KABUPATEN BONDOWOSO

Bayar Retribusi, Pedagang Pasar Kini Bisa Transaksi Lewat QRIS

Dian Kurniati | Jumat, 14 Februari 2020 | 19:28 WIB
Bayar Retribusi, Pedagang Pasar Kini Bisa Transaksi Lewat QRIS

Ilustrasi.

BONDOWOSO, DDTCNews—Pemkab Bondowoso meluncurkan proyek percontohan Quick Response Indonesia Standart (QRIS) sebagai metode transaksi retribusi elektronik pasar atau e-retribusi pasar.

Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar mengatakan QRIS akan memudahkan pembayaran e-retribusi di pasar. Untuk menggunakan QRIS, pedagang harus terlebih dahulu mengunduh aplikasi mobile banking Bank Jatim.

“Ini efektif bagi pedagang, karena lebih mudah dan sederhana untuk mengontrol kinerja dan keuangan dalam retribusi pasar. Tentunya juga akan mengurangi penyalahgunaan penarikan retribusi pasar,” katanya Jumat (14/2/2020).

Baca Juga:
Pemkab Sumedang Atur Ulang Aturan Pajak Daerah, Cek Tarif Terbarunya

Tahun lalu, Bondowoso mampu mengumpulkan retribusi pasar senilai Rp1,36 miliar, atau 115% dari target Rp1,16 miliar. Penerimaan retribusi pasar tahun ini ditargetkan melebihi realisasi tahun lalu.

Irwan menilai Bank Jatim akan ikut diuntungkan dengan penerapan QRIS, karena bisa sekalian mengajak pedagang pasar sebagai nasabah. Dia berharap Bank Jatim juga bisa membuka kantor kas di pasar.

Sementara itu, Kepala Diskoperindag Bondowoso Sigit Purnomo menjelaskan program pembayaran menggunakan QRIS akan diterapkan di 16 pasar di Bondowoso. Dari 16 pasar itu, Pemkab mengincar 5.100 orang pedagang.

Baca Juga:
Percepat Pertumbuhan Daerah, Kemenkeu Warning Pemda Optimalkan PAD

Selain itu, lanjut Sigit, Pemkab juga menggali potensi penambahan pedagang pasar yang bisa dipungut retribusi. Menurutnya, masih banyak pedagang pasar di Bondowoso yang belum terdaftar sebagai wajib retribusi.

Dilansir dari Kabarjatim.com, peluncuran metode transaksi e-retribusi pasar menggunakan QRIS ditandai dengan penyerahan ponsel dengan aplikasi penarikan retribusi dari Wakil Bupati Bondowoso Irwan Bachtiar kepada petugas.

Acara itu juga disaksikan oleh Kepala Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Direktur Bank Jatim, serta kepala pasar di seluruh Bondowoso. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Rabu, 08 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS PENERIMAAN NEGARA

Apa Itu Automatic Blocking System?

Rabu, 08 Mei 2024 | 18:00 WIB BEA CUKAI JEMBER

Dapat Laporan Warga, Bea Cukai Gerebek Toko yang Jual Miras Ilegal

Rabu, 08 Mei 2024 | 17:31 WIB KANWIL DJP KEPULAUAN RIAU

Ada Sita Serentak, DJP Amankan Aset Milik Wajib Pajak Rp2 Miliar