PENGHARGAAN

DJP Jawa Timur I Raih Penghargaan Kantor Wilayah Terbaik 2020

Muhamad Wildan
Rabu, 18 November 2020 | 10.02 WIB
DJP Jawa Timur I Raih Penghargaan Kantor Wilayah Terbaik 2020

Ilustrasi. Gedung Kementerian Keuangan. (foto: Kemenkeu)

JAKARTA, DDTCNews – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberikan penghargaan kepada Kantor Wilayah Ditjen Pajak (DJP) Jawa Timur I sebagai Kantor Wilayah Terbaik di tingkat Kementerian Keuangan 2020.

Penghargaan kepada Kanwil DJP Jawa Timur I tersebut langsung diserahkan oleh Sri Mulyani kepada Kepala Kanwil DJP Jawa Timur I Eka Sila Kusna Jaya dalam acara Family Gathering Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Prestasi ini diperoleh atas inovasi-inovasi yang telah dibuat oleh Kantor Wilayah DJP Jawa Timur I beserta unit vertikal di bawahnya untuk memberikan solusi atas segala permasalahan yang terjadi di lapangan," tulis DJP dalam keterangan resmi, Rabu (18/11/2020).

Terdapat empat jenis inovasi yang telah diluncurkan oleh Kanwil DJP Jawa Timur I antara lain aplikasi, standarisasi layanan chat kantor pelayanan pajak (KPP) se-Surabaya, tax master class, dan pembuatan video new normal.

Aplikasi yang diluncurkan Kanwil DJP Jawa Timur I antara lain e-Pantau, Official DP3, Oobora, e-Berkas, dan Apamas. Aplikasi e-Pantau diciptakan untuk memudahkan pemantauan kinerja account representative (AR), khususnya dalam hal penerbitan surat imbauan dan tagihan.

Official DP3 dikembangkan untuk mengubah sistem administrasi pengawasan dan pelaporan data yang awalnya dijalankan secara manual menjadi terdokumentasi dengan baik melalui sistem.

Selanjutnya, Oobara memiliki fungsi untuk memudahkan pegawai pajak dalam melakukan permintaan barang seperti ATK, peminjaman kendaraan, ruang rapat, dan ruang Zoom meeting.

Sementara itu, e-Berkas dikembangkan guna merapikan penyimpanan dokumen sehingga ke depan dokumen bisa dengan mudah ditemukan bila dibutuhkan. Lalu, Apamas merupakan aplikasi informasi jadwal kegiatan kepala unit kerja yang mencegah terjadinya penjadwalan berganda.

Standarisasi layanan chat KPP juga berhasil meminimalisasi pertemuan tatap muka antara petugas pajak dan wajib pajak. Kanwil DJP Jawa Timur I telah mengerahkan 260 pegawai untuk layanan chat center dan sudah melayani 418.000 pesan hingga Oktober 2020.

Adapun tax master class adalah kegiatan rutin antarpegawai Kanwil DJP Jawa Timur I untuk berbagi pengetahuan tentang baik perpajakan maupun nonperpajakan. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.