PERDIRJEN 02/2021

Subunit Instansi Pemerintah Kini Bisa Lakukan Pot/Put

Redaksi DDTCNews | Senin, 15 Maret 2021 | 18:23 WIB
Subunit Instansi Pemerintah Kini Bisa Lakukan Pot/Put

Suasana di salah satu kantor pelayanan pajak.  Ditjen Pajak (DJP) merilis aturan mengenai tata cara pemberian dan penggunaan nomor identitas subunit instansi pemerintah dalam melaksanakan kewajiban perpajakan atas nama instansi. (Foto: Antara)

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP) merilis aturan mengenai tata cara pemberian dan penggunaan nomor identitas subunit instansi pemerintah dalam melaksanakan kewajiban perpajakan atas nama instansi.

Ketentuan tersebut diatur dalam Perdirjen No. PER-02/PJ/2021 merupakan penjabaran dari PMK No.231/2019. Beleid itu mengatur bahwa instansi pemerintah dapat melimpahkan sebagian kewenangan pengelolaan keuangan negara atau daerah kepada unit pelaksana di bawahnya.

Dengan demikian, unit pelaksana dapat melakukan tindakan yang mengakibatkan pengeluaran atas beban anggaran belanja atau pendapatan pemerintah. Salah satunya adalah kewenangan untuk memungut dan menyetorkan pajak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Baca Juga:
DJP Terbitkan Perdirjen Soal Pengajuan Keberatan Pascapandemi

"Untuk memberikan kemudahan, kesederhanaan, dan kepastian hukum pajak bagi Instansi pemerintah yang memiliki banyak unit pelaksana di bawahnya.., termasuk pemungutan dan/atau penyetoran pajak..," tulis bagian pertimbangan huruf c PER-02/PJ/2021.

Pasal 3 ayat (1) PER-02/PJ/2021 menyatakan instansi pemerintah yang sudah mendaftarkan diri untuk mendapatkan NPWP atau diberikan NPWP secara jabatan dapat memberi kewenangan ke unit pelaksana teknis di bawahnya dalam melaksanakan kewajiban perpajakan atas nama instansi.

Setidaknya ada 6 hak dan kewajiban bagi subunit organisasi dalam melaksanakan kewajiban perpajakan atas nama instansi. Pertama, pemotongan dan/atau pemungutan pajak. Kedua, penerbitan, pembetulan atau pembatalan bukti pemotongan atau pemungutan pajak secara elektronik.

Baca Juga:
Tahun Politik, KPP Mulai Sosialisasi Pemotongan Pajak Dana Pemilu 2024

Ketiga, perekaman data faktur pajak yang diterima dari rekanan dan SSP atau pemungutan PPN dan PPnBM. Keempat, pembuatan kode billing dan transaksi pembayaran atau penyetoran pajak melalui bank atau pos persepsi.

Kelima, pengajuan permohonan pemindahbukuan atas kesalahan pembayaran atau penyetoran pajak yang dilakukan subunit organisasi penyetor. Keenam, pelaksanaan hak dan kewajiban atas pemenuhan kewajiban perpajakan lain yang ditentukan Dirjen pajak dan dilakukan secara elektronik.

"Untuk dapat melaksanakan hak dan kewajiban tertentu sebagaimana dimaksud dalam Pasal 3 ayat (2), Instansi Pemerintah harus mendaftarkan Subunit Organisasi kepada Direktorat Jenderal Pajak," tulis Pasal 4 ayat (1) PER-02/PJ/2021.

Baca Juga:
Kriteria Penyerahan Barang/Jasa yang PPN-nya Tidak Dipungut oleh BUMN

Mekanisme pendaftaran subunit organisasi untuk melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan atas nama instansi dilakukan secara daring melalui laman yang disediakan oleh DJP. Terdapat dua karakteristik dari nomor identitas subunit organisasi.

Nomor identitas subunit organisasi yang diterbitkan oleh DJP terdiri dari 15 digit pertama yang merupakan angka NPWP instansi pemerintahnya. Kedua, terdapat 4 digit angka berikutnya yang merupakan kode urut dari subunit organisasi. (Bsi)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 26 Desember 2023 | 09:00 WIB KEBIJAKAN PAJAK

DJP Terbitkan Perdirjen Soal Pengajuan Keberatan Pascapandemi

Selasa, 02 Mei 2023 | 13:15 WIB KPP PRATAMA DEMAK

Tahun Politik, KPP Mulai Sosialisasi Pemotongan Pajak Dana Pemilu 2024

Minggu, 01 Januari 2023 | 16:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Kriteria Penyerahan Barang/Jasa yang PPN-nya Tidak Dipungut oleh BUMN

Selasa, 21 Juni 2022 | 13:15 WIB DDTC ACADEMY - PRACTICAL COURSE

Hadapi Pemeriksaan, Wajib Pajak Perlu Paham Dua Hal Ini

BERITA PILIHAN
Minggu, 12 Mei 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pengujian Pemeriksaan Kantor Bisa Diperpanjang, Ini Beberapa Alasannya

Minggu, 12 Mei 2024 | 14:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Tahapan Registrasi NPWP Sampai ‘Verifikasi’, NPWP Sudah Bisa Dipakai

Minggu, 12 Mei 2024 | 13:00 WIB KABUPATEN CIAMIS

Hanya 3 Bulan, Pemkab Ciamis Beri Penghapusan Denda PBB-P2

Minggu, 12 Mei 2024 | 12:00 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Banyak Insentif, Menkeu Harap Ekosistem Kendaraan Listrik Terbentuk

Minggu, 12 Mei 2024 | 12:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Lakukan Penyelundupan di Bidang Impor, Bisa Kena Penjara 1 - 10 Tahun

Minggu, 12 Mei 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Pengiriman Peti Jenazah Kena Pajak? Ternyata Begini Aturannya

Minggu, 12 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Batas Waktu Pembayaran Pelaporan SPT Masa PPN dan PPnBM

Minggu, 12 Mei 2024 | 09:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

DJP Terbitkan Surat Tagihan Pajak untuk WP dalam Dafnom Ini