BELANDA

Wow, Gaji Raja Naik 5% Tahun Depan dan Bebas Pajak

Redaksi DDTCNews
Jumat, 18 September 2020 | 11.21 WIB
Wow, Gaji Raja Naik 5% Tahun Depan dan Bebas Pajak

Raja Willem-Alexander. (foto: royal-house.nl)

AMSTERDAM, DDTCNews—Pemerintah Belanda menetapkan besaran kenaikan gaji untuk keluarga kerajaan pada tahun depan dengan fasilitas tanpa dikenakan pungutan pajak.

Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima akan mendapatkan kenaikan gaji sebesar 5% tahun depan. Dengan demikian, pendapatan gabungan keduanya yang bersumber dari APBN mencapai €7,2 juta atau setara dengan Rp125,9 miliar.

"Putri mahkota Amalia juga diberikan tunjangan mulai Desember 2020," tulis pengumuman anggaran pemerintah 2021 dikutip Jumat (18/9/2020).

Putri mahkota Amalia berhak diberikan tunjangan oleh negara karena menginjak usia 18 pada Desember 2020. Pada bulan itu, jumlah tunjangan yang diberikan sebesar €111.000. Lalu untuk 2021, jumlah tunjangan yang akan diterima mencapai €1,6 juta.

Besaran gaji dan tunjangan untuk anggota keluarga kerajaan dikecualikan dari pungutan pajak. Anggota kerajaan juga dibebaskan dari kewajiban pajak lainnya seperti pajak hadiah atau pajak warisan.

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte menegaskan tidak akan mengubah kebijakan pajak khusus untuk anggota keluarga kerajaan. Menurutnya, kebijakan itu seharusnya dihormati dan tidak ada urgensi untuk mengubahnya dalam waktu dekat.

"Ini adalah kesepakatan yang sudah disepakati untuk status bebas pajak bangsawan," sebut Mark.

Kesepakatan bebas pajak anggota kerajaan sudah dibuat sejak 1973. Kala itu, setiap gaji yang diperoleh disepakati untuk tidak dikenai pajak. Selain itu, anggota keluarga kerajaan juga dibebaskan dari pungutan pajak hadiah atau warisan.

Namun, anggota keluarga kerajaan melalui kesepakatan 1973 wajib untuk membayar pajak atas aset yang mereka miliki. Sebagai gantinya, pemerintah memberikan tunjangan yang berasal dari anggaran negara.

Salah satu contohnya adalah tunjangan di luar gaji kepada Raja Willem-Alexander sebesar €5,5 juta yang ditanggung oleh wajib pajak Belanda.

Seperti dilansir dutchnews.nl, penerimaan pajak yang dipakai untuk membiayai keluarga kerajaan menjadi yang tertinggi di Eropa. Setiap tahun, pengeluaran kerajaan sekitar €40 juta, belum termasuk biaya keamanan bagi anggota keluarga kerajaan. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.