SPANYOL

Otoritas Pajak Ini Beri Peringatan kepada Ratusan Ribu Investor Kripto

Vallencia
Minggu, 16 April 2023 | 10.00 WIB
Otoritas Pajak Ini Beri Peringatan kepada Ratusan Ribu Investor Kripto

Ilustrasi.

MADRID, DDTCNews – Otoritas pajak Spanyol menyebarkan peringatan kepada wajib pajak untuk patuh melaporkan penghasilan dari transaksi kripto.

Sebanyak 328.000 surat pemberitahuan telah dibagikan otoritas pajak kepada investor kripto. Jumlah surat itu tumbuh 40% ketimbang pada tahun sebelumnya. Kenaikan itu terjadi menyusul meningkatnya informasi yang dimiliki oleh otoritas pajak.

“Upaya untuk mendapatkan informasi terkait dengan transaksi kripto akan diperluas tahun depan seiring dengan adanya rencana untuk mewajibkan pelaporan atas pertukaran kripto,” katanya, Minggu (16/4/2023).

Upaya pemerintah dalam memerangi penghindaran pajak kripto makin mencuat sejak otoritas pajak menyatakan penegakan hukum akan diperkuat, terutama dalam mencari aset kripto yang mudah untuk disita.

Juru bicara otoritas pajak juga menjelaskan bahwa otoritas terus menggali data dan informasi investor dari entitas keuangan. Terdapat entitas keuangan yang dipersyaratkan untuk membagikan informasi kepada otoritas pajak.

Menurut CEO CoinLedger David Kemmerer, otoritas pajak kemungkinan meminta data dan informasi wajib pajak secara langsung dari bursa kripto yang beroperasi di Spanyol.

Kemmerer menuturkan pemerintah mengambil langkah tersebut karena menyadari kepatuhan pajak atas kripto relatif lebih rendah ketimbang aset lainnya. Dia menilai surat pemberitahuan dapat menjadi pendorong kepatuhan pajak atas aset tersebut.

“Pemerintah menyadari kepatuhan pajak kripto relatif rendah dalam basis pembayar pajak ketimbang kelas aset lainnya. Surat peringatan merupakan cara untuk mendorong kepatuhan pajak lebih lanjut di antara basis pajak mereka,” ujarnya seperti dilansir blockworks.co.

Sebagai informasi, wajib pajak dapat menemukan surat tersebut melalui dokumen data perpajakannya. Surat pemberitahuan itu juga akan dibekali dengan informasi umum yang bisa membantu wajib pajak dalam menjalankan kewajiban pelaporan pajak atas mata uang kripto. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.