SEJARAH PAJAK

Peran Penting Pajak dalam Sejarah Manusia

Redaksi DDTCNews | Selasa, 07 Februari 2017 | 15:54 WIB
 Peran Penting Pajak dalam Sejarah Manusia

“We have to know the past to understand the present.”

BEGITULAH ungkapan dari Dr. Carl Sagan, astronom ternama dari Amerika Serikat. Kalimat yang mengandung makna bahwa untuk mengerti suatu kejadian di masa kini kita harus tahu dan mengerti awal mula dari kejadian tersebut. Sama halnya untuk memahami masalah pajak di masa kini, kita juga harus mengerti sejarah pajak dari masa ke masa terlebih dahulu.

Buku yang berjudul Taxes through the Ages: A Pictorial History & Tax Tales: From the Second Millennium ini ditulis oleh seseorang yang memiliki banyak pengalaman di bidang perpajakan yakni Ferdinand H.M. Grapperhaus. Grapperhaus memiliki karir profesional yang sangat impresif sehingga menjadikannya sebagai sosok sejarawan pajak terkemuka.

Baca Juga:
Merunut Sejarah Perpajakan Tanah Air Sejak Orde Baru hingga Reformasi

Membicarakan sejarah pajak seperti membicarakan suatu maha karya, ilmu pengetahuan dan seni yang melebur menjadi satu. Publikasi buku mengenai pajak sendiri sangat melimpah, namun sampai saat ini masih buku yang membahas tentang sejarah pajak masih relatif sedikit.

Buku ini merupakan buku yang unik dan sangat jarang buku sejenis ini beredar di pasaran. Bab-bab yang terdapat dalam buku ini menjelaskan secara urut dan detail tentang perpajakan dari masa ke masa, contohnya pada bab kedua yang menjelaskan bahwa embrio dari sistem perpajakan sudah muncul beribu-ribu tahun yang lalu, walau masih dalam bentuk yang sangat sederhana. Dalam buku ini juga dijelaskan tentang tata cara penulisan, pencatatan harta dan pendataan penduduk di zaman dahulu kala.

An individual sacrifice for collective goal. Ini merupakan konsep yang paling sederhana dari perpajakan. Ini berarti bahwa pajak adalah pengorbanan yang dilakukan oleh individu untuk mencapai tujuan bersama. Di dalam buku ini juga dijelaskan bahwa pajak merupakan salah satu fenomena tertua yang muncul dalam masyarakat. Oleh karena itu pajak memiliki peranan yang sangat penting dalam sejarah manusia.

Baca Juga:
Dampak Digitalisasi terhadap Urusan Pajak Perusahaan dan Otoritas

Buku ini dapat memberi kita gambaran yang lebih jelas dan murni mengenai asal-usul perpajakan dimulai dari terlahirnya pajak pada masa lampau hingga berkembang menjadi suatu sistem seperti yang kita kenal saat ini.

Melalui buku ini, Grapperhaus menyajikan cerita mengenai sejarah pajak dengan cara yang sederhana, mudah dimengerti dan dapat menunjukkan bagaimana tax events dapat memiliki dampak yang signifikan terhadap aliran sejarah.

Buku ini sangat menarik dibaca oleh siapa pun yang memiliki ketertarikan terhadap sejarah perpajakan. Tertarik membaca buku ini? Silakan kunjungi DDTC Library.


Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Selasa, 20 Februari 2024 | 19:00 WIB RESENSI BUKU

Dampak Digitalisasi terhadap Urusan Pajak Perusahaan dan Otoritas

Kamis, 21 September 2023 | 08:00 WIB LITERASI PAJAK

Nilai-Nilai Utama Peradilan Pajak dan Perannya di Indonesia

Jumat, 28 Juli 2023 | 08:30 WIB LITERASI PAJAK

Sudah Wajarkah Transaksi Pinjam-Meminjam di Grup Perusahaan Anda?

BERITA PILIHAN