ADMINISTRASI PAJAK

Penyebab dan Solusi Gagal Upload e-Faktur dengan Kode ETAX API-10001

Redaksi DDTCNews
Jumat, 09 Agustus 2024 | 13.30 WIB
Penyebab dan Solusi Gagal Upload e-Faktur dengan Kode ETAX API-10001

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Sejumlah wajib pajak melaporkan kendala teknis saat mengunggah faktur pajak elektronik (e-faktur) dengan kode ETAX API-10001. 

Perlu dipahami, error tersebut muncul bukan berasal dari sistem DJP, melainkan adanya karakter yang tidak standar (UTF-8) yang dipakai oleh wajib pajak. Karakter tidak standar itu biasanya merupakan simbol yang terbawa ketika wajib pajak melakukan copy paste

"Kode Error ETAX-API-10001 biasanya terjadi karena terdapat karakter yang tidak standar akibat penggunaan simbol atau copy paste. Contohnya, karakter @, #, *, dan lainnya," tulis Kring Pajak saat menjawab pertanyaan netizen, Jumat (9/8/2024). 

Solusi Error ETAX API-10001

Untuk mengatasi kendala tersebut, wajib pajak perlu mengisi isian faktur pajak di bagian alamat, barang atau jasa, serta bagian lain. 

Wajib pajak juga bisa mengetahui adanya karakter tidak standar pada faktur pajak tersebut dengan menggunakan aplikasi Notepad++. Pada aplikasi tersbeut, pilih menu Encoding, lalu Encode in UTF-8

Wajib pajak bisa ikuti langkah berikut ini. Pertama, ekspor CSV faktur pajak keluaran yang kena reject. Kedua, hapus faktur pajak keluaran yang reject dari daftar administrasi faktur pajak keluaran. Hindari pengisian fatur pajak dengan meng-copy paste dari MS Excel atau MS Word atau output dari sistem lain. 

Ketiga, install aplikasi Notepad++. Keempat, buka CSV faktur dengan Notepad++, yakni CSV yang telah terbentuk pada langkah pertama. 

Kelima, pilih menu Encoding, lalu Encode in UTF-8. Keenam, hapus karakter yang diblok hitam termasuk karakter tanda tanya (?). Ketujuh, simpan CSV dan impor kembali ke dalam e-faktur

Kedelapan, upload ulang faktur pajak tersebut. Terakhir, pastikan koneksi internet dan server e-faktur berjalan lancar. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.