KOTA SERANG

Bapenda Dibentuk, DPRD Berharap Penerimaan Pajak Makin Optimal

Muhamad Wildan | Sabtu, 27 Maret 2021 | 09:01 WIB
Bapenda Dibentuk, DPRD Berharap Penerimaan Pajak Makin Optimal

Sejumlah pengunjung memadati area wisata ziarah di kompleks makam Sultan Hasanudin di Kasemen, Serang, Banten, Minggu (21/3/2021). Terbentuknya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang selaku organisasi perangkat daerah yang mengelola penerimaan pajak daerah diharapkan dapat menumbuhkan pendapatan asli daerah. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww)

SERANG, DDTCNews - Terbentuknya Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Serang selaku organisasi perangkat daerah (OPD) yang mengelola penerimaan pajak daerah diharapkan dapat menumbuhkan pendapatan asli daerah (PAD).

Ketua Komisi III DPRD Kota Serang TB Ridwan Achmad berharap pembentukan Bapenda Kota Serang mampu meningkatkan tren pertumbuhan PAD dari tahun ke tahun menjadi 15%.

"Kota Serang sudah resmi memiliki Bapenda [sebagai] OPD tersendiri yang urusan dari hulu sampai hilir khusus mulai dari intensifikasi PAD dan ekstensifikasi PAD mulai dari tata pemungutan PAD sampai peningkatan PAD. Itu sudah fokus di Bapenda," ujar Ridwan, dikutip Selasa (23/3/2021).

Baca Juga:
Daftar Tarif Pajak Daerah Terbaru di Solo, Pajak Hiburan Hingga 40%

Ridwan menerangkan selama ini pendapatan daerah Kota Serang cenderung tergantung oleh dana transfer seperti dana alokasi umum (DAU), dana alokasi khusus (DAK), dan dana insentif.

Akibatnya, anggaran Kota Serang cenderung tidak mandiri. "PAD kita itu hanya menyumbangkan 17% dari total biaya pembangunan, jadi rasio kemandirian kita ini kecil.

"Oleh karena itu, apabila terjadi huru hara APBN atau pusat tidak transfer ke kita satu tahun, ya otomatis mandeg kita," ujar Ridwan seperti dilansir kedaipena.com.

Baca Juga:
Pemkot Adakan Program Pemutihan PBB, Berlaku hingga 30 September

Sebagai gambaran, Ridwan mengatakan PAD bahkan tidak mampu menutup seluruh belanja pegawai yang dibutuhkan. Dari total belanja pegawai pada APBD Kota Serang Rp500 miliar, realisasi PAD hanya Rp180 miliar. Dari PAD Rp180 miliar, hanya Rp150 miliar yang merupakan pajak daerah.

Dengan terbentuknya Bapenda Kota Serang, Ridwan berpesan kepada Pemkot Serang untuk mengoptimalkan intensifikasi penerimaan pajak, salah satunya melalui penggunaan i

Melalui pemanfaatan tapping box, pajak daerah yang berbasis transaksi seperti pajak hotel dan pajak restoran dapat dioptimalkan realisasinya. Melalui tapping box, Pemkot Serang dapat mengetahui secara pasti omzet usaha dan seberapa besar pajak yang dapat diterima oleh pemda. (Bsi)


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Rabu, 27 Maret 2024 | 16:30 WIB KOTA PALANGKA RAYA

Pemkot Adakan Program Pemutihan PBB, Berlaku hingga 30 September

Selasa, 26 Maret 2024 | 12:00 WIB KOTA TASIKMALAYA

Amanat UU HKPD, Pemkot Tasikmalaya Atur Tarif Pajak Daerah Terbaru

BERITA PILIHAN
Kamis, 28 Maret 2024 | 15:31 WIB PENGAWASAN PAJAK

Data Konkret akan Daluwarsa, WP Berpotensi Di-SP2DK atau Diperiksa

Kamis, 28 Maret 2024 | 14:42 WIB PELAPORAN SPT TAHUNAN

Mau Pembetulan SPT Menyangkut Harta 5 Tahun Terakhir, Apakah Bisa?

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Jatuh pada Hari Libur, Batas Waktu Pelaporan SPT Tahunan Tidak Diundur

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:17 WIB PENERIMAAN NEGARA BUKAN PAJAK

Optimalisasi Dua PP Perpajakan Migas Jadi Cara untuk Genjot PNBP Migas

Kamis, 28 Maret 2024 | 13:15 WIB KEBIJAKAN PEMERINTAH

RUU Daerah Khusus Jakarta Disetujui DPR, Hanya PKS yang Menolak