LAYANAN INSW

Pengumuman! Sistem INSW Tak Bisa Diakses Sementara Waktu Siang Ini

Dian Kurniati | Sabtu, 14 Oktober 2023 | 08:00 WIB
Pengumuman! Sistem INSW Tak Bisa Diakses Sementara Waktu Siang Ini

Pengumuman downtime layanan.

JAKARTA, DDTCNews - Lembaga National Single Window (LNSW) mengumumkan sistem Indonesia National Single Window (INSW) kembali tidak dapat diakses sementara waktu oleh masyarakat pada akhir pekan ini.

LNSW menyatakan sejumlah aplikasi tidak dapat diakses untuk sementara pada Sabtu (14/10/2023) pukul 16.00 WIB sampai dengan Minggu (15/10/2023) pukul 13.00 WIB. Waktu henti (downtime) tersebut dilakukan untuk proses migrasi layanan sistem INSW.

"Kegiatan tersebut berpotensi menyebabkan planned downtime selama kurang lebih 21 jam dan mengakibatkan semua layanan sistem INSW tidak dapat diakses selama kegiatan migrasi," bunyi pengumuman LNSW di Instagram, dikutip pada Sabtu (14/10/2023).

Baca Juga:
Catat! Ini Beda Layanan Bea Cukai, Imigrasi, dan Karantina Kesehatan

LNSW menyatakan telah melakukan kegiatan migrasi layanan sistem INSW dari Data Center (DC) Kementerian Keuangan ke Disaster Recovery Center (DRC) pada 12 Agustus 2023. Setelahnya, LNSW akan melakukan migrasi layanan sistem INSW dari DRC kembali ke DC Kemenkeu pada akhir pekan ini.

Melalui pengumumannya, LNSW meminta pengguna jasa atau pemangku kepentingan sistem INSW mengantisipasi downtime pada rentang waktu yang sudah ditetapkan. Pengguna jasa disarankan mengajukan atau mengirimkan dokumen sebelum atau setelah downtime.

Kemudian kepada kementerian/lembaga yang terintegrasi dengan sistem INSW, juga diminta mengantisipasi downtime ini dengan melakukan registrasi/pengajuan/pengiriman/persetujuan dokumen sebelum atau setelah migrasi.

Baca Juga:
Ingat Pesan DJBC! Hati-Hati Penipuan Selama Libur Lebaran 2024

"Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin timbul atas pelaksanaan kegiatan tersebut," bunyi pengumuman LNSW.

Sistem INSW merupakan sistem elektronik yang mengintegrasikan sistem dan/atau informasi berkaitan dengan proses penanganan dokumen kepabeanan, dokumen kekarantinaan, dokumen perizinan, dokumen kepelabuhanan/kebandarudaraan, dan dokumen lain, yang terkait dengan ekspor dan/atau impor, yang menjamin keamanan data dan informasi serta memadukan alur dan proses informasi antar sistem internal secara otomatis.

Masyarakat yang memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai downtime aplikasi tersebut juga dapat menghubungi LNSW melalui live chat pada www.insw.go.id, email [email protected], atau call center 150679. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 29 April 2024 | 16:17 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Ada Kendala Impor Barang, Masyarakat Diminta Hubungi Bravo Bea Cukai

Sabtu, 20 April 2024 | 17:30 WIB LAYANAN KEPABEANAN

Daftar IMEI di Bandara Bisa 24 Jam? Begini Kata Bea Cukai

Selasa, 16 April 2024 | 14:00 WIB LAYANAN BEA DAN CUKAI

Modus Penipuan Catut Bea Cukai, Pelaku Kerap Berikan Nomor Resi Palsu

BERITA PILIHAN