KOTA MALANG

Kinerja Positif, Pemkot Naikkan Target Penerimaan Pajak Daerah 2024

Dian Kurniati
Senin, 26 Agustus 2024 | 09.00 WIB
Kinerja Positif, Pemkot Naikkan Target Penerimaan Pajak Daerah 2024

Ilustrasi.

MALANG, DDTCNews – Pemkot Malang, Jawa Timur menaikkan target penerimaan pajak daerah sebesar 4,84% dari Rp806 miliar menjadi Rp845 miliar dalam APBD-P 2024.

Kepala Bapenda Kota Malang Handi Priyanto mengatakan kenaikan target penerimaan dilakukan seiring dengan kinerja realisasi pajak daerah yang positif. Hingga 22 Agustus 2024, realisasi setoran pajak daerah mencapai Rp439,9 miliar atau 52% dari target.

"Beberapa target pajak pada triwulan III/2024 ini sudah terpenuhi dan surplus," katanya, dikutip pada Senin (26/8/2024).

Handi menuturkan realisasi penerimaan pajak daerah ini masih sejalan dengan target yang ditetapkan setiap kuartal. Khusus target hingga kuartal III/2024, pajak daerah yang terealisasi bahkan sudah mencapai 111,9%.

Beberapa jenis pajak daerah yang mampu melampaui target meliputi pajak barang dan jasa tertentu (PBJT) atas jasa makanan dan minuman, pajak reklame, PBJT tenaga listrik, pajak parkir, pajak bumi dan bangunan (PBB), serta bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Di sisi lain, realisasi jenis pajak yang belum optimal antara lain PBJT atas jasa hotel dan PBJT atas jasa hiburan.

Dia menyebut Bapenda akan terus mengoptimalkan penerimaan pajak daerah hingga akhir tahun. Sebab, sektor pajak daerah memberikan kontribusi sebesar 95% terhadap pendapatan asli daerah (PAD) Kota Malang.

Dengan penerimaan pajak daerah optimal, pemkot akan memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik seperti kesehatan dan pendidikan.

"Uang pajak yang dibayarkan oleh masyarakat ini akan kembali ke masyarakat," ujarnya seperti dilansir malangpagi.com. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.