INGGRIS

Harga Migas Merosot, Perusahaan Energi Minta Windfall Tax Dihentikan

Vallencia | Minggu, 02 April 2023 | 10:00 WIB
Harga Migas Merosot, Perusahaan Energi Minta Windfall Tax Dihentikan

Ilustrasi.

LONDON, DDTCNews – Asosiasi perusahaan energi meminta pemerintah Inggris untuk menghapus pengenaan windfall tax menyusul tren harga minyak dan gas (migas) yang terus merosot.

Asosiasi Perdagangan Offshore Energies UK menjelaskan harga migas di Inggris sudah mengalami penurunan. Dengan kondisi demikian, pemerintah sudah sewajarnya menghapus windfall tax atas perusahaan energi.

"Ketika harga turun, wajar jika windfall tax harus dihapuskan,” sebut asosiasi seperti dilansir bbc.com, Minggu (2/4/2023).

Baca Juga:
Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya

Sebagai informasi, windfall tax merupakan pajak yang dipungut pemerintah terhadap industri tertentu ketika kondisi ekonomi memungkinkan industri tersebut untuk mendapatkan keuntungan di atas rata-rata. Simak Apa itu Windfall Tax?.

Pada 2021, harga migas melonjak signifikan. Perusahaan energi mengalami keuntungan yang luar biasa seiring dengan kenaikan harga migas. Oleh karenanya, pemerintah memutuskan untuk mengenakan windfall tax atas perusahaan energi pada 2022.

Kini, harga migas sudah menurun jauh dari level tertingginya. Melihat kondisi tersebut, perusahaan energi meminta pemerintah untuk menghapus windfall tax.

Baca Juga:
Anggota DPR Ini Usul Insentif Pajak untuk Warga yang Adopsi Hewan Liar

Chief Executive Offshore Energies UK David Whitehouse menuturkan kebijakan windfall tax telah merusak kepercayaan investor untuk berinvestasi jangka panjang terhadap sektor energi di Inggris.

"Jika pajak [windfall tax] ini diubah, karena kondisi dan harga telah berubah, itu akan menjadi langkah positif yang akan memulai membangun kembali kepercayaan," tuturnya.

Dia menambahkan penghapusan windfall tax akan memacu perusahaan untuk berinvestasi di industri energi Inggris dan teknologi baru. Namun, di sisi lain, Departemen Keuangan bersikeras akan tetap meninjau semua kebijakan pajak terlebih dahulu.

Baca Juga:
Punya Reksadana dan Saham, Gimana Isi Harga Perolehan di SPT Tahunan?

Departemen Keuangan menyebutkan windfall tax telah menyebabkan keseimbangan antara pendanaan biaya hidup dari keuntungan berlebih. Selain itu, makin banyak investasi ke perusahaan di Inggris justru akan memperkecil penerimaan pajak.

"Semakin banyak investasi yang dilakukan perusahaan ke Inggris, semakin sedikit pajak yang akan mereka bayarkan,” jelas Departemen Keuangan. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 29 Maret 2024 | 08:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cetak Kartu NPWP Tak Perlu ke Kantor Pajak, Begini Caranya

Kamis, 28 Maret 2024 | 17:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Punya Reksadana dan Saham, Gimana Isi Harga Perolehan di SPT Tahunan?

Kamis, 28 Maret 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Cashback Jadi Objek Pajak Penghasilan? Begini Ketentuannya

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:47 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

Bansos Beras Hingga Akhir Tahun, Jokowi: Saya Usaha, Tapi Enggak Janji

Kamis, 28 Maret 2024 | 15:31 WIB PENGAWASAN PAJAK

Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:42 WIB PELAPORAN SPT TAHUNAN

Mau Pembetulan SPT Menyangkut Harta 5 Tahun Terakhir, Apakah Bisa?