PAJAK INTERNASIONAL

Pedoman Memahami Transfer Pricing

Redaksi DDTCNews | Kamis, 16 Juni 2016 | 14:24 WIB
Pedoman Memahami Transfer Pricing

BERAWAL dari minimnya diskusi dan kajian ilmiah mengenai wacana transfer pricing di Indonesia, DANNY DARUSSALAM Tax Center menerbitkan buku bertema transfer pricing dengan judul ‘Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional’.

Buku yang ditulis dan disunting oleh Darussalam, Danny Septriadi, dan B. Bawono Kristiaji ini bertujuan memberikan gambaran lengkap dan mendalam tentang isu transfer pricing untuk tujuan perpajakan dengan tetap berpijak pada kaidah akademis.

Pembahasan dalam buku ini berangkat dari semangat untuk tidak terjebak dalam pembahasan konseptual yang kurang mempertimbangkan aplikasi yang realistis, serta pembahasan aplikasi yang kurang memperhatikan perkembangan konseptual.

Baca Juga:
Digitalisasi Sistem Pajak, Filipina Minta Dukungan World Bank dan ADB

Secara gagasan dasar, buku ini memadukan ide, strategi, dan panduan praktis dalam perspektif pajak internasional yang diperlukan dalam kajian transfer pricing. Ketiga aspek itu terangkum proporsional dalam tiap bab pembahasan. Setiap pembahasan disusun dari berbagai literatur, pengalaman dan hasil interaksi penulis dengan praktisi dan akademisi yang diakui kepakarannya.

Dalam buku terbitan DDTC tahun 2014 ini terdapat lebih dari tiga ratus literatur, yang terdiri dari dokumen resmi atau peraturan pajak, putusan pengadilan di negara lain, buku perpajakan maupun buku bidang keilmuan lainnya, dan jurnal perpajakan internasional yang telah terakreditasi dan dikenal secara luas.

Buku ini juga dijiwai perspektif transfer pricing secara global, sehingga ditulis dengan metode komparasi antarnegara. Hal ini dikarenakan transfer pricing merupakan isu dalam transaksi internasional, sehingga analisis transfer pricing tidak dapat dilakukan hanya dengan pendekatan ketentuan pajak domestik.

Baca Juga:
Mulai 2025! Biaya Olahraga di Negara Ini Bisa Jadi Pengurang Pajak

Buku setebal 724 ini terdiri dari 30 bab dan dibagi ke dalam 8 bagian. Empat bab dalam bagian pertama membahas konsep dasar transfer pricing. Empat bab pada bagian kedua membahas secara terstruktur mengenai kajian mengenai analisis fungsi dan kesebandingan.

Agar pembahasan setiap pokok permasalahan tidak keluar dari arus utama diskusi transfer pricing secara global, buku ini menggunakan OECD Transfer Pricing Guidelines for Multinational Enterprises and Tax Administration versi 2010 dan juga kajian akademis, data penelitian, pandangan praktisi, produk hukum dan kasus-kasus pengadilan pajak di berbagai negara sebagai acuan dalam penulisan.

Bagian ketiga mengenai metode analisis transfer pricing dibahas secara mendalam dalam tiga bab. Empat bab mengenai isu dalam pengukuran arm’s length merupakan pokok bahasan dalam bagian keempat. Bagian kelima yang terdiri dari empat bab membahas isu transfer pricing atas transaksi khusus.

Baca Juga:
Belanja Militer Ditambah, Israel Bakal Naikkan Tarif Pajak

Sedangkan tiga bab pada bagian keenam mengkaji isu strategi perusahaan dalam transfer pricing. Empat bab mengenai aspek prosedural dan hukum menjadi pokok bahasan pada bagian ketujuh. Pada bagian kedelapan, kajian mengenai refleksi dan perkembangan kontemporer diuraikan secara mendalam dalam empat bab. Singkatnya, seluruh isu transfer pricing untuk tujuan perpajakan dibahas dalam buku ini.

Secara keseluruhan, buku ini sangat bermanfaat bagi para pebisnis, pegawai otoritas pajak, pengadilan pajak, pengambil kebijakan, praktisi, maupun akademisi. Buku yang menjadi koleksi DDTC Library ini juga dapat dijadikan jembatan atas pemahaman isu transfer pricing di masa mendatang karena sifatnya yang cenderung dinamis. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak