ANALISIS PAJAK

Memahami Peran Excel dalam Penyusunan Transfer Pricing Documentation

Redaksi DDTCNews
Selasa, 26 Agustus 2025 | 13.00 WIB
Memahami Peran Excel dalam Penyusunan Transfer Pricing Documentation
Audreyda Farahbella Anandivi,
Specialist of DDTC Consulting

PENYUSUNAN dokumen penentuan harga transfer (transfer pricing documentation/TP Doc) merupakan suatu kewajiban penting yang harus dipenuhi oleh wajib pajak yang mempunyai transaksi afiliasi. Hal ini diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) 172/2023.

TP Doc tidak hanya menjadi bentuk nyata dari kepatuhan wajib pajak terhadap peraturan perpajakan, tetapi juga berfungsi sebagai dokumen yang penting apabila suatu saat wajib pajak menghadapi pemeriksaan. TP Doc juga menjadi bekal wajib pajak ketika menghadapi sengketa pajak yang berkaitan dengan kebijakan penetapan harga transfer (transfer pricing) yang dilakukan.

Dalam proses penyusunan TP Doc, Microsoft Excel telah menjadi salah satu alat bantu utama yang krusial. Excel menawarkan fleksibilitas dan kemudahan dalam proses pengolahan data, hingga penyusunan hasil analisis atas data keuangan dan non-keuangan yang berkaitan dengan transaksi afiliasi wajib pajak.

Excel juga mendukung dalam proses visualisasi dan pelaporan informasi yang lebih sistematis, efisien, dan mudah dipahami. Selain itu Excel juga dapat mempermudah analisis data yang berkaitan dengan penentuan prinsip kewajaran dan kelaziman usaha (PKKU) atas transfer pricing yang dilakukan wajib pajak.

Penggunaan Excel dalam konteks pembentukan TP Doc dapat diilustrasikan misalnya atas transaksi pinjaman. Dalam contoh ini, Excel dapat digunakan untuk membuat working paper atau kertas kerja yang mencakup informasi berupa rekap perjanjian pinjaman, perhitungan biaya atau pendapatan bunga, penyusunan loan schedule, analisis arus kas, hingga perhitungan rasio keuangan seperti Debt-to-Equity Ratio (DER), serta perhitungan credit rating.

Dalam kondisi seluruh informasi terkait dengan pinjaman afiliasi milik wajib pajak dapat dikelola dan diakses dalam satu file Excel yang terintegrasi, pada dasarnya dokumen ini dapat membantu dalam proses pelacakan, pembaruan, dan evaluasi atas data-data yang diperlukan untuk penyusunan TP Doc atas transaksi pinjaman.

Adapun pembuatan TP Doc atas transaksi tangible seperti jual beli komoditas dapat secara efektif disusun dengan menggunakan Excel yang mencakup informasi terkait dengan rekap data penjualan, analisis pendapatan berdasarkan jenis komoditas yang ditransaksikan, serta rekap informasi dari kontrak penjualan terkait dengan penetapan harga jual.

Transaksi afiliasi atas jual beli komoditas dengan metode transfer pricing Comparable Uncontrolled Price (CUP) dapat difasilitasi oleh Excel apabila penyusunan kertas kerja untuk perhitungan harga jual berdasarkan data harga pasar atas komoditas yang berlaku sebagai pembanding. Selanjutnya, data tersebut dapat digunakan untuk menguji kewajaran harga jual komoditas kepada pihak afiliasi wajib pajak.

Selain itu, informasi seperti volume penjualan kepada lawan transaksi independen dan afiliasi, data harga pasar yang menjadi basis, jadwal pengiriman, hingga informasi lainnya terkait dengan jual beli komoditas juga dapat diolah dalam satu sistem untuk menghasilkan analisis yang komprehensif dan dokumentasi informasi yang lengkap.

Excel juga mempermudah pengolahan data hasil benchmarking dalam jumlah besar untuk pencarian perusahaan pembanding, termasuk pada saat proses eliminasi kriteria perusahaan yang sebanding dengan wajib pajak melalui pemilihan secara manual atau manual review (manrev), hingga pemilihan perusahaan pembanding yang relevan berdasarkan kriteria kesebandingan yang telah ditentukan.

Berbagai formula Excel bisa digunakan oleh wajib pajak dalam menyusun TP Doc. Misalnya, formula seperti SUM dan AVERAGE yang berguna dalam perhitungan dasar, lalu fungsi logika IF yang membantu membangun skenario dan pengujian atas kondisi tertentu, misalnya untuk validasi data, pemenuhan kondisi saat kriteria perusahaan pembanding terpenuhi, dan lain sebagainya.

Fungsi pencarian seperti VLOOKUP dan XLOOKUP juga berguna dalam mencocokkan data transaksi dengan data pembanding secara otomatis sehingga lebih efektif, dibandingkan dengan cara manual yang lebih memakan waktu.

Visualisasi dan pengorganisasian data lebih lanjut juga didukung oleh fitur Conditional Formatting untuk menandai data penting atau tidak wajar, hingga penggunaan Filter, Sorting, Pivot Table, dan Slicer dapat menyaring serta mengelompokkan data dengan disesuaikan pada kebutuhan analisis.

Dalam beberapa kasus untuk meningkatkan efisiensi kerja, fitur Excel Developer Tab dan Macros dapat dimanfaatkan untuk otomatisasi proses perhitungan yang berulang, misalnya dalam pembuatan loan schedule, perhitungan margin dalam jumlah besar, dan lain sebagainya.

Adanya seluruh keunggulan Excel tersebut pada dasarnya tidak hanya mempermudah proses penyusunan TP Doc, tetapi juga dapat meningkatkan efektivitas, efisiensi, dan akurasi dalam penyusunannya.

Penguasaan Excel yang baik dalam praktik transfer pricing pada dasarnya dapat menjadi nilai tambah yang signifikan. Dalam menyusun TP Doc melalui Excel, keseluruhan data terkait transaksi afiliasi, termasuk proses pengolahannya, analisis, hingga pada tahapan final atau saat penyajian data, dapat terintegrasi hanya dalam satu aplikasi yang sama sehingga menciptakan efisiensi di dalam proses penyusunannya. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Ingin selalu terdepan dengan kabar perpajakan terkini?Ikuti DDTCNews WhatsApp Channel & dapatkan berita pilihan di genggaman Anda.
Ikuti sekarang
News Whatsapp Channel
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.