KERJA SAMA KEPABEANAN

Ini Tujuan Perdagangan Bebas dengan Mitra ASEAN

Redaksi DDTCNews
Minggu, 4 Desember 2016 | 19.33 WIB
Ini Tujuan Perdagangan Bebas dengan Mitra ASEAN

TANGERANG, DDTCNews – Untuk mempercepat pembangunan dan pertumbuhan ekonomi di kawasan Asia Tenggara, ASEAN bekerja sama dengan enam mitra dialognya yaitu Tiongkok, Jepang, Korea Selatan, India, Australia dan Selandia Baru.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antarlembaga Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) Robert Marbun mengatakan keikutsertaan Indonesia dalam Subworking Group Customs Procedures and Trade Facilitation (SWG CPTF) bisa memperkuat posisi Indonesia dalam mata rantai pasokan regional.

 “Untuk itu DJBC harus berperan aktif dalam perundingan ini demi mengawal prosedur kepabeanan yang akan dijalankan nantinya dalam suatu perjanjian,” ujarnya di Tangerang.

Kerjasama tersebut bertujuan untuk membentuk kawasan perdagangan bebas yang dinamakan Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP) dan telah dimulai sejak tahun 2012.

ASEAN bersama negara mitranya akan mempercepat kerja sama di bidang ekonomi dan perdagangan, selain mengadakan pembangunan kawasan perdagangan bebas dengan Tiongkok. ASEAN juga secara terpisah bersama Jepang, Korea Selatan, India, Australia dan Selandia Baru menghidupkan proses pembangunan kawasan sejenis.

Seperti dilansir dari laman DBC, Indonesia -yang diwakili DJBC- menjadi tuan rumah pada tanggal 2-10 Desember 2016 dalam penyelenggaraan pertemuan ke-13 RCEP.

Pertemuan ini bertujuan untuk harmonisasi prosedur kepabeanan negara-negara anggora RCEP, dalam rangka memberikan fasilitas atau kemudahan perdagangan demi terwujudnya kawasan perdagangan bebas RCEP. 

Selain itu, pertemuan ini mengkonsolidasikan posisi sentralitas ASEAN dalam perdagangan bebas. (Gfa)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.