BERITA PAJAK HARI INI

Rencananya, Cakupan Insentif Pajak Pembelian Mobil Bakal Diperluas

Redaksi DDTCNews | Selasa, 16 Maret 2021 | 08:15 WIB
Rencananya, Cakupan Insentif Pajak Pembelian Mobil Bakal Diperluas

Ilustrasi. Petugas berdiri di dekat deretan mobil baru yang terparkir di PT Indonesia Terminal Kendaraan atau IPC Car Terminal, Cilincing, Jakarta, Kamis (11/2/2021). ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/aww.

JAKARTA, DDTCNews – Otoritas fiskal tengah mempertimbangkan perluasan cakupan jenis mobil yang bisa mendapatkan insentif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) ditanggung pemerintah (DTP). Langkah tersebut menjadi salah satu bahasan media nasional pada hari ini, Selasa (16/3/2021).

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin insentif PPnBM DTP atas mobil dapat berdampak lebih besar pada pemulihan ekonomi nasional. Namun, persyaratan tingkat kandungan dalam negeri (TKDN) minimal 70%.

“Jadi, saat ini yang berlaku [kendaraan berkapasitas mesin] 1.500 cc. Arahan Presiden [Jokowi] bisa di atas 1.500 cc asalkan TKDN-nya 70%. Itu mungkin bisa bisa kami pertimbangkan. Jadi, kami sedang melakukan penyempurnaan mengenai hal itu,” ujarnya dalam rapat dengan DPR.

Baca Juga:
Di FATF, Sri Mulyani Tegaskan Komitmen RI Perangi Kejahatan Keuangan

Selain mengenai rencana perluasan cakupan pemberian insentif PPnBM DTP, ada pula bahasan tentang rencana pemerintah Amerika Serikat (AS) untuk memotong pajak atas penghasilan yang didapat dari content creator di luar daerah pabeannya, tidak terkecuali Indonesia. Penghasilan yang bersumber dari iklan, Youtube Premium, dan channel membership.

Berikut ulasan berita selengkapnya.

  • Hingga 2.500 cc

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan perluasan insentif PPnBM DTP bisa berlaku untuk kendaraan berkapasitas mesin hingga 2.500 cc dengan TKDN minimum 70%. Jika jadi dieksekusi, Sri Mulyani akan segera menerbitkan peraturannya.

Baca Juga:
Pilih Lunasi Utang Pajak, Rekening WP Ini Akhirnya Dibuka Blokirnya

“Ini [peraturan] yang nanti meng-address isunya mengenai beberapa permintaan terhadap mobil di atas 1.500 cc di dalam relaksasi PPnBM yang kami berikan," ujarnya. (DDTCNews/Kontan)

  • Penghasilan Youtuber

Dalam keterangan resminya, Youtube menyatakan akan memotong penghasilan content creator berdasarkan pada jumlah penonton dari AS. Youtube meminta segala informasi kewajiban pajak untuk menentukan jumlah potongan pajak dalam kanal Goolge AdSense.

YouTube memberikan tenggat waktu pelaporan pajak hingga 31 Mei 2021. Jika Youtuber tidak lapor hingga tenggat, pemerintah AS otomatis akan memotong pajak sebesar 24% dari total penghasilan yang didapat Youtuber. (Kontan)

Baca Juga:
Begini Imbauan Ditjen Pajak soal Perpanjangan Penyampaian SPT Tahunan
  • Sinyal dari Langkah AS

Partner DDTC Fiscal Research B. Bawono Kristiaji berpendapat kendati relatif tidak berkaitan dengan pembicaraan tentang konsensus global yang lebih fokus kepada perusahaan digital, pengenaan pajak Youtuber oleh pemerintah AS memberikan beberapa sinyal.

Pertama, upaya penegakan hukum pajak domestik di luar yurisdiksi atau extra territorial taxation yang dilakukan AS. Kedua, penciptaan tendensi global untuk mengadopsi pendekatan yang berbasis withholding tax dan berbasis bilateral.

Ketiga, model ini relatif tidak terikat perdebatan mengenai suatu indikator tertentu yang bisa dianggap sebagai nexus (timbulnya hak pemajakan). Keempat, prinsip kebijakan ini condong pada pendekatan berbasis konsumen atau negara pasar dan kontribusinya dalam suatu penghasilan.

Baca Juga:
Salah Input Kode Akun Pajak dan Sudah Pembayaran, Ini Saran DJP

Kelima, secara historis, langkah AS dalam kebijakan pajak internasional umumnya akan berpengaruh bagi pembentukan sistem pajak global. Namun, langkah tersebut bisa juga berada di luar suatu konsensus. (Kontan)

  • Mobil Listrik

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengonsultasikan rencana amendemen Peraturan Pemerintah (PP) 73/2019 kepada DPR. Revisi beleid tersebut akan dilakukan untuk memberikan selisih yang lebih besar antara tarif pajak penjualan atas barang mewah (PPnBM) pada mobil listrik (battery electric vehicle/BEV) dan mobil hybrid.

