KPP PRATAMA BANDUNG CIBEUNYING

Uji Kepatuhan, Petugas Pajak Kunjungi BUMD Milik Pemprov Jabar

Redaksi DDTCNews | Selasa, 19 September 2023 | 16:00 WIB
Uji Kepatuhan, Petugas Pajak Kunjungi BUMD Milik Pemprov Jabar

Ilustrasi.

BANDUNG, DDTCNews - Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cibeunying menggelar kunjungan kerja ke lokasi usaha PT Bandar Udara Internasional Jawa Barat (PT BIJB) di Kertajati, Kabupaten Majalengka pada 7 September 2023.

Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying Hasti Garini menjelaskan kunjungan tersebut merupakan salah satu prosedur yang dilakukan kantor pajak untuk menguji kepatuhan wajib pajak, sekaligus mengetahui kondisi dan proses bisnisnya secara langsung

“Karena Indonesia menganut sistem perpajakan self assessment, DJP berhak melakukan pemeriksaan (audit) untuk menguji pemenuhan kepatuhan pelaksanaan kewajiban perpajakan tersebut,” katanya dikutip dari situs web DJP, Selasa (19/9/2023).

Baca Juga:
Presiden Filipina Minta RUU soal Insentif Pajak Segera Disahkan

Pemeriksaan pajak ialah serangkaian kegiatan menghimpun dan mengolah data, keterangan, dan/atau bukti yang dilaksanakan secara objektif dan profesional berdasarkan suatu standar pemeriksaan guna menguji kepatuhan atau tujuan lain dalam pelaksanaan ketentuan perpajakan.

Dalam kegiatan itu, petugas pajak melakukan verifikasi data dan informasi yang diperlukan terkait dengan kegiatan pemeriksaan yang sedang dilakukan.

“Dalam kunjungan ini, kami ingin mengenali wajib pajak lebih dalam, sekaligus memastikan secara riil kondisi wajib pajak,” tutur Hasti.

Baca Juga:
DJP: Pengembalian Pembayaran Pajak Hingga Maret 2024 Rp83,51 triliun

Dalam kunjungan kerja tersebut, petugas pajak bertemu Direktur Utama PT BIJB Muhamad Singgih beserta staf keuangan guna membahas tindak lanjut proses pemeriksaan.

“Kami bertekad untuk mematuhi segala peraturan, baik itu peraturan pajak, maupun peraturan lainnya. Beberapa waktu lalu, kami telah datang ke KPP Pratama [Bandung] Cibeunying memenuhi undangan tim pemeriksa,” ujar Singgih.

Singgih menjelaskan PT BIJB saat ini terus berupaya dalam menjaga keberlanjutan usaha dan prospek bandara terbesar di Jawa Barat itu pada masa mendatang. Dia mengakui BIJB belum berkontribusi maksimal kepada negara lantaran belum beroperasi secara penuh.

“Meski demikian, kami optimistis kondisi BIJB akan lebih baik paska pemindahan jalur penerbangan komersil dari Husein Sastranegara (Bandung) ke BIJB Kertajati mulai 29 Oktober 2023 mendatang,” katanya. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Kamis, 02 Mei 2024 | 09:00 WIB BERITA PAJAK HARI INI

DJP: Pengembalian Pembayaran Pajak Hingga Maret 2024 Rp83,51 triliun

Rabu, 01 Mei 2024 | 15:45 WIB DDTC - SMA 8 YOGYAKARTA

Peringati Hardiknas, SMAN 8 Yogyakarta Gelar Webinar Gratis!

Rabu, 01 Mei 2024 | 13:00 WIB KELAS PPH PASAL 21 (4)

Memahami Pengurang Penghasilan dalam PPh Pasal 21

Rabu, 01 Mei 2024 | 12:00 WIB KOTA BANJARBARU

Pemkot Patok Tarif 40% Pajak Jasa Hiburan Karaoke dan Spa

Rabu, 01 Mei 2024 | 11:30 WIB PAJAK PENGHASILAN

Begini Cara Hitung Angsuran PPh Pasal 25 BUMN dan BUMD