KPP PRATAMA KENDARI

Sisir Kompleks Pertokoan, Pegawai Pajak Beri Peringatan kepada UMKM

Redaksi DDTCNews
Minggu, 04 Agustus 2024 | 10.00 WIB
Sisir Kompleks Pertokoan, Pegawai Pajak Beri Peringatan kepada UMKM

Ilustrasi.

KENDARI, DDTCNews - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Kendari melakukan kegiatan canvassing dan penyuluhan dengan menargetkan pelaku UMKM yang berada di komplek pertokoan pada 16 Juli 2024.

Kegiatan canvassing ini bertujuan untuk mengetahui realita data terkait dengan aktivitas, potensi, dan profil usaha secara holistik dari para pelaku UMKM. Adapun kantor pajak menugaskan 7 pegawai dalam kegiatan tersebut.

“Data yang dimaksud dapat berupa omzet, jenis produk, biodata usahawan, NPWP atau NIK, modal usaha, nomor telepon, mitra usaha, jumlah pegawai, daftar harta, dan status kepemilikan bangunan,” jelas KPP dikutip dari situs web DJP, Minggu (4/8/2024).

Pada saat bersamaan, pegawai pajak tersebut juga melakukan kegiatan penyuluhan secara langsung guna memberikan informasi dan peringatan kepada pelaku UMKM mengenai pemenuhan kewajiban perpajakannya.

“Lewat kegiatan ini, kami berharap memperkaya basis data, menggali potensi pajak, dan memberikan kesadaran secara penuh kepada puluhan pemilik kios di Jalan Drs. H. Abdullah Silondae sehingga lebih patuh pajak," tutur Zain selaku pegawai pajak dari KPP Pratama Kendari.

Dia menambahkan kantor pajak juga mengimbau UMKM yang belum memiliki NPWP untuk segera mendaftarkan diri secara online melalui laman www.ereg.pajak.go.id. Sementara itu, bagi UMKM yang sudah terdaftar, diimbau untuk disiplin melaksanakan kewajiban pajak.

Sementara itu, pegawai pajak lainnya dari KPP Pratama Kendari Nurlina berharap kegiatan canvassing tersebut dapat memberikan dampak positif terhadap tingkat kepatuhan pelaporan SPT Tahunan.

“Tingkat pelaporan SPT Tahunan di KPP Pratama Kendari dalam periode ini harus dimaksimalkan sehingga perlu terobosan yang ampuh. Salah satunya ialah dengan canvassing dan penyuluhan seperti yang kami lakukan saat ini,” ujarnya. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.