KP2KP MARISA

Pegawai Pajak Kunjungi Lokasi Tambang Milik Anak Usaha Perusahaan Tbk

Redaksi DDTCNews | Senin, 24 April 2023 | 13:30 WIB
Pegawai Pajak Kunjungi Lokasi Tambang Milik Anak Usaha Perusahaan Tbk

Ilustrasi.

MARISA, DDTCNews – Kantor Pelayanan, Penyuluhan, dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Marisa mengadakan kegiatan sosialisasi pemadanan nomor induk kependudukan (NIK) menjadi NPWP di lokasi pertambangan milik PT Puncak Emas Tani Sejahtera pada 7 Maret 2023.

Pegawai dari KP2KP Marisa Sapdho Wibowo mengatakan sosialisasi tersebut diselenggarakan di PT PT Puncak Emas Tani Sejahtera (PETS) lantaran banyuak karyawannya yang belum melakukan pemadanan NIK menjadi NPWP.

“Pemadanan NIK menjadi NPWP ini merupakan komitmen DJP untuk mendukung kebijakan Satu Data Indonesia. Program ini juga untuk mendukung proses pengambilan keputusan berbasis data," katanya seperti dikutip dari situs web DJP, Senin (24/4/2023).

Baca Juga:
DJP: 13,57 Juta WP Sudah Laporkan SPT Tahunan hingga 23 April 2024

Sapdho menuturkan proses pemadanan NIK menjadi NPWP tersebut aman untuk dilakukan. Otoritas juga siap bertanggung jawab atas seluruh keamanan data dari wajib pajak tersebut.

Dia menjelaskan tata cara pemadanan NIK menjadi NPWP dapat dilakukan oleh wajib pajak melalui djponline.pajak.go.id. Sebelum itu, wajib pajak diimbau untuk menyiapkan data diri seperti KTP, kartu keluarga, email, dan nomor handphone.

Menurutnya, wajib pajak perlu menyiapkan data diri demi mempermudah sekaligus mempercepat proses pemadanan. Dia juga mengingatkan pemadanan NIK ini dilakukan paling lambat sampai akhir tahun ini.

Baca Juga:
Evaluasi Raperda Pajak Daerah, Ini Rentetan Temuan DJPK Kemenkeu

''Per 1 Januari 2024 nanti, NIK akan sepenuhnya menggantikan NPWP dalam proses administrasi perpajakan,'' tutur Sapdho.

Sebagai informasi, hingga 30 Maret 2023, terdapat 56,38 juta nomor induk kependudukan (NIK) telah diintegrasikan sebagai nomor pokok wajib pajak (NPWP) pada wajib pajak orang pribadi. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 24 April 2024 | 15:30 WIB KEPATUHAN PAJAK

DJP: 13,57 Juta WP Sudah Laporkan SPT Tahunan hingga 23 April 2024

Rabu, 24 April 2024 | 15:15 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Evaluasi Raperda Pajak Daerah, Ini Rentetan Temuan DJPK Kemenkeu

Rabu, 24 April 2024 | 14:00 WIB KOTA TANGERANG SELATAN

Penuhi Amanat UU HKPD, Pemkot Tangsel Atur Ulang Tarif Pajak Daerah

Rabu, 24 April 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Bappenas: Wacana Badan Penerimaan Negara di RKP 2025 Belum Final

BERITA PILIHAN