FINLANDIA

Waduh! Otoritas Ini Tuding Content Creator Kerap Tak Jujur Lapor Pajak

Redaksi DDTCNews | Sabtu, 29 April 2023 | 09:00 WIB
Waduh! Otoritas Ini Tuding Content Creator Kerap Tak Jujur Lapor Pajak

Ilustrasi.

HELSINKI, DDTCNews – Otoritas pajak Finlandia, Vero Skatt, menyebut pembuat konten atau content creator kerap kali tidak melaporkan penghasilannya sesuai dengan keadaan yang sebenarnya (underreport). Padahal, mereka diyakini meraup keuntungan yang cukup banyak dari media sosial seperti Youtube dan platform medsos lainnya.

Pejabat dari otoritas pajak Finlandia, Kari Torssonen, mengatakan pihaknya akan melakukan pengawasan terhadap surat pemberitahuan pajak penghasilan (PPh) wajib pajak orang pribadi yang berprofesi sebagai content creator.

“Berdasarkan data yang kami miliki, sebesar 70% content creator yang menerima penghasilan melalui platform pada 2021 tidak mendeklarasikan penghasilan yang diterimanya. Karenanya kami tingkatkan pengawasan pada platform,” sebut Torssonen seperti dikutip dari Tax Notes International, dikutip pada Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga:
Rawan Disalahgunakan Turis, Jepang Pakai Sistem Cashless Tax Refund

Torssonen juga menambahkan bahwa content creator tersebut sama sekali tidak membayar PPh atas objek pajak berupa penghasilan yang didapat dari platform tersebut. “Kira-kira tidak ada pajak yang dibayar dari penghasilan yang didapatkan,” tambahnya.

Berdasarkan laporan yang dirilis, Vero Skatt bakal melakukan pengawasan terhadap sumber penghasilan para content creator tersebut. Sumber penghasilan tersebut termasuk produk gratis yang diberikan oleh pihak sponsor ke para content creator tersebut.

Lebih lanjut, berdasarkan laporan tersebut apabila produk gratis yang diberikan perusahaan ke content creator atau yang biasa dikenal dengan nama endorsement diberikan untuk tujuan promosi (dipromosikan di dalam video yang dibuat content creator) maka akan terutang pajak.

Baca Juga:
Antisipasi Overtourism, Negara Ini Diminta Terapkan Pajak Turis

Untuk diketahui, otoritas pajak di beberapa negara juga sedang menggencarkan pengawasan pajak terhadap influencer sosial media. Mesir dan Filipina misalnya, muali menggencarkan pemeriksaan pajak terhadap influencer karena diyakini melakukan underreporting penghasilan untuk keperluan perpajakan.

China juga melakukan hal yang sama. Pada 2022, otoritas pajak China memberikan sanksi administrasi kepada influencer Xu Guohau atau yang biasa dikenal dengan nama panggung Huang Wei senilai US$210 juta. Hal ini karena Xu tidak mengungkapkan penghasilan pribadinya secara benar dan melaporkan penghasilan fiktif yang berasal dari usahanya. (Sabian Hansel/sap)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Kamis, 25 April 2024 | 14:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

DJBC Bagikan Tip Terhindar Sanksi Saat Belanja Online dari Luar Negeri

Kamis, 25 April 2024 | 14:17 WIB KABUPATEN JOMBANG

Objek PBB-P2 Didata Ulang, Pemkab Hitung Pajak Terutang yang Akurat

Kamis, 25 April 2024 | 14:00 WIB KANWIL DJP JAKARTA SELATAN II

Kanwil DJP Jakarta Selatan II Resmikan Tax Center STIH IBLAM

Kamis, 25 April 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

PTKP Karyawati Kawin Bisa Ditambah jika Suami Tak Punya Penghasilan

Kamis, 25 April 2024 | 13:00 WIB KEANGGOTAAN OECD

OECD Rilis Roadmap Aksesi, Ada 8 Prinsip Pajak yang Perlu Diadopsi RI

Kamis, 25 April 2024 | 12:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Badan Pakai Stempel Perusahaan yang Berbeda, SPT Tahunan Tetap Sah?

Kamis, 25 April 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN MONETER

Parkir DHE SDA di Dalam Negeri, Kepatuhan Eksportir sudah 93-95 Persen

Kamis, 25 April 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK DAERAH

Ketentuan Pajak Daerah Terbaru di Kota Depok beserta Tarifnya