Sri Mulyani mengatakan amendemen beleid itu tidak akan mengubah tarif PPnBM pada BEV yang ditetapkan 0%. Namun, tarif PPnBM plug-in hybrid electric vehicle (PHEV) yang sebelumnya 0% akan dinaikkan menjadi 5% agar daya saing mobil listrik lebih kuat dari mobil dengan bahan bakar tidak murni listrik. Simak ‘PPnBM Mobil Listrik, Sri Mulyani Sebut Ada Pengawasan dari DJP’. (DDTCNews/Kontan/Bisnis Indonesia)

Baca Juga:
Ajukan Penghapusan NPWP, Utang Pajak Harus Lunas? Begini Ketentuannya
  • PPh Final Usaha Jasa Konstruksi

Pemerintah berencana mengubah tarif pajak penghasilan (PPh) final atas usaha jasa konstruksi yang selama ini diatur melalui Peraturan Pemerintah (PP) 51/2008 s.t.d.d PP 40/2009.

Rencana revisi ketentuan PPh final atas jasa konstruksi tersebut tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) No. 4/2021. Dalam keppres itu, memuat program penyusunan PP sepanjang tahun 2021 yang diprakarsai oleh berbagai kementerian. Simak ‘Kemenkeu Usulkan Penyesuaian Tarif PPh Final Usaha Jasa Konstruksi’. (DDTCNews)

  • Penyelenggaraan KEK

Pemerintah merilis beleid yang mengatur tentang penyelenggaraan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Beleid itu juga memuat pemberian fasilitas dan kemudahan di bidang pajak, kepabeanan, dan cukai kepada badan usaha/pelaku usaha di KEK.

Beleid yang dimaksud adalah Peraturan Pemerintah (PP) No. 40/2021. PP ini dirilis sebagai tindak lanjut dari evaluasi pengembangan KEK. PP ini merupakan aturan pelaksana dari Undang-Undang Cipta Kerja yang juga memuat berbagai kebijakan untuk menjaring penanaman modal. Simak ‘PP Baru Penyelenggaraan KEK, Ada Pengaturan Soal Fasilitas Pajak’. (DDTCNews) (kaw)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Sabtu, 20 April 2024 | 16:30 WIB KEANGGOTAAN FATF

Di FATF, Sri Mulyani Tegaskan Komitmen RI Perangi Kejahatan Keuangan

Sabtu, 20 April 2024 | 08:47 WIB BERITA PAJAK SEPEKAN

SPT yang Berstatus Rugi Bisa Berujung Pemeriksaan oleh Kantor Pajak

Jumat, 19 April 2024 | 08:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

Begini Imbauan Ditjen Pajak soal Perpanjangan Penyampaian SPT Tahunan

BERITA PILIHAN
Sabtu, 20 April 2024 | 17:30 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Daftar IMEI di Bandara Bisa 24 Jam? Begini Kata Bea Cukai

Sabtu, 20 April 2024 | 16:45 WIB KEPATUHAN PAJAK

Periode SPT Badan Sisa Sepekan, Perusahaan Belum Operasi Tetap Lapor?

Sabtu, 20 April 2024 | 16:30 WIB KEANGGOTAAN FATF

Di FATF, Sri Mulyani Tegaskan Komitmen RI Perangi Kejahatan Keuangan

Sabtu, 20 April 2024 | 16:00 WIB PEREKONOMIAN INDONESIA

Ada Ketidakpastian, Sri Mulyani Yakin Ekonomi RI Sekuat Saat Pandemi

Sabtu, 20 April 2024 | 13:00 WIB KEBIJAKAN BEA CUKAI

Apa Beda Segel dan Tanda Pengaman Bea Cukai? Simak Penjelasannya

Sabtu, 20 April 2024 | 12:00 WIB KEPATUHAN PAJAK

Minta Perpanjangan Lapor SPT Tahunan? Ingat Ini Agar Tak Kena Sanksi

Sabtu, 20 April 2024 | 11:30 WIB KABUPATEN BULUNGAN

Sukseskan Program Sertifikat Tanah, Pemkab Beri Diskon BPHTB 50 Persen

Sabtu, 20 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Faktor-Faktor yang Menentukan Postur APBN Indonesia

Sabtu, 20 April 2024 | 10:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Jasa Konstruksi Bangunan bagi Korban Bencana Bebas PPN, Ini Aturannya