KEBIJAKAN PAJAK

Pajak Sudah Dipotong Kok Masih Wajib Lapor SPT? Begini Penjelasan DJP

Muhamad Wildan | Jumat, 26 Maret 2021 | 10:35 WIB
Pajak Sudah Dipotong Kok Masih Wajib Lapor SPT? Begini Penjelasan DJP

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Neilmaldrin Noor dalam acara Coffee Break di TV One, Jumat (26/3/2021).

JAKARTA, DDTCNews – Ditjen Pajak (DJP) menerangkan alasan wajib pajak orang pribadi tetap perlu melaporkan SPT Tahunan meski pajak penghasilan atas gaji yang diterima telah dipotong oleh pemberi kerja.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Humas DJP Neilmaldrin Noor mengatakan sistem pajak yang berlaku di Indonesia adalah sistem self-assessment sehingga wajib pajak perlu melaporkan total pajak yang dibayar.

"Melalui self-assessment kami memberikan kepercayaan kepada wajib pajak untuk menghitung, menyetor, dan melaporkan pajaknya sendiri. Jadi walau sudah dipotong oleh pemberi kerja, wajib pajak punya kewajiban menyampaikan SPT meski tidak ada pajak yang perlu dibayar lagi," katanya, Jumat (26/3/2021).

Baca Juga:
Politisasi Bansos saat Pemilu Tak Terbukti, Jokowi Ingatkan Persatuan

Selain melaporkan pajak yang telah dipotong atas gaji, lanjut Neilmaldrin, wajib pajak juga perlu melaporkan penghasilan yang berasal dari sumber lain, baik yang pajaknya sudah dipotong maupun yang belum dipotong.

Penghasilan-penghasilan dari sumber lain tersebut perlu dihitung dan digabungkan dalam pelaporan SPT Tahunan untuk disampaikan kepada DJP.

Bila wajib pajak tidak bisa menyampaikan SPT Tahunan sesuai dengan batas waktu yang ditentukan, yakni 31 Maret untuk wajib pajak orang pribadi dan 30 April untuk wajib pajak badan, wajib pajak memiliki hak untuk mengajukan permohonan perpanjangan.

Baca Juga:
Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Sebagaimana diatur pada Pasal 3 ayat (4) UU KUP, wajib pajak bisa memperpanjang jangka waktu penyampaian SPT Tahunan hingga 2 bulan. Fasilitas ini diberikan setelah wajib pajak mengajukan pemberitahuan kepada DJP.

Bagi wajib pajak badan atau orang pribadi yang melakukan kegiatan usaha atau pekerjaan bebas, pemberitahuan perpanjangan SPT Tahunan dapat disampaikan menggunakan formulir 1770-Y/1771-Y/1771-$Y atau dalam bentuk data elektronik. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

28 Maret 2021 | 06:20 WIB

trus gimana kalo melaporkan spt lewat online tapi malah berstatus "lebih bayar" dan harus menggunakan draft bikti pemotongan pajak.

28 Maret 2021 | 02:41 WIB

saya masih baru, tidak paham. sebagai tenaga dukung alias hanya pegawai lepas. gaji +-umr, sdh dipotong oleh kantor. yg saya bingung gimana lapornya... apa yg harus diapakan. katanya umr tdk perlu apa gimana. dsb dsb. pusing

27 Maret 2021 | 19:47 WIB

Saya berfikir kewajiban warga negara itu ya bayar pajak itu. masalah administrasi termasuk spt dan pelayanan pajak itu kewajiban pemerintah (dit.pajak) wajib pajak harus lapor bila tidak lapor diberi sangsi. Sudah saatnya dit.pajak menempatkan wajib pajak ditempat yg terhormat.

27 Maret 2021 | 07:24 WIB

Selamat Pagi pak Sri Budi Wirawan, terkait pertanyaan bapak, ijinkan sy menyampaikan pendapat sbb: Terkait pertanyaan apakah masih harus lapor SPT Tahunan selaku pensiunan, jawabanya adalah inilah yg sedang dibahas dalam artikel ini bapak.. Terkait pertanyaan kedua, yang dibubuhi meterai adalah bukan pada permohonan non efektifnya tetapi pada surat pernyataan. Surat peryataan adalah objek bea meterai. Kenapa permohonan harus dilampiri surat pernyataan, kembali karena sistem perpajakan menggunakan sistem self assestment jadi permohonan memerlukan pernyataan kebenaran keadaan yg menjadi alasan permohonan

26 Maret 2021 | 21:29 WIB

Diperlukan lebih banyak lagi edukasi terkait hal ini, karena masih banyak masyarakat yang belum memiliki pemahaman akan hal ini sehingga seringkali menimbulkan perdebatan. Sebagaian masyarakat mungkin juga cenderung merasa bahwa melapor SPT adalah sesuatu hal yang tidak begitu mudah untuk dilakukan, sehingga peran seperti para relawan pajak sangat penting untuk ikut membantu WP dalam melaksanakan kewajibannya dan mendorong kepatuhan.

26 Maret 2021 | 19:39 WIB

selamat malam .. kalau pensiunan bgmn apakah jg hrs lapor SPT tahunan .. klo NPWP di non efektifkan mengapa hrs pakai meterai .. dulu saat di minta buat NPWP tidak pakai meterai .. mohon penjelasan .. terima kasih

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:30 WIB THAILAND

Thailand Siapkan RUU untuk Adopsi Pajak Minimum Global

BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak

Selasa, 23 April 2024 | 14:30 WIB THAILAND

Thailand Siapkan RUU untuk Adopsi Pajak Minimum Global

Selasa, 23 April 2024 | 14:25 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pendaftaran NPWP OP Bisa Ditolak Jika Data NIK Berstatus Wanita Kawin

Selasa, 23 April 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ubah Status PTKP, Karyawan Perlu Serahkan Surat Pernyataan Tanggungan

Selasa, 23 April 2024 | 13:00 WIB INFOGRAFIS BEA CUKAI

Kriteria Penghapusbukuan Piutang di Bidang Kepabeanan dan Cukai

Selasa, 23 April 2024 | 12:30 WIB PROVINSI SULAWESI TENGAH

PKB Progresif Tak Lagi Berlaku, Simak Tarif Pajak Terbaru di Sulteng