Fokus
Literasi
Jum'at, 12 Agustus 2022 | 15:00 WIB
TIPS PAJAK DAERAH
Rabu, 10 Agustus 2022 | 17:30 WIB
KAMUS PAJAK
Senin, 08 Agustus 2022 | 18:30 WIB
KAMUS KEPABEANAN
Jum'at, 05 Agustus 2022 | 17:27 WIB
RESUME PUTUSAN PENINJAUAN KEMBALI
Data & Alat
Rabu, 10 Agustus 2022 | 09:07 WIB
KURS PAJAK 10 AGUSTUS - 16 AGUSTUS 2022
Rabu, 03 Agustus 2022 | 09:25 WIB
KURS PAJAK 3 AGUSTUS - 9 AGUSTUS 2022
Senin, 01 Agustus 2022 | 16:00 WIB
KMK 39/2022
Rabu, 27 Juli 2022 | 09:09 WIB
KURS PAJAK 27 JULI - 2 AGUSTUS 2022
Reportase

Beda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

A+
A-
20
A+
A-
20
Beda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah

SALAH satu upaya mencapai kemandirian suatu daerah dalam pembiayaan pembangunan adalah dengan menggali potensi sumber dana. Penggalian potensi sumber dana tersebut terutama dilakukan dari dalam daearah itu sendiri, misalnya melalui pajak daerah dan retribusi daerah.

Pajak daerah dan retribusi daerah memang kerap menjadi sumber penerimaan terbesar bagi penyelenggaraan pemerintahan daerah. Meski sama-sama merupakan pungutan yang bisa menjadi sumber penerimaan, pajak daerah dan retribusi daerah memiliki karakteristik dan jenis yang berbeda.

Pajak daerah tersegmentasi menjadi pajak provinsi yang terdiri atas 5 jenis dan pajak kabupaten/kota yang terdiri atas 11 jenis pajak. Sementara itu, retribusi daerah terdiri atas 3 jenis retribusi. Lantas, apa sebenarnya apa beda pajak daerah dan retribusi daerah?

Baca Juga: Apa Itu Nomor Identitas Tempat Kegiatan Usaha?

Beda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah
BERDASARKAN Pasal 1 angka 8 UU Pajak Daerah dan Retribusi Daerah (PDRD), pajak daerah adalah kontribusi wajib kepada daerah yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan undang-undang, dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan daerah bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Berdasarkan definisi tersebut dapat diketahui terdapat ciri-ciri yang melekat pada definisi pajak daerah, antara lain dipungut berdasarkan undang-undang, tidak mendapat imbalan atau kontraprestasi secara langsung, dan digunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah bagi kemakmuran rakyat. Simak Kamus “Definisi Pajak, Pajak Pusat, dan Pajak Daerah

Sementara itu, merujuk Pasal 1 angka 64, retribusi daerah adalah pungutan daerah sebagai pembayaran atas jasa atau pemberian izin tertentu yang khusus disediakan dan/atau diberikan oleh pemerintah daerah untuk kepentingan orang pribadi atau badan. Simak Kamus “Apa Itu Retribusi

Baca Juga: Apa Itu Pajak Tangguhan?

Berbeda dengan pajak daerah, retribusi hanya dapat dikenakan apabila pemerintah daerah memberikan pelayanan langsung atau memberikan izin tertentu. Layanan dan perizinan tesebut diberikan apabila orang pribadi atau badan mengajukan permintaan jasa atau permohonan izin tertentu.

Hal ini berarti retribusi hanya dipaksakan kepada orang pribadi atau badan yang mendapatkan jasa atau perizinan tertentu dari pemerintah. Sedangkan, pajak daerah bersifat memaksa berdasarkan undang-undang. Dengan demikian, apabila terdapat wajib pajak yang tidak memenuhi kewajiban pajaknya akan terkena sanksi.

Selain itu, orang pribadi atau badan yang membayar retribusi akan mendapatkan kontraprestasi secara langsung. Kontraprestasi tersebut misalnya mendapatkan layanan jasa tertentu sesuai dengan jenis retribusi yang dibayarkan.

Baca Juga: Apa Itu Kawasan Pengembangan Ekonomi Terpadu?

Perbedaan lainnya adalah berdasarkan Pasal 161 UU PDRD, pemanfaatan dari penerimaan masing-masing jenis retribusi diutamakan untuk mendanai kegiatan yang berkaitan langsung dengan penyelenggaraan pelayanan yang bersangkutan

Contoh Perbedaan
CONTOH yang dapat menunjukan perbedaan antara pajak daerah dan retribusi daearah adalah terkait dengan pajak parkir dan retribusi parkir. Pasal 1 angka 31 UU PDRD mendefinisikan pajak parkir sebagai berikut:

“Pajak parkir adalah pajak atas penyelenggaraan tempat parkir di luar badan jalan, baik yang disediakan berkaitan dengan pokok usaha maupun yang disediakan sebagai suatu usaha, termasuk penyediaan tempat penitipan kendaraan bermotor.”

Baca Juga: Apa Itu PIBK dalam Impor Barang Kiriman?

Sementara itu, retribusi parkir intinya merupakan pungutan atas layanan parkir yang disediakan oleh pemerintah daerah. Berdasarkan UU PDRD dan pedomam umum retribusi daerah yang diterbitkan Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan (DJPK), terdapat dua jenis retribusi parkir.

