MODUS PENIPUAN

Simak, Pengumuman dari DJP Soal Pemberitahuan Phising M-Pajak

Redaksi DDTCNews
Senin, 15 Juli 2024 | 08.38 WIB
Simak, Pengumuman dari DJP Soal Pemberitahuan Phising M-Pajak

Ilustrasi.

JAKARTA, DDTCNews - Ditjen Pajak (DJP) menyampaikan pengumuman mengenai adanya percobaan phising aplikasi M-Pajak.

Sesuai dengan PENG-22/PJ.09/2024 yang ditetapkan oleh Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat DJP Dwi Astuti pada 14 Juli 2024, adanya percobaan phising tersebut ditemukan berdasarkan operasi siber.

“Berdasarkan operasi siber yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Pajak pada tanggal 12 Juli 2024, disampaikan hal-hal sebagai berikut,” bunyi pengumuman tersebut, dikutip pada Senin (15/7/2024).

Ada 6 poin yang disampaikan DJP melalui pengumuman tersebut. Pertama, terdapat percobaan phising yang mengatasnamakan DJP pada aplikasi M-Pajak dengan alamat domain dor-go.cc.

Kedua, phising adalah penipuan untuk mendapatkan data penting orang lain yang berpotensi untuk disalahgunakan dengan mengirimkan pesan melalui email, SMS, atau saluran lainnya yang mengatasnamakan instansi resmi, seperti DJP.

Ketiga, phising tersebut mengandung tautan (link) unduh (download) aplikasi yang berbahaya karena meminta wajib pajak melakukan pembaruan (update) data peribadi.

Keempat, DJP mengimbau masyarakat atau wajib pajak untuk selalu waspada dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas dalam jaringan/daring (online), termasuk dalam melakukan aktifitas keuangan dan perpajakan.

“Hindari mengklik tautan yang berasal dari sumber yang tidak jelas,” imbuh DJP.

Kelima, domain resmi DJP adalah pajak.go.id. Keenam, apabila masyarakat atau wajib pajak menemukan hal-hal yang mencurigakan atau memiliki pertanyaan dan membutuhkan informasi lebih lanjut, kunjungi www.pajak.go.id atau hubungi Kring Pajak pada 1500200. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.