THAILAND

Dihantui Resesi, Pemerintah Diminta Bantu Petani & UMKM

Nora Galuh Candra Asmarani | Selasa, 21 April 2020 | 11:55 WIB
Dihantui Resesi, Pemerintah Diminta Bantu Petani & UMKM

Seorang petani di Thailand sedang mencabut rumput di sawah.

BANGKOK, DDTCNews -- Dewan Penasihat Bisnis Thailand akan mendesak pemerintah untuk mengerahkan langkah-langkah dukungan bagi petani serta usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Dukungan ini ditujukan untuk mendorong perekonomian Thailand yang terancam menuju resesi akibat pandemi Covid-19.

Ketua Dewan Penasihat Bisnis Thosaporn Sirisumphand yang juga mengepalai Badan Perencanaan Negara mengatakan seluruh usulan langkah dukungan untuk petani dan UKM akan disampaikan kepada perdana Menteri.

"Beberapa langkah yang diusulkan tengah dikerjakan oleh lembaga terkait dan bisa segera diimplementasikan. Namun, beberapa yang lainnya perlu diskusi lebih lanjut,” ujar Sirisumphand, Senin (20/4/2020)

Baca Juga:
Otoritas Ini Mulai Pertimbangkan Kembali Program Diskon Cukai Solar

Adapun langkah dukungan yang diusulkan di antaranya pemberian uang tunai senilai ThB15.000 atau setara Rp7,2 juta untuk setiap rumah tangga petani, moratorium utang untuk 1 tahun, dan dana senilai ThB50 miliar atau setara Rp23,9 triliun untuk meningkatkan hasil pertanian

Selain itu, tingkat kontribusi jaminan sosial bagi perusahaan kecil juga akan dipangkas, biaya sebagai pengurangan pajak ditingkatkan tiga kali lipat, dan dukungan keuangan untuk PHK, serta masih ada pula usulan langkah-langkah lainnya.

Usulan-usulan tersebut diharapkan dapat menjadi stimulus untuk memperbaiki kondisi perekonomian sekaligus menjadi bantuan bagi warga yang terdampak. Terlebih pandemi Covid-19 memberi pukulan keras terhadap kondisi ekonomi di Thailand

Baca Juga:
Antisipasi Overtourism, Negara Ini Diminta Terapkan Pajak Turis

Bahkan Bank Sentral Thailand mengestimasi ekonomi akan menyusut sebesar 5,3% tahun ini. Tingkat tersebut merupakan yang terlemah sejak krisis keuangan Asia 1998 lalu. Hal ini lantaran pandemi ini diperkirakan menimbulkan kerugian negara senilai lebih dari ThB1 triliun atau setara dengan Rp479,6 triliun

Di sisi lain, pemerintah telah memperkenalkan rencana bantuan ekonomi bernilai miliaran dolar untuk meredam dampak virus ini. Raja Thailand pun juga telah menyetujui rencana bantuan ekonomi tersebut dengan nilai bantuan mencapai US$58 miliar atau setara dengan Rp903,9 triliun

Adapun seperti dilansir bangkokpost.com, Thailand telah melaporkan 2.792 kasus infeksi Covid-19 dan 47 kematian. Thailand kini juga telah memberlakukan jam malam, serta menutup mal dan melarang penerbangan untuk membatasi penyebaran penyakit ini. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Jumat, 26 April 2024 | 17:30 WIB REFORMASI PAJAK

Reformasi Pajak, Menkeu Jamin Komitmen Adopsi Standar Pajak Global

Jumat, 26 April 2024 | 17:00 WIB KAMUS PAJAK DAERAH

Apa Itu PBJT Jasa Parkir dan Retribusi Parkir?

Jumat, 26 April 2024 | 16:45 WIB KEBIJAKAN KEPABEAN

Impor Barang Kiriman? Laporkan Data dengan Benar agar Tak Kena Denda

Jumat, 26 April 2024 | 16:30 WIB PENERIMAAN PAJAK

Setoran PPN-PPnBM Kontraksi 16,1 Persen, Sri Mulyani Bilang Hati-Hati

Jumat, 26 April 2024 | 15:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Ada Usulan Tarif Pajak Kripto untuk Dipangkas, Begini Tanggapan DJP

Jumat, 26 April 2024 | 15:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Sudah Lapor SPT Tapi Tetap Terima STP, Bisa Ajukan Pembatalan Tagihan

Jumat, 26 April 2024 | 14:37 WIB PERATURAN PERPAJAKAN

Juknis Penghapusan Piutang Bea Cukai, Download Aturannya di Sini

Jumat, 26 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Indonesia Ingin Jadi Anggota OECD, DJP: Prosesnya Sudah On Track

Jumat, 26 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Korporasi Lakukan Tindak Pidana Pajak, Uang Rp 12 Miliar Disita Negara