DDTC ACADEMY - PRACTICAL COURSE

Program Terbaru DDTC Academy! English for Transfer Pricing

Redaksi DDTCNews | Kamis, 09 Juni 2022 | 09:11 WIB
Program Terbaru DDTC Academy! English for Transfer Pricing

English for Transfer Pricing

JAKARTA, DDTCNews - Praktik transfer pricing tidak terpisahkan dalam operasional perusahaan-perusahaan multinasional. Tidak mengherankan jika penyusunan dokumen penentuan harga transfer (TP Doc) menjadi aspek penting untuk membuktikan kewajaran harga transfer.

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 213/PMK.03/2016 (PMK 213/2016) mengatur bahwa dokumen penentuan harga transfer berupa dokumen induk, dokumen lokal, dan/atau laporan per negara harus dibuat oleh wajib pajak dalam bahasa Indonesia. Untuk memudahkan anggota perusahaan multinasional memahami isi TP Doc tersebut, versi bahasa Inggris juga kerap kali dibutuhkan. 

Selain disertai dengan versi bahasa Indonesia, PMK 213/2016 pun memberikan opsi bagi wajib pajak yang telah mendapatkan izin untuk melakukan pembukuan dalam bahasa asing, untuk dapat membuat TP Doc dengan bahasa asing, termasuk bahasa Inggris.

Tidak hanya itu, berbagai referensi pendukung seperti OECD Transfer Pricing Guidelines, jurnal, artikel, dan berbagai publikasi internasional dalam bahasa Inggris sering kali dibutuhkan dalam proses analisis kesebandingan. Wajib pajak juga perlu memiliki keahlian dalam bahasa Inggris sebagai upaya mencari pembanding eksternal yang andal melalui basis data komersial dengan sebagian besar informasi disajikan dalam bahasa Inggris. Terlebih lagi, pemilihan kosakata yang tepat untuk beberapa terminologi khusus dalam bahasa Inggris merupakan sebuah tantangan dalam pembuatan TP Doc

Berangkat dari penjelasan di atas, dapat dilihat bahwa dalam proses persiapan TP Doc diperlukan keahlian bahasa Inggris untuk berkomunikasi, baik secara lisan maupun tulisan. Keahlian ini juga mencakup penulisan email maupun presentasi dalam bahasa Inggris yang biasanya dibutuhkan dalam berkomunikasi dengan perusahaan induk beserta anak perusahaan lainnya yang berada di luar negeri. 

Selain itu, keahlian berbahasa Inggris ini pun diperlukan ketika wajib pajak harus menjelaskan secara tepat beberapa dokumen pendukung TP Doc yang kebanyakan dalam bahasa Inggris kepada otoritas pajak apabila diperlukan.

Merespons berbagai isu di atas, DDTC Academy hadir dengan sebuah program baru, yaitu English for Transfer Pricing. Program ini merupakan bagian dari program practical course yang berfokus pada aspek bahasa Inggris yang perlu Anda ketahui dalam praktik transfer pricing

Dirancang dengan metode pembelajaran yang interaktif, pelatihan ini akan dimulai dengan pemahaman dasar mengenai kebutuhan bahasa Inggris pada transfer pricing hingga bagaimana penggunaan bahasa Inggris tersebut secara praktis dalam operasional transfer pricing

Pelatihan ini dibawakan oleh Tax Communication Expert DDTC, Seftyana Trisia Pardosi, S.Pd yang telah berpengalaman di bidang English for Specific Purpose.

Berbeda dengan english course yang umumnya menekankan pembelajaran english grammar (general english). Pada pelatihan ini, peserta akan mendapatkan banyak writing tips untuk penulisan TP Doc dan penulisan produk lainnya sehubungan dengan TP Doc

Meskipun demikian, pelatihan ini bukan sebuah dictating writing class sebab pelatihan ini mengedepankan praktik secara langsung. Peserta akan memperoleh individual worksheet, pairing exercise, post-quiz, dan lainnya selama proses pembelajaran sehingga partisipasi aktif dari peserta akan sangat diutamakan dalam pelatihan ini.

Kelas ini diadakan secara online terdiri dari 5 kali pertemuan, dimulai tanggal 16 hingga 30 Juni 2022. 

Setiap peserta akan memperoleh berbagai fasilitas, di antaranya e-module, worksheet, interactive activities, e-certificate, dan beragam fasilitas lainnya. Terlebih lagi, pada pelatihan ini, setiap peserta akan memperoleh buku terbitan DDTC terbaru secara gratis berjudul Transfer Pricing: Ide, Strategi, dan Panduan Praktis dalam Perspektif Pajak Internasional (Edisi Kedua – Volume 1) yang akan terbit pada Juni 2022.

Segera daftarkan diri Anda pada program terbaru ini dan dapatkan harga spesial khusus hanya Rp3.000.000.

Klik link di bawah ini untuk mendaftar:

https://academy.ddtc.co.id/practical_course

English for Transfer Pricing, sebagai solusi Anda dari masalah penggunaan bahasa Inggris di bidang transfer pricing.

Membutuhkan bantuan mengenai program ini? Hubungi Hotline DDTC Academy +62812-8393-5151 (Vira), email [email protected] (Vira), atau melalui akun Instagram DDTC Academy (@ddtcacademy). (sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Kamis, 18 April 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Ada Transaksi Afiliasi, SPT Tahunan Wajib Dilampiri Ikhtisar TP Doc

Rabu, 03 April 2024 | 08:00 WIB LITERATUR PAJAK

Hanya 5 Hari! Diskon 40% untuk Buku Pajak dan Langganan Premium

Selasa, 02 April 2024 | 12:00 WIB KPP PRATAMA GORONTALO

Diedukasi soal Beneficial Ownership, WP Diimbau Hindari Praktik Ilegal

Jumat, 22 Maret 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP JAKARTA KHUSUS

Kanwil DJP Jakarta Khusus Adakan Seminar Pajak untuk Atlet e-Sport

BERITA PILIHAN
Selasa, 23 April 2024 | 17:30 WIB TIPS PAJAK

Cara Buat Kode Billing atas Pemotongan PPh Final UMKM

Selasa, 23 April 2024 | 17:15 WIB REFORMASI PAJAK

Jelang Implementasi Coretax, DJP Bakal Uji Coba dengan Beberapa WP

Selasa, 23 April 2024 | 17:00 WIB PROVINSI JAWA TENGAH

Tak Ada Lagi Pemutihan Denda, WP Diminta Patuh Bayar Pajak Kendaraan

Selasa, 23 April 2024 | 16:55 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Aturan Penyelesaian BKC yang Dirampas, Dikuasai, dan Jadi Milik Negara

Selasa, 23 April 2024 | 16:00 WIB HARI BUKU SEDUNIA

World Book Day, Ini 3 Ketentuan Fasilitas Perpajakan untuk Buku

Selasa, 23 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Apresiasi 57 WP Prominen, Kanwil Jakarta Khusus Gelar Tax Gathering

Selasa, 23 April 2024 | 15:00 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Barang Bawaan dari Luar Negeri yang Perlu Diperiksa via Jalur Merah

Selasa, 23 April 2024 | 14:49 WIB PAJAK PENGHASILAN

Ingat, PTKP Disesuaikan Keadaan Sebenarnya Tiap Awal Tahun Pajak