DIRK NOWITZKI

Tak Bayar Pajak, Pemain Basket NBA Ini Hemat Rp487 Miliar

Redaksi DDTCNews | Jumat, 17 Juli 2020 | 19:26 WIB
Tak Bayar Pajak, Pemain Basket NBA Ini Hemat Rp487 Miliar

Dirk Nowitzki. Foto: Ronald Martinez/Getty Images

DALLAS, DDTCNews—Salah satu pemain legenda dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah NBA, Dirk Nowitzki disebut telah menghemat US$33 juta atau setara dengan Rp487 miliar lantaran tidak membayar pajak penghasilan negara bagian (state income tax).

Nowitzki lolos dari kewajiban membayar pajak penghasilan setelah bergabung dengan klub Dallas Mavericks yang berlokasi di Texas, AS. Adapun Texas merupakan salah satu negara bagian yang tidak memungut pajak penghasilan.

"Intinya, Dirk menghemat US$33 juta sepanjang kariernya karena bermain di negara bagian yang tidak mengenakan pajak penghasilan dan hal itu hampir penghasilannya selama 3 musim penuh," demikian laporan Celebrity Net Worth, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga:
Otoritas Ini Mulai Pertimbangkan Kembali Program Diskon Cukai Solar

Sebelum bergabung dengan Dallas, Nowitzki terdaftar sebagai pemain Milwaukee Bucks. Bila dia melanjutkan karier di Milwaukee Bucks maka pungutan PPh OP pada negara bagian Wisconsin akan menantinya secara rutin setiap tahun.

Nowitzki diperkirakan mendapat tagihan pajak penghasilan sekitar US$913.200/tahun. Bila dikalikan dengan jumlah tahun aktif berkarier sebagai pemain basket maka tagihan PPh yang dibayar kepada negara bagian Wisconsin mencapai US$19,2 juta.

Pungutan PPh akan lebih besar jika Nowitzki memutuskan untuk bergabung dengan dengan LA Lakers yang bermukim di negara bagian California. Pasalnya, untuk individu dengan penghasilan klasifikasi tertinggi akan dikenakan tarif 13,3%.

Baca Juga:
DJP Sebut Tiap Perusahaan Bebas Susun Skema Pemberian THR dan Bonus

Jika dihitung maka beban pajak yang harus dibayar Nowitzki bisa sekitar US$1,6 juta atau sama seperti dihadapi pemain bintang yang pernah memperkuat Lakers seperti Kobe Bryant, Shaquille O'Neal, Chris Paul atau LeBron James yang masih aktif.

Keputusan berlabuh di klub Dallas Mavericks tersebut juga sebenarnya membuat Nowitzki bisa naik peringkat dari peringkat ke-6 menjadi peringkat ke-5 dalam hal pemain basket dengan gaji tertinggi sepanjang sejarah NBA.

Saat ini, Nowitzki masuk dalam peringkat ke-6 untuk daftar pemain NBA dengan bayaran tertinggi sebesar US$251,6 juta atau setara Rp3,6 triliun selama kariernya sebagai pemain basket. Setiap tahun, ia mengantongi penghasilan US$12 juta.

"Dengan bermain untuk Dallas Mavericks, Dia (Nowitzki) sebenarnya bisa masuk ke dalam lima besar setelah memperhitungkan faktor pajak tersebut," sebut laporan dari Celebrity Net Worth. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Kamis, 25 April 2024 | 19:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Pegawai Diimbau Cek Kebenaran Pemotongan PPh 21 oleh Pemberi Kerja

Kamis, 25 April 2024 | 18:54 WIB PERMENKOP UKM 2/2024

Level SAK yang Dipakai Koperasi Simpan Pinjam Tidak Boleh Turun

Kamis, 25 April 2024 | 18:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Ajukan e-SKTD untuk Perusahaan Pelayaran Niaga Nasional

Kamis, 25 April 2024 | 18:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tagihan Listrik dan Air dalam Sewa Ruangan Kena PPN, Begini Aturannya

Kamis, 25 April 2024 | 17:45 WIB DITJEN PERIMBANGAN KEUANGAN

Imbauan DJPK Soal Transfer ke Daerah pada Gubernur, Sekda, hingga OPD

Kamis, 25 April 2024 | 17:30 WIB KEBIJAKAN ENERGI

Pemerintah Siapkan Tarif Royalti 0% untuk Proyek Hilirisasi Batu Bara

Kamis, 25 April 2024 | 16:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Tak Lagi Temukan Menu Sertel di e-Nofa, Perpanjangan Harus di KPP

Kamis, 25 April 2024 | 15:45 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ingat, Pakai e-Bupot 21/26 Tidak Butuh Installer Lagi Seperti e-SPT