KAMUS KEPABEANAN

Apa Itu Ketentuan Tata Niaga Border dan Post-Border?

Nora Galuh Candra Asmarani | Jumat, 17 November 2023 | 18:30 WIB
Apa Itu Ketentuan Tata Niaga Border dan Post-Border?

PEMERINTAH berencana memperketat arus masuk barang impor seiring dengan merevisi Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) 20/2021 s.t.d.d Permendag 25/2022 yang mengatur tentang kebijakan dan pengaturan impor.

Melalui revisi tersebut, pemerintah di antaranya akan mengubah pemeriksaan atas 8 komoditas impor dari post-border menjadi border. Delapan komoditas tersebut meliputi tas, elektronik, obat tradisional dan suplemen kesehatan, kosmetik, barang tekstil sudah jadi lainnya, mainan anak, alas kaki, dan pakaian jadi.

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyatakan perubahan pemeriksaan atas 8 komoditas tersebut dari post-border menjadi border akan dimasukkan dalam perubahan ketentuan tata niaga impor pada Permendag 25/2022.

Baca Juga:
Update 2024, Apa Itu Barang Kiriman?

Hal ini berarti akan ada perubahan terkait dengan ketentuan tata niaga border dan post-border. Lantas, apa itu ketentuan tata niaga border dan post-border?

Kendati menjadi salah satu dasar hukum pengaturan tata niaga impor, Permendag 20/2021 s.t.d.d Permendag 25/2022 tidak memberikan pengertian border dan post-border secara eksplisit. Namun, merujuk beleid tersebut, post-border berarti pemeriksaan setelah melewati kawasan pabean.

Secara sederhana, border berarti di dalam kawasan pabean, sedangkan post-border berarti di luar kawasan pabean. Selain mengacu pada tempat pemeriksaan, perbedaan antara border dan post-border juga terkait dengan instansi yang melakukan pemeriksaan.

Baca Juga:
Sri Mulyani Atur Ulang Pemberian Premi di Bidang Bea dan Cukai

Hal ini sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan No. 102 Tahun 2023 tentang Tata Cara Penyampaian, Pencantuman, dan Penghapusan Ketentuan Tata Niaga Post-border pada Sistem Indonesia National Single Window (PMK 102/2023).

Merujuk Pasal 1 angka 5 PMK 102/2023, ketentuan tata niaga border adalah ketentuan atau pengaturan mengenai tata niaga perizinan impor atas suatu komoditas yang mekanisme pemeriksaan atas komoditas tersebut dilakukan saat berada di dalam kawasan pabean.

Hal ini berarti pemeriksaan atas pemenuhan ketentuan-ketentuan barang impor tersebut dilakukan oleh DJBC di dalam kawasan pabean.

Baca Juga:
Sederet Kriteria Barang Kiriman Hasil Perdagangan

Sementara itu, ketentuan tata niaga post-border adalah ketentuan atau pengaturan mengenai tata niaga perizinan impor atas suatu komoditas yang mekanisme pemeriksaan atas komoditas tersebut dilakukan setelah melalui kawasan pabean oleh kementerian/lembaga penerbit izin.

Kementerian/lembaga penerbit adalah kementerian/lembaga pemerintah non-kementerian atau instansi lainnya yang menerbitkan ketentuan tata niaga post-border. Ketentuan tersebut di antaranya terkait dengan larangan dan pembatasan (Lartas).

Pada hakikatnya, ketentuan tata niaga post-border membuat barang bisa lebih cepat dikeluarkan dari kawasan pabean. Misal, impor produk makanan biasanya harus dilampiri dengan surat keterangan impor (SKI) dari BPOM terlebih dahulu agar dapat dikeluarkan dari kawasan pabean.

Baca Juga:
Menkeu Ubah Aturan Pemberian Premi Kepabeanan-Cukai, Begini Detailnya

Apabila termasuk ke dalam komoditas post-border maka barang tersebut tetap dapat dikeluarkan meski belum melampirkan SKI. Pemenuhan ketentuan SKI tersebut dapat dilakukan setelah produk tersebut melewati daerah pabean (misal di gudang milik importir).

Tambahan informasi, kawasan pabean adalah kawasan dengan batas-batas tertentu di pelabuhan laut, bandar udara, atau tempat lain yang ditetapkan untuk lalu lintas barang yang sepenuhnya berada di bawah pengawasan DJBC.

Kawasan pabean berbeda dengan daerah pabean. Daerah pabean adalah wilayah RI yang meliputi wilayah darat, perairan dan ruang udara di atasnya, serta tempat-tempat tertentu di Zona Ekonomi Eksklusif dan landas kontinen yang di dalamnya berlaku UU Kepabeanan.

Baca Juga:
Apa Itu Wilayah Pengembangan Industri dalam Konteks Perpajakan?

Ringkasnya, kawasan pabean merupakan bagian dari wilayah Indonesia dengan batas tertentu yang menjadi tempat pemungutan bea masuk dan bea keluar serta kegiatan pelayanan dan pengawasan kepabeanan.

Sementara itu, daerah pabean mencakup hampir seluruh wilayah Indonesia termasuk juga kawasan pabean. Simak Perbedaan Daerah Pabean dan Kawasan Pabean (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Jumat, 03 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS KEPABEANAN

Update 2024, Apa Itu Barang Kiriman?

Jumat, 03 Mei 2024 | 10:15 WIB LAYANAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Bea Cukai Terima 6.637 Permohonan Keberatan Selama Kuartal 1/2024

Jumat, 03 Mei 2024 | 06:00 WIB BERITA PERPAJAKAN HARI INI

Sri Mulyani Atur Ulang Pemberian Premi di Bidang Bea dan Cukai

BERITA PILIHAN
Jumat, 03 Mei 2024 | 19:49 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Koperasi Masih Bisa Sampaikan Laporan Keuangan secara Manual Jika Ini

Jumat, 03 Mei 2024 | 19:00 WIB KEBIJAKAN ENERGI

Harga Minyak Mentah RI Naik, Imbas Ketegangan di Timur Tengah

Jumat, 03 Mei 2024 | 18:43 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Jokowi Siapkan Insentif untuk Mobil Hybrid, Seperti Apa?

Jumat, 03 Mei 2024 | 18:35 WIB PERMENKOP UKM 8/2023

Begini Aturan Penghimpunan dan Penyaluran Dana Koperasi Simpan Pinjam

Jumat, 03 Mei 2024 | 18:30 WIB KAMUS KEPABEANAN

Update 2024, Apa Itu Barang Kiriman?

Jumat, 03 Mei 2024 | 18:25 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Bikin NPWP Belasan Tahun Lalu dan Kini Non-Aktif, Bisa Digunakan Lagi?

Jumat, 03 Mei 2024 | 17:35 WIB KEBIJAKAN MONETER

Suku Bunga Acuan BI Naik Jadi 6,25%, Dampak ke APBN Diwaspadai

Jumat, 03 Mei 2024 | 17:30 WIB KANWIL DJP JAWA TIMUR II

Adakan Blokir Serentak, DJP Jatim Sasar 1.182 Rekening Wajib Pajak

Jumat, 03 Mei 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Penyediaan Tenaga Kerja Kena PPN, Pakai Nilai Lain atau Penggantian?