TIPS PAJAK

Cara Mudah Cari Peraturan Perpajakan

Ringkang Gumiwang | Senin, 22 Februari 2021 | 15:31 WIB
Cara Mudah Cari Peraturan Perpajakan

PERATURAN perpajakan di Indonesia sangat dinamis mengikuti kebutuhan dan perkembangan zaman. Tak heran, wajib pajak dituntut untuk selalu update dengan peraturan perpajakan terbaru sehingga hak dan kewajiban dapat terpenuhi dengan baik.

Nah, DDTCNews kali ini akan menjelaskan cara mudah bagi wajib pajak untuk update dan mencari tahu peraturan perpajakan terbaru. Salah satu cara mencari peraturan pajak di antaranya melalui laman resmi Ditjen Pajak (DJP).

Saat ini, DJP sudah memiliki fitur terbaru terkait dengan pencarian peraturan perpajakan. Anda bisa menemukan fitur tersebut melalui www.pajak.go.id. Silakan akses laman resmi DJP tersebut, lalu pilih menu Peraturan dan klik Peraturan pada kiri atas layar Anda.

Baca Juga:
Cara Lapor SPT Lewat e-Form PDF bagi WP Badan yang Belum Beroperasi

Dalam menu Peraturan tersebut, Anda akan melihat aturan-aturan terbaru terkait dengan pajak seperti keputusan menteri keuangan, keputusan dirjen pajak, peraturan menteri keuangan, peraturan dirjen pajak, dan lain sebagainya.

Selama ini, ketika masyarakat ingin mendapatkan peraturan perpajakan, laman resmi DJP hanya menyediakan peraturan dalam format pdf. Selain itu, pencariannya dilakukan pada menu pencarian secara umum di laman resmi DJP.

Namun kini, Anda dapat mencari peraturan yang diinginkan melalui fitur pencarian peraturan pada menu Peraturan tersebut. Silakan isi judul, kata kunci, kategori peraturan, jenis dokumen, tahun peraturan, dan lain sebagainya yang tengah dicari.

Baca Juga:
Cara Membubuhkan e-Meterai pada Dokumen Elektronik

Informasi tambahan, fitur baru DJP tersebut merupakan implementasi salah satu program Rencana Strategis (Renstra) 2020-2024 DJP yaitu integrasi tax knowledge base (TKB) ke dalam situs web otoritas pajak.

TKB, selama ini menjadi laman khusus dalam intranet DJP. Dengan demikian, laman khusus tersebut hanya bisa diakses oleh pegawai DJP. Untuk itu, dengan integrasi tersebut, masyarakat umum kini dapat ikut memanfaatkan fasilitas tersebut.

Selain laman resmi DJP, Anda bisa mencari peraturan perpajakan melalui perpajakan.id selaku aplikasi pencari dokumen dan pusat pengetahuan perpajakan berbasis web di Indonesia. Aplikasi ini juga memuat informasi penting lainnya terkait dengan perpajakan.

Baca Juga:
Cara Menyelenggarakan Pencatatan untuk Tujuan Perpajakan

Misalnya, dokumen perjanjian penghindaran pajak berganda (P3B), putusan pengadilan pajak, putusan Mahkamah Agung, glosarium, rekap aturan, download formulir, buku pajak, ilustrasi kasus, newsletter, dan lain sebagainya.

Untuk mencari peraturan perpajakan, silakan klik menu Peraturan Perpajakan. Dalam menu tersebut, Anda akan melihat sejumlah peraturan terbaru. Anda juga bisa melakukan pencarian peraturan seperti halnya fitur pencarian peraturan DJP. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 23 Mei 2024 | 14:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Sampaikan Pengaduan Pajak dan Bea Cukai ke Komwasjak

Kamis, 16 Mei 2024 | 15:00 WIB TIPS PAJAK DAERAH

Cara Bayar PBB Rumah di Tokopedia

BERITA PILIHAN
Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:30 WIB PERATURAN PAJAK

Tarif PPh Pasal 22 Impor Ditentukan Berdasarkan Kepemilikan API

Sabtu, 25 Mei 2024 | 12:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pemotongan PPh 21 Lebih Bayar, Pemberi Kerja Wajib Kembalikan

Sabtu, 25 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Alur Pemotongan PPh Atas Hadiah Undian

Sabtu, 25 Mei 2024 | 10:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ada Kesalahan Bikin Bupot PPh Final Atas Hadiah Undian? Ini Solusinya

Sabtu, 25 Mei 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Pemerintah Harap Banyak Produsen Mobil Listrik Bangun Pabriknya di RI

Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

DJBC: Permendag 8/2024 Pertegas Batasan Impor Barang Berupa Gawai

Sabtu, 25 Mei 2024 | 08:09 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

Pemotongan PPh 21 Tak Dibuatkan Form 1721-A3, Tetap Diakui Hingga Mei