DEFISIT ANGGARAN

Sri Mulyani Pastikan Utang Dikelola dengan Hati-Hati

Redaksi DDTCNews
Jumat, 07 Juli 2017 | 09.37 WIB
Sri Mulyani Pastikan Utang Dikelola dengan Hati-Hati

JAKARTA, DDTCNews – Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati memastikan pemerintah akan mengelola utang secara hati-hati. Saat ini, rasio utang pemerintah terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) masih berada di bawah 30% dan defisit APBN pada kisaran 2,5%.

"Dan dengan defisit di kisaran 2,5% Indonesia mampu tumbuh ekonominya di atas 5%, artinya stimulus fiskal mampu menggenjot ekonomi sehingga utang tersebut menghasilkan kegiatan produktif. Indonesia tetap mengelola utang secara prudent (hati-hati)," jelasnya saat ditemui di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Rabu (5/7).

Menurutnya, saat ini Presiden Joko Widodo tengah menggelontorkan anggaran besar untuk membangun infrastruktur di Indonesia. Ini merupakan upaya pemerintahannya untuk mengejar ketinggalan pembangunan.

Sebelumnya, pembangunan ini tertunda dan tidak maksimal karena dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, Pemerintah Indonesia fokus menangani krisis ekonomi 1998 dan 2008. Selain itu, dengan tekanan pelemahan global tahun 2014, pemerintah mengambil kebijakan fiskal ekspansif sebagai stimulus untuk mendorong ekonomi serta melindungi masyarakat Indonesia.

Lebih lanjut Sri Mulyani juga menjelaskan lambatnya pembangunan memberi beban pada rakyat dan ekonomi dalam bentuk kemacetan, biaya ekonomi tinggi, dan ekonomi daerah tertinggal. Peran pemerintah sangat penting dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi negeri.

Ketimpangan antara si miskin dan si kaya membutuhkan peran pemerintah untuk meningkatkan belanja sosial, yang tujuannya untuk melindungi kelompok termiskin agar tidak makin tertinggal. Selain itu, pemerintah juga mengupayakan agar defisit tidak melebar dan utang tidak meningkat secara tidak terkendali.

"Oleh karena itu, penerimaan perpajakan terus digenjot dengan reformasi pajak agar belanja dan biaya pembangunan dapat dibiayai oleh pajak, bukan utang," tegasnya.

Dia juga menekankan Penduduk Indonesia dengan demografi muda memerlukan investasi pendidikan dan kesehatan yang besar, untuk menyiapkan mereka menjadi manusia yang produktif, kompetitif dan cerdas serta sehat. APBN akan terus ditujukan untuk dapat mencukupi belanja pendidikan dan kesehatan yang cukup besar ini, agar Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia tidak tertinggal dari bangsa lain.

“Pemerintah akan terus menjaga kebijakan fiskal dan defisit anggaran sesuai aturan perundangan dan dilakukan secara hati-hati, sehingga Indonesia dapat terus maju dan sejahtera, namun tetap terjaga resiko keuangan dan utangnya,” jelas Sri Mulyani. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.