KEBIJAKAN PEMERINTAH

Menteri Investasi Bahlil Minta Tukin Pegawai DPMPTSP Dinaikkan

Muhamad Wildan | Kamis, 07 Desember 2023 | 10:15 WIB
Menteri Investasi Bahlil Minta Tukin Pegawai DPMPTSP Dinaikkan

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia.

JAKARTA, DDTCNews - Menteri Investasi Bahlil Lahadalia meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menaikkan tunjangan kinerja (tukin) bagi ASN Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di daerah.

Bahlil mengatakan ASN di lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) telah bekerja keras menarik investasi ke daerahnya masing-masing, baik investasi dari dalam negeri maupun investasi asing.

"Kenapa kementerian lain yang mengumpulkan pajak tukinnya tinggi, tetapi yang mendatangkan [investasi] kok tidak naik-naik barang ini Pak," katanya kepada Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional Investasi 2023, Kamis (7/12/2023).

Baca Juga:
Begini Penghitungan Angsuran PPh 25 Jika SPT Tahunan Telat Disampaikan

Bahlil menuturkan pajak yang dikumpulkan oleh otoritas pajak juga merupakan hasil dari penanaman modal. Untuk itu, ia berharap ASN yang bekerja mendorong realisasi investasi juga perlu mendapatkan perlakuan yang sama.

"Yang menerima pajak, apanya yang mau dipetik kalau pohon dan buahnya tidak pernah dibawa masuk ke dalam negeri. Yang tukang petik kan tidak tahu susahnya bagaimana merayu orang masuk, kok yang bagian memetik dapat lebih banyak dari yang merayu," tuturnya.

Menanggapi permintaan dari Bahlil tersebut, Jokowi menuturkan pemerintah akan segera memproses kenaikan tukin bagi ASN di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu.

Baca Juga:
Pemprov DKI Nonaktifkan NIK, Apa Dampaknya ke Administrasi Pajak?

"Sudah saya sanggupi, iya saya urus. Kita urus juga hal-hal yang berkaitan dengan kesejahteraan," ujar Jokowi.

Sebagai informsi, realisasi investasi hingga kuartal III/2023 sudah mencapai Rp1.053,1 triliun atau 75,2% dari target presiden senilai Rp1.400 triliun.

Realisasi penanaman modal asing mencapai Rp559,6 triliun dan realisasi penanaman modal dalam negeri mencapai Rp493,5 triliun. Investasi dari dalam dan luar negeri mulai Januari hingga September 2023 tersebut mampu menyerap 1,36 tenaga kerja Indonesia. (rig)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN