APLIKASI BEA CUKAI

Bea Cukai Mempermudah Pengeluaran Barang Pengguna Fasilitas KITE

Dian Kurniati
Kamis, 02 September 2021 | 12.30 WIB
Bea Cukai Mempermudah Pengeluaran Barang Pengguna Fasilitas KITE

Warga yang menaiki perahu motor melaju di samping kapal peti kemas yang bersandar di Pelabuhan Jayapura, Papua, Selasa (10/8/2021). ANTARA FOTO/Gusti Tanati/wpa/aww.

JAKARTA, DDTCNews - Kantor Bea Cukai Tangerang meluncurkan aplikasi SIDETA. Aplikasi ini dibuat untuk mempermudah pelayanan pengguna jasa, terutama mengenai pengeluaran barang yang mendapatkan fasilitas kemudahan impor tujuan ekspor (KITE).

Kepala Kantor Bea Cukai Tangerang Guntur Cahyo Purnomo mengatakan SIDETA merupakan akronim dari Sistem Informasi BC 2.4 Tangerang. Peluncuran aplikasi ini, menurutnya, adalah upaya Bea Cukai mengoptimalkan pelayanan berbasis teknologi di tengah pandemi Covid-19.

"Lahirnya inovasi ini dilatarbelakangi perlunya peningkatan kualitas pelayanan guna mempermudah dan mempercepat serta mengurangi biaya pelayanan dokumen," katanya dalam keterangan tertulis, dikutip Kamis (2/8/2021).

Guntur mengatakan pemerintah memberikan fasilitas KITE agar barang impor atau barang rakitan yang akan diekspor kembali dapat memperoleh keringanan bea masuk. Perdirjen Bea Cukai No. PER-4/BC/2019 kemudian mengatur pengguna fasilitas KITE pembebasan dapat mengeluarkan sisa hasil produksi kepada pihak lain di dalam negeri yang bukan pengguna fasilitas kepabeanan. Prosedur tersebut bisa dilakukan dengan dokumen BC 2.4 yang disampaikan ke Kantor Bea Cukai.

Kini, pengguna fasilitas KITE di Tangerang Raya cukup menyampaikan dokumen tersebut secara elektronik melalui aplikasi SIDETA. Dengan aplikasi itu, kesulitan pengguna jasa dipermudah karena tidak perlu datang ke Kantor Bea Cukai Tangerang.

Guntur menyebut saat ini Bea Cukai Tangerang terus menyosialisasikan aplikasi SIDETA kepada pengguna jasa yang memperoleh fasilitas KITE. Dalam sosialisasi yang diadakan secara virtual, pengguna jasa juga memperoleh panduan dan simulasi penggunaan aplikasi tersebut.

Menurutnya, pengguna fasilitas KITE memberikan apresiasi inovasi aplikasi SIDETA karena memudahkan proses pengeluaran barang. Dia berharap semakin banyak pengguna jasa yang dapat memanfaatkan aplikasi tersebut.

"Aplikasi SIDETA menambah satu lagi pencapaian Bea Cukai Tangerang dalam menjalankan misi memfasilitasi perdagangan dan industri untuk Bea Cukai yang makin baik," ujarnya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.