KOSTA RIKA

Negara Ini Resmi Jadi Anggota OECD ke-38

Nora Galuh Candra Asmarani | Sabtu, 29 Mei 2021 | 12:01 WIB
Negara Ini Resmi Jadi Anggota OECD ke-38

Salah satu sudut jalan di San Jose, ibu kota sekaligus kota terbesar di Kosta Rika. Kosta Rika resmi menjadi anggota ke-38 Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada Selasa (25/5/2021). (Foto: peregrineadventures.com)

SAN JOSE, DDTCNews – Kosta Rika resmi menjadi anggota ke-38 Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) pada Selasa (25/5/2021). Negara Amerika Tengah itu dilantik menjadi anggota setelah menyelesaikan proses ratifikasi Konvensi OECD.

Presiden Kosta Rika Carlos Alvarado Quesada mengatakan keanggotaan OECD membuka pintu untuk partisipasi dengan 300 lebih komite dan kelompok kerja. Menurutnya, hal tersebut akan menempatkan Kosta Rika sejajar dengan negara anggota lainnya.

"Sekali lagi, kami menunjukkan kepada dunia bahwa Kosta Rika bercita-cita untuk menjadi yang terbaik dan untuk menaklukkan tantangan tidak peduli sesulit apapun demi mencari kemakmuran yang lebih besar bagi penduduknya," kata Alvarado Quesada, seperti dikutip Jumat (28/5/2021).

Baca Juga:
Mengenal OECD dan Negara-Negara Anggotanya

Alvarado Quesada menambahkan kesempatan ini sekaligus memungkinkan Kosta Rika untuk memberikan pengaruh dalam diskusi internasional. Misalnya, diskusi untuk membentuk standar pajak global terkait dengan isu ekonomi digital dan perubahan iklim.

Adapun proses dan upaya Kosta Rika untuk bergabung menjadi anggota OECD sudah dimulai sejak April 2015. Kini dengan selesainya proses ratifikasi, Kosta Rika menjadi negara Amerika Latin keempat yang tergabung sebagai anggota OECD setelah Meksiko, Chili, dan Kolombia.

Sekretaris Jenderal OECD Angel Gurria mengaku senang dan menyambut Kosta Rika sebagai bagian dari OECD. Ia terkesan dengan komitmen Kosta Rika untuk bergabung dengan OECD meski banyak tantangan yang muncul akibat pandemik.

Baca Juga:
Wah! OECD Gratiskan Seluruh Publikasinya Mulai Tahun Depan

“Kami senang menyambut Kosta Rika menjadi bagian dari keluarga OECD. Ini mencerminkan pentingnya kerja sama untuk merancang dan menerapkan kebijakan yang lebih baik, dan Kosta Rika pasti akan menjadi mercusuar baru bagi OECD di kawasan ini," ungkap Gurria

Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken memberikan selamat pada Kosta Rika. Menurutnya, pengangkatan Kosta Rika berada pada momentum yang tepat karena bersamaan dengan ulang tahun OECD ke-60 dan transisi ke kepemimpinan di bawah sekretaris jenderal yang baru.

"Sebagai ketua rapat dewan menteri peringatan ulang tahun ke-60 tahun, saya menantikan peningkatan kemitraan kita, sebagai anggota OECD yang berfokus untuk mendukung pemulihan ekonomi, pungkasnya seperti dilansir upi.com. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 22 Februari 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Mengenal OECD dan Negara-Negara Anggotanya

Minggu, 19 November 2023 | 16:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Indonesia Jadi Negara Anggota OECD, Bakal Untungkan Kedua Pihak

Rabu, 11 Oktober 2023 | 15:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Keanggotaan Indonesia di OECD Bakal Tingkatkan Investasi Asing

BERITA PILIHAN