo, mengatakan nantinya akan ada Kementerian Penerimaan Negara. Simak ā€˜Prabowo Akan Bentuk Kementerian Penerimaan, Menterinya Sudah Adaā€™.

Buku setebal 328 halaman (+xvi) ini terdiri atas 10 bagian, yakni hak-hak wajib pajak; penerimaan dan kepatuhan pajak; kapasitas otoritas pajak; teknologi, administrasi, dan transparansi; pajak, daya beli, dan insentif; pajak, sektor informal, dan UMKM; pajak, pendidikan, dan sosial; pajak, lingkungan, dan kesehatan; pajak, pertanahan, dan pemerintah daerah; serta sumber pajak baru.

Dengan demikian, hadirnya buku ini diharapkan dapat memberi kontribusi positif terhadap upaya pembangunan dan pengembangan dunia perpajakan. Untuk mendukung hal tersebut, buku ini juga menyediakan tautan atau QR code yang terhubung dengan platform milik DDTC, seperti DDTCNews dan Perpajakan DDTC.

Sebagai wujud apresiasi kepada 50 penulis artikel, DDTC akan membagikan sebanyak 2 buku untuk masing-masing penulis. Selain itu, seperti diketahui, dewan juri telah menentukan 17 pemenang yang berhak memperebutkan total hadiah senilai Rp52 juta. Simak Daftar Pemenang Lomba Menulis Artikel Pajak 2024 Berhadiah Rp52 Juta.

Sebagai informasi kembali, keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. Juri menilai berdasarkan 3 aspek, yakni bahasa dan teknik penulisan; kekuatan, kebaruan, dan argumentasi gagasan; dan hit atas artikel yang ditayangkan. Hak tayang artikel pada situs web DDTCNews dan buku menjadi milik DDTC. Peserta tidak memiliki kewenangan untuk menarik kembali artikel yang telah tayang.

Adapun juri lomba adalah B. Bawono Kristiaji; Wakil Kepala Program Studi Akuntansi School of Business and Management Universitas Kristen Petra Retnaningtyas Widuri; serta Dewan Penasihat Tax Centre Universitas Trunojoyo (UTM) Madura Gita Arasy Harwida. Ketiga juri juga terlibat aktif dalam kepengurusan Perkumpulan Tax Center dan Akademisi Pajak Seluruh Indonesia (PERTAPSI).

Sebagai informasi, penerbitan 27 buku adalah wujud nyata dari komitmen DDTC untuk berbagi pengetahuan. Hal tersebut juga bagian dari pelaksanaan misi DDTC, yakni mengeliminasi informasi asimetris serta berkontribusi dalam proses perumusan kebijakan pajak untuk memastikan transformasi sistem pajak yang seimbang. Segera download buku versi PDF di sini. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.