TIPS PAJAK

Cara Hapus Range Nomor Seri Faktur Pajak di e-Faktur Dekstop

Redaksi DDTCNews | Selasa, 13 Februari 2024 | 15:00 WIB
Cara Hapus Range Nomor Seri Faktur Pajak di e-Faktur Dekstop

MENGAWALI tahun pajak 2024, wajib pajak yang memiliki sisa nomor seri faktur pajak (NSFP) diimbau untuk melakukan penghapusan sisa NSFP terlebih dahulu di e-faktur dekstop. Tujuannya, agar NSFP tahun pajak 2024 dapat otomatis terbaca saat membuat faktur pajak.

NSFP adalah nomor seri yang diberikan oleh DJP kepada pengusaha kena pajak (PKP) dengan mekanisme tertentu untuk penomoran faktur pajak yang berupa kumpulan angka, huruf, atau kombinasi angka dan huruf yang ditentukan oleh DJP.

NSFP yang diberikan oleh DJP ini juga menjadi salah satu syarat bagi PKP untuk membuat e-faktur. Selain NSFP, PKP juga harus memiliki sertifikat elektronik dan akun PKP yang telah diaktivasi untuk dapat membuat e-faktur.

Baca Juga:
Cara Ajukan SKB PPh Pasal 22 untuk Hunian Mewah di KEK Pariwisata

Nah, DDTCNews kali ini akan menjelaskan cara menghapus range NSFP atau sisa NSFP di e-faktur desktop. Mula-mula login aplikasi e-faktur. Pada halaman utama, pilih menu Referensi dan telan Referensi Nomor Faktur.

Setelah itu, pilih range nomor faktur yang akan dihapus. Untuk mengetahui nomor faktur yang perlu dihapus atau ada sisa. Mula-mula cek referensi nomor faktur yang sudah ada. Setelah itu, cek nomor faktur akhir dan nomor terakhir yang digunakan.

Jika nomornya berbeda maka pilih baris atau range nomor faktur tersebut dan tekan Hapus Range Nomor Faktur. Nanti, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa referensi nomor faktur tidak dapat dihapus, tetapi akan di-update. Tekan Yes.

Baca Juga:
Mengupas Tantangan Pajak Akibat Mobilitas Individu di Era Digital

Kemudian, pilih Yes maka kolom nomor faktur akhir dan nomor terakhir akan menjadi sama. Setelah itu, Anda bisa menghapus referensi nomor faktur yang belum digunakan. Pilih baris atau referensi nomor faktur tersebut dan tekan Hapus Range Nomor Faktur.

Selanjutnya, Anda akan mendapatkan notifikasi dari sistem untuk mengonfirmasi penghapusan nomor faktur. Setelah itu, tekan Yes. Selesai. Semoga bermanfaat. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN