SEWINDU DDTCNEWS
KAFEB TALK X DDTC

Dalami Pajak, Buku Baru Terbitan DDTC Ini Penting Jadi Bekal Awal

Redaksi DDTCNews
Senin, 20 Mei 2024 | 16.33 WIB
Dalami Pajak, Buku Baru Terbitan DDTC Ini Penting Jadi Bekal Awal

Founder DDTC Darussalam (kanan) menunjukkan buku baru berjudul berjudul Konsep Dasar Pajak: Berdasarkan Perspektif Internasional dalam sesi sharing session dan bedah buku pada KAFEB Talk X DDTC di UNS Tower, Senin (20/5/2024). Dosen FEB UNS Taufiq Arifin (kiri) hadir sebagai moderator.

SURAKARTA, DDTCNews – Buku baru terbitan DDTC yang berjudul Konsep Dasar Pajak: Berdasarkan Perspektif Internasional diharapkan mampu menjadi pegangan awal siapa saja, termasuk mahasiswa, yang ingin mendalami dunia pajak.

Dalam sesi sharing session dan bedah buku pada KAFEB Talk X DDTC, Founder DDTC Darussalam mengatakan untuk mempelajari area pajak yang sangat kompleks dan dinamis, diperlukan pemahaman secara konseptual. Pemahaman berdasarkan prinsip-prinsip pajak yang baik (principle of good taxation) menjadi fondasi kokoh.

“Buku ini sangat penting sebagai bekal awal bagi siapa pun yang ingin menyelami dan mengarungi dunia pajak agar tidak terombang-ambing di tengah luasnya samudra area pajak,” ujar Darussalam di UNS Tower, Senin (20/5/2024).

Buku ke-24 terbitan DDTC ini disusun berdasarkan pada teori dan praktik pajak terbaik yang berlaku di dunia internasional (international best practices). Selain itu, ada dukungan literatur dari multidisiplin ilmu, tanpa membahas kebijakan, hukum, dan administrasi pajak di Indonesia.

“Pembelajaran pajak di awal itu jangan pernah melibatkan konteks kita sekarang belajar di mana. Tidak menyentuh sistem pajak di Indonesia,” ujar Darussalam.

Adapun buku yang diluncurkan bertepatan dengan momentum hari ulang tahun (HUT) ke-17 DDTC yang jatuh pada 20 Agustus 2024 ini ditulis oleh Darussalam bersama Founder DDTC Danny Septriadi dan Tax Expert, CEO Office DDTC Atika Ritmelina Marhani.

Terdiri atas 11 bab, buku ini diawali dengan ulasan mengenai konsep definisi pajak, sejarah pajak dan pemberontakan, hukum, moral, dan pembelajaran pajak. Selanjutnya, ada ulasan tentang prinsip, fungsi, dan pengelompokan pajak.

Ulasan konsep pengenaan, perhitungan, penetapan, dan angsuran pajak juga masuk dalam buku ini. Kemudian, ada ulasan tentang konsep pajak penghasilan, aspek internasional atas pajak penghasilan, konsep pemajakan atas perseroan dan orang pribadi sebagai pemegang saham, serta konsep pajak pertambahan nilai.

Darussalam juga turut membagikan buku Konsep Dasar Pajak: Berdasarkan Perspektif Internasional kepada pihak Rektorat UNS, FEB UNS, dan KAFEB UNS. Selain buku baru, DDTC juga memberikan sejumlah buku terbitan DDTC untuk koleksi perpustakaan kampus.

Seperti diketahui, buku baru ini melengkapi 23 buku yang sudah diterbitkan DDTC sebelumnya. Berbagai publikasi tersebut menjadi wujud nyata dari komitmen berbagi pengetahuan (sharing knowledge).

“Dalam konteks hari ini [setelah penandatanganan MOA antara DDTC dan FEB UNS], kita membagikan buku ini sebagai wujud konkret komitmen awal kita,” kata Darussalam. Simak pula ‘Perkuat Kerja Sama Pendidikan Pajak, FEB UNS dan DDTC Teken MOA’. (kaw)

 

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.