MEKSIKO

Tarik Nearshoring, Meksiko Bakal Perluas Insentif Pajak

Muhamad Wildan | Selasa, 21 November 2023 | 18:15 WIB
Tarik Nearshoring, Meksiko Bakal Perluas Insentif Pajak

Ilustrasi.

MEXICO CITY, DDTCNews - Meksiko memperluas cakupan insentif pajak guna menarik investasi dari perusahaan-perusahaan multinasional asal Amerika Serikat (AS) yang memutuskan untuk melakukan nearshoring.

Menurut Menteri Perekonomian Meksiko Raquel Buenrostro, cakupan dari insentif ini akan diperluas dalam rangka memperkuat kapasitas produksi nasional.

"Ke depan, kami juga akan memberikan insentif untuk investasi baru dan tidak akan membatasi hanya pada sektor yang berorientasi ekspor," ujar Buenrostro, dikutip Selasa (21/11/2023).

Baca Juga:
Inflasi Bikin Beban PPh Pegawai di Negara-Negara OECD Meningkat

Bila AS memandang keputusan ini bersifat diskriminatif, Buenrostro mengatakan Meksiko terbuka untuk merevisi insentif tersebut guna menghindari konflik yang tidak diperlukan.

"Modifikasi insentif bertujuan untuk memperluas cakupan sektor tercakup dalam rangka mendorong investasi. Tidak hanya untuk industri berorientasi ekspor, tetapi juga untuk memperkuat produksi nasional," ujar Buenrostro seperti dilansir nasdaq.com.

Nearshoring sendiri adalah tren pemindahan kegiatan produksi dari yurisdiksi tertentu ke yurisdiksi yang dekat dengan Amerika Serikat (AS), termasuk Meksiko. Strategi nearshoring diambil oleh perusahaan AS dalam rangka mendekatkan kegiatan produksi dengan yurisdiksi pasar, yakni AS.

Baca Juga:
UU Kemudahan Bayar Pajak Berlaku, Pemerintah Ini Ingin Kepatuhan Naik

Guna menarik nearshoring, Presiden Meksiko Andrés Manuel López Obrador pada Oktober 2023 telah mengumumkan pemberian fasilitas depresiasi dipercepat untuk 10 sektor manufaktur yang berorientasi ekspor.

Insentif dapat dimanfaatkan oleh perusahaan bila setidaknya 50% dari pendapatan perusahaan pada tahun pajak 2023 dan 2024 berasal dari kegiatan ekspor.

Pemerintah Meksiko berpandangan momentum nearshoring perlu dimaksimalkan guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Berkat nearshoring, pemerintah Meksiko memperkirakan pertumbuhan ekonomi Meksiko bisa naik 1,2 poin persentase. Adapun pertumbuhan ekonomi Meksiko