Review
Rabu, 27 Mei 2020 | 06:06 WIB
Seri Tax Control Framework (9)
Selasa, 26 Mei 2020 | 14:16 WIB
Seri Tax Control Framework (8)
Selasa, 26 Mei 2020 | 10:01 WIB
OPINI PAJAK
Senin, 25 Mei 2020 | 09:30 WIB
KONSULTASI PAJAK
Fokus
Data & alat
Minggu, 24 Mei 2020 | 12:00 WIB
STATISTIK ADMINISTRASI PAJAK
Jum'at, 22 Mei 2020 | 10:08 WIB
STATISTIK ADMINISTRASI PAJAK
Rabu, 20 Mei 2020 | 09:59 WIB
STATISTIK ADMINISTRASI PAJAK
Rabu, 20 Mei 2020 | 09:00 WIB
KURS PAJAK 20 MEI-2 JUNI 2020
Reportase

Pajak dalam Keputusan Bisnis Lintas Batas

A+
A-
1
A+
A-
1
Pajak dalam Keputusan Bisnis Lintas Batas

KONDISI perpajakan suatu negara menjadi salah satu pertimbangan yang sangat penting bagi pengusaha yang akan memulai usahanya di luar negeri. Sejalan dengan hal tersebut, perpajakan juga merupakan salah satu subjek paling rumit yang selalu menyita perhatian dunia bisnis internasional.

Tidak jarang aktivitas bisnis lintas batas (cross-border) negara dikenakan pajak di lebih dari satu yurisdiksi. Pertama dari negara sumber di mana investasi ditanamkan dan kedua dikenakan di negara asal investor. Lantas bagaimana cara perusahaan yang memiliki usaha lintas batas menghindari terjadinya pajak berganda (double taxation)?

Buku yang berjudul International Company Taxation and Tax Planning ini menyajikan pandangan dari berbagai permasalahan pajak internasional dan dapat digunakan sebagai panduan bagi para praktisi pajak serta sebagai referensi bagi akademisi, baik pelajar maupun pengajar.

Baca Juga: Pemerintah Bakal Perkenalkan Beberapa Pajak Baru Tahun Depan

Menurut Dieter Enders & Christoph Spengel yang merupakan penulis dari buku ini, untuk menghindari terjadinya pajak berganda, perusahaan harus bisa beradaptasi dengan kondisi perpajakan di berbagai negara dengan tanpa merugikan aktivitas bisnis yang dilakukan, salah satu caranya adalah dengan melakukan tax planning.

Masing-masing bagian dalam buku ini menyampaikan pengertian komprehensif mengenai perpajakan dalam bisnis lintas batas di seluruh dunia. Dengan demikian, pembaca akan dapat mengevaluasi dampak dari pengenaan pajak atas aktivitas bisnis di dalam dan luar negeri serta dapat membantu pembaca untuk memilih perencanaan pajak terbaik yang dapat dilakukannya.

Buku ini dibagi menjadi tiga bagian besar yaitu, Taxation of Business and Individuals – An International Comparison, International Business Taxation, dan terakhir International Tax Planning.

Baca Juga: Capai Kesepakatan, Raksasa Ritel Ini Bayar Pajak Rp5,2 Triliun

Pada bagian pertama, pembaca akan diarahkan untuk dapat mengerti tentang bagaimana pajak mampu mengevaluasi peluang perencanaan pajak yang ditawarkan oleh hukum pajak dalam negeri di berbagai negara.

Sedangkan, bagian kedua menjelaskan mengenai dasar-dasar perpajakan internasional, penyebab terjadinya pajak berganda dan beberapa metode penghindaran pajak berganda. Pembaca juga akan mendapatkan gambaran bagaimana perusahaan multinasional mengambil kesempatan dari adanya beban pajak yang menyimpang.

Pada bagian terakhir, tentang perencanaan pajak internasional, pembaca akan mendapatkan gambaran mengenai bagaimana pajak dapat memengaruhi pengambilan keputusan dalam aktivitas bisnis.

Baca Juga: Pemerintah Janjikan Diskon 30% PPh Badan Bagi Perusahaan Kecil

Buku ini juga menunjukkan mengapa tax treaty dan mekanisme lainnya tidak cukup untuk mengatasi terjadinya pengenaan pajak berganda pada aktivitas bisnis lintas batas. Untuk itulah, perencanaan pajak perlu dilakukan dalam kegiatan bisnis tersebut.

Secara keseluruhan buku yang menjadi koleksi DDTC Library ini diharapkan dapat menjadi pedoman bagi pembaca untuk membedakan perencanaan pajak legal yang dilakukan dalam bisnis lintas batas dan skema tax avoidance yang mendapatkan kecaman keras dari banyak pihak. (Bsi)

Baca Juga: Genjot Penjualan Mobil, Tarif Cukai Bakal Dipangkas
Topik : buku pajak, pajak internasional, tax planning, perusahaan multinasional
Komentar
Dapatkan hadiah berupa uang tunai yang diberikan kepada satu orang pemenang dengan komentar terbaik. Pemenang akan dipilih oleh redaksi setiap dua pekan sekali. Ayo, segera tuliskan komentar Anda pada artikel terbaru kanal debat DDTCNews! #MariBicara
*Baca Syarat & Ketentuan di sini
0/1000
Sampaikan komentar Anda dengan bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda, sesuai UU ITE.
artikel terkait
Rabu, 01 April 2020 | 19:24 WIB
KEBIJAKAN PAJAK
Selasa, 31 Maret 2020 | 18:00 WIB
HUKUM PAJAK
Senin, 30 Maret 2020 | 17:53 WIB
PAJAK INTERNASIONAL
Minggu, 29 Maret 2020 | 09:44 WIB
PAJAK INTERNASIONAL
berita pilihan
Rabu, 27 Mei 2020 | 12:14 WIB
EFEK VIRUS CORONA
Rabu, 27 Mei 2020 | 11:28 WIB
KEBIJAKAN PEMERINTAH
Rabu, 27 Mei 2020 | 11:00 WIB
INFOGRAFIS PAJAK
Rabu, 27 Mei 2020 | 10:19 WIB
REALISASI INVESTASI