Pertama, retribusi pelayanan parkir di tepi jalan umum. Retribusi ini merupakan pungutan atas penyediaan layanan parkir di tepi jalan umum yang sudah ditentukan dan disediakan oleh pemerintah daerah. Retribusi ini merupakan bagian dari jenis retribusi jasa umum.

Kedua, retribusi tempat khusus parkir. Retribusi ini pungutan atas pemakaian tempat parkir yang khusus disediakan, dimiliki dan/atau dikelola oleh daerah. Namun, tempat parkir khusus yang disediakan dan dikelola oleh BUMN, BUMD dan pihak swasta dikecualikan dari objek retribusi ini.

Baca Juga: Apa Itu Perseroan Perorangan?

Retribusi tempat khusus parkir merupakan bagian dari jenis retribusi jasa usaha. Inti perbedaan dari pajak parkir dan retribusi parkir salah satunya pajak parkir menyasar pengusaha yang menyediakan tempat parkir yang dipungut bayaran. Simak “Begini Ketentuan Pajak Parkir yang Dipungut Pemda

Sementara itu, retribusi parkir menyasar layanan parkir yang disediakan oleh pemerintah daerah baik di tepi jalan umum maupun tempat khusus parkir. Simak Kamus “Beda Pajak Parkir dan Retribusi Parkir

Simpulan
INTI yang paling mudah untuk membedakan antara pajak daerah dan retribusi daerah adalah pada kontraprestasi yang diterima. Orang pribadi atau badan yang membayar pajak daerah tidak dapat langsung menikmati imbal jasa atau kontraprestasi secara langsung.

Baca Juga: Apa Itu Kawasan Industri?

Hal ini lantaran kontraprestasi dari pembayaran pajak daerah yang sudah dihimpun akan digunakan untuk kepentingan umum secara luas. Misalnya, untuk perbaikan jalan raya dan sarana umum yang dapat dinikmati oleh masyarakat secara luas.

Sementara itu, orang pribadi atau badan yang membayar retribusi bisa langsung merasakan manfaatnya. Manfaat tersebut juga hanya dapat dinikmati oleh pembayar retribusi. Misalnya, apabila orang pribadi membayar retribusi persampahan maka akan langsung mendapat layanan pengangkutan sampah. (Bsi)

Baca Juga: Apa Itu Moral Pajak (Tax Morale)?
Topik : Beda Pajak Daerah dan Retribusi Daerah, definisi, kamus pajak

KOMENTAR

0/1000
Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

Sagita

Rabu, 23 Desember 2020 | 22:32 WIB
Pajak daerah dan retribusi daerah memang berbeda dalam pembagiannya. Tetapi sama-sama sangat berpengaruh dalam penerimaan pajak daerah. serta bermanfaat dalam membantu perekonomian masyarakat
1

ARTIKEL TERKAIT

Jum'at, 22 April 2022 | 19:00 WIB
KAMUS PAJAK

Apa Itu Penambang Kripto dan Bagaimana Kewajiban Perpajakannya?

Rabu, 20 April 2022 | 18:00 WIB
KAMUS PAJAK

Apa Itu Alternatif Penyelesaian Sengketa Pajak atau ADR?

Senin, 18 April 2022 | 18:00 WIB
KAMUS PAJAK

Apa Itu Kode Transaksi Faktur Pajak dan Bagaimana Penggunaannya?

Jum'at, 15 April 2022 | 15:00 WIB
KAMUS PAJAK

Apa Itu Jasa Agen Asuransi dan Bagaimana Perlakuan PPN-nya?

berita pilihan

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 19:00 WIB
AMERIKA SERIKAT

Ada Pajak Minimum, Beban Pajak Korporasi AS Bakal Tembus US$223 Miliar

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 18:30 WIB
KP2KP PINRANG

Tak Hanya Kumpulkan Data, Kantor Pajak Juga 'Tandai' Kedai Kekinian WP

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 18:11 WIB
ADMINISTRASI PAJAK

Semua Sistem DJP Bakal Pakai NIK Sebagai Basis Data Wajib Pajak OP

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 18:09 WIB
PROVINSI DKI JAKARTA

Peta PBB Bisa Diakses di Aplikasi 'Jakarta Satu', Ada ID Objek Pajak

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 18:00 WIB
APBN 2022

APBN Cetak Surplus Lagi, Pembiayaan Utang Turun 49,5 Persen

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 17:23 WIB
KP2KP PANGKAJENE

Belum Tuntas Lapor SPT, Pemilik Kedai Makan Didatangi Petugas Pajak

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 17:00 WIB
PAJAK DAERAH

BPKP Sebut Banyak Pemda Tak Serius Tetapkan Angka Target Pajak

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 16:30 WIB
METERAI ELEKTRONIK

Muncul Kasus e-Meterai Palsu, Peruri Ungkap Modusnya

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 15:45 WIB
DDTC ACADEMY - INTENSIVE COURSE

Pentingnya Mendalami Pemahaman Pajak Internasional, Termasuk P3B

Jum'at, 12 Agustus 2022 | 15:00 WIB
TIPS PAJAK DAERAH

Cara Blokir STNK Secara Online di Provinsi Jawa Barat