Review
Jum'at, 23 Juli 2021 | 09:15 WIB
OPINI PAJAK
Kamis, 15 Juli 2021 | 15:09 WIB
KONSULTASI PAJAK
Rabu, 14 Juli 2021 | 10:30 WIB
DIREKTUR PENYULUHAN, PELAYANAN, DAN HUMAS DJP NEILMALDRIN NOOR:
Rabu, 14 Juli 2021 | 09:20 WIB
PERSPEKTIF
Fokus
Data & Alat
Rabu, 28 Juli 2021 | 09:25 WIB
KURS PAJAK 28 JULI 2021 - 3 AGUSTUS 2021
Rabu, 21 Juli 2021 | 09:25 WIB
KURS PAJAK 21 JULI 2021-27 JULI 2021
Kamis, 15 Juli 2021 | 18:15 WIB
STATISTIK PENERIMAAN PAJAK
Rabu, 14 Juli 2021 | 13:30 WIB
KURS PAJAK 14 JULI 2021-20 JULI 2021
Reportase
Perpajakan.id

Hasil Survei Ini, WP Puas dengan Pelayanan DJP, Anda Termasuk?

A+
A-
3
A+
A-
3
Hasil Survei Ini, WP Puas dengan Pelayanan DJP, Anda Termasuk?

Ilustrasi. 

JAKARTA, DDTCNews – Berdasarkan survei yang diselenggarakan Ditjen Pajak (DJP), wajib pajak (WP) sudah merasa puas terhadap pelayanan perpajakan.

Survei Kepuasan Pelayanan dan Efektivitas Penyuluhan dan Kehumasan telah diselenggarakan DJP pada 2019 dan dilakukan oleh pihak ketiga, yaitu PT Sucofindo (Persero). Pada pertengahan Januari 2020, hasil survei telah disebarkan ke seluruh Kantor Wilayah (Kanwil) DJP untuk dapat dimanfaatkan dan ditindaklanjuti.

“Indeks Kepuasan Pelayanan sebesar 85,5 dari hasil survei tersebut menggambarkan bahwa wajib pajak sudah merasa puas terhadap pelayanan perpajakan,” demikian pernyataan DJP dalam laman resminya.

Baca Juga: Ratusan Wajib Pajak Diperiksa, DJP Adakan Edukasi e-Objection

Survei ini dilakukan berdasarkan pengalaman 13.326 responden, yang terbagi atas 12.986 responden merupakan WP yang terdistribusi di 34 Kantor Wilayah DJP dan 340 responden merupakan nonwajib pajak (future tax payer dan potential tax payer).

Selain Indeks Kepuasan Pelayanan yang tercatat sebesar 85,5, ada pula Indeks Efektivitas Penyuluhan sebesar 81.40 dan Indeks Efektivitas Kehumasan sebesar 85.82. Secara keseluruhan, hasolnya sebesar 84,24, relatif tinggi karena indeks itu dari skala 100.

Indeks Kepuasan Pelayanan dinilai dari empat aspek pelayanan yaitu akses informasi, sumber daya manusia, Standard Operating Procedure (SOP), dan fasilitas. Dengan Indeks Kepuasan Pelayanan itu, DJP mengaku akan tetap berbenah untuk lebih meningkatkan kepuasan pelayanan kepada WP.

Baca Juga: Perkuat Pemeriksaan dan Penagihan Pajak, DJP Mulai Pakai Aplikasi Ini

Pembenahan terutama dalam hal penyediaan leaflet (brosur)/booklet (buku panduan) dengan informasi terbaru yang lengkap, layanan mandiri seperti mesin EDC/komputer, serta fasilitas pendukung seperti toilet, fasilitas kaum difabel, dan signboard.

“Survei ini juga menangkap tingkat kepatuhan WP dalam menyampaikan surat pemberitahuan (SPT) tahunan, yang sebagian besar penyampaian SPT tahunan tersebut melalui elektronik,” imbuh DJP.

Berdasarkan hasil survei, sebanyak 90,73% responden mengaku sudah menyampaikan SPT tahunan PPh tahun pajak 2018. Dari yang sudah menyampaikan SPT tahunan itu, 88,01% responden menyatakan kepuasannya terhadap kemudahan pelaporan dan pembayaran pajak.

Baca Juga: DJP: 3 Layanan Elektronik Ini Tidak Dapat Diakses Sementara

Hal tersebut, sambung DJP, menunjukkan digitalisasi sistem pelaporan dan pembayaran pajak yang selama ini dilakukan oleh DJP masih dalam jalurnya. Apalagi, program pembaruan sistem inti administrasi perpajakan sedang memasuki tahap pencarian penyedia sistem informasi. (kaw)



Baca Juga: Kemplang Pajak Lewat Bitcoin, Pengusaha Dihukum 2,5 Tahun Penjara
Topik : pelayanan pajak, teknologi, digitalisasi, Ditjen Pajak, DJP, survei kepuasan pelayanan pajak, survei

KOMENTAR

0/1000
Sampaikan komentar Anda dengan bijaksana. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda, sesuai UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT

Jum'at, 23 Juli 2021 | 19:30 WIB
AGENDA PAJAK

DJP Adakan Lomba Tutur Pajak 2021, Total Hadiah Rp45 Juta

Jum'at, 23 Juli 2021 | 16:30 WIB
KEBIJAKAN PAJAK

Menperin Harap Pengusaha Manfaatkan Supertax Deduction, Ini Alasannya

Kamis, 22 Juli 2021 | 19:00 WIB
KANWIL DJP KALTIMTARA

Kasus Pajak Fiktif Rp11 Miliar, Bos dan Karyawan Diserahkan ke Kejati

berita pilihan

Rabu, 28 Juli 2021 | 14:00 WIB
INFOGRAFIS PAJAK

Jenis-Jenis Retribusi Daerah

Rabu, 28 Juli 2021 | 13:00 WIB
RESENSI JURNAL

Menilik Kebijakan Insentif Pajak China dalam Hadapi Pandemi Covid-19

Rabu, 28 Juli 2021 | 11:50 WIB
PEREKONOMIAN INDONESIA

IMF Turunkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Indonesia, Ini Respons BKF

Rabu, 28 Juli 2021 | 11:00 WIB
SURAT EDARAN MENTERI PAN-RB 16/2021

ASN Sektor Nonesensial WFH 100%, Tjahjo Terbitkan Surat Edaran

Rabu, 28 Juli 2021 | 10:30 WIB
KANWIL DJP JAKARTA KHUSUS

Ratusan Wajib Pajak Diperiksa, DJP Adakan Edukasi e-Objection

Rabu, 28 Juli 2021 | 10:17 WIB
INSENTIF PAJAK

Lewat Instagram, Sri Mulyani: Ayo Segera Manfaatkan Insentif Pajak

Rabu, 28 Juli 2021 | 10:00 WIB
AMERIKA SERIKAT

PBB Tunjuk 25 Anggota Baru UN Tax Committee, Ada Perwakilan Indonesia