RAPBN 2022

Kejar Penerimaan, Kemenangan di Pengadilan Pajak Perlu Ditingkatkan

Redaksi DDTCNews | Jumat, 27 Agustus 2021 | 17:50 WIB
Kejar Penerimaan, Kemenangan di Pengadilan Pajak Perlu Ditingkatkan

Ilustrasi Pengadilan Pajak.

JAKARTA, DDTCNews - Pemerintah ingin frekuensi kemenangan di Pengadilan Pajak terus meningkat. Hal ini menjadi bagian dari upaya pemerintah dalam mengoptimalkan penerimaan negara.

Ada 3 kegiatan yang akan menjadi fokus pemerintah dalam optimalisasi penerimaan negara pada tahun depan. Pertama, pemerintah akan memperluas basis penerimaan melalui intensifikasi dan ekstensifikasi di lingkup kepabeanan dan cukai.

Kedua, melakukan perbaikan proses bisnis pada pemeriksaan, audit, pengelolaan penerimaan, dan keberatan. Pemerintah berharap penyempurnaan tersebut bisa meningkatkan kemenangan pemerintah saat bersengketa di Pengadilan Pajak.

Baca Juga:
Kejar Penerimaan Pajak, Pemkot Bakal Sambangi Kelurahan Satu Per Satu

"Serta peningkatan kemenangan banding di Pengadilan Pajak," tulis keterangan dokumen Nota Keuangan RAPBN 2022, dikutip pada Jumat (27/8/2021).

Ketiga, penerimaan negara yang optimal dilakukan melalui penguatan kerja sama. Aspek ini berlaku antarkementerian/lembaga dan aparat penegak hukum dalam rangka mengamankan penerimaan negara.

Ketiga langkah kebijakan tersebut akan disinergikan dengan upaya reformasi struktural yang sudah dilakukan otoritas. Pada tahun ini misalnya, otoritas menerbitkan beberapa kebijakan sebagai langkah reformasi struktural.

Baca Juga:
Penerimaan Pajak Belum Optimal, Pemkab Bikin Satgas Libatkan Pemuda

Beberapa aturan yang sudah terbit seperti Peraturan Pemerintah (PP) No.9/2021 tentang perlakukan perpajakan untuk mendukung kemudahan berusaha dan PMK No.18/2021 tentang pelaksanaan UU Cipta Kerja.

Tak berhenti di situ, perbaikan regulasi dilanjutkan dengan revisi RUU Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP) yang masuk sebagai Prolegnas 2021. Upaya tersebut sebagai cara menuju sistem perpajakan yang adil, sehat, efektif, dan akuntabel.

"Dukungan kemudahan berusaha yakni untuk meningkatkan pendanaan investasi, mendorong kepatuhan wajib pajak, meningkatkan kepastian hukum, dan menciptakan keadilan iklim berusaha," sebut dokumen Nota Keuangan RAPBN 2022. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 27 April 2024 | 07:30 WIB PERTUMBUHAN EKONOMI

Sri Mulyani Proyeksikan Ekonomi RI Tumbuh 5,17% di Kuartal I/2024

Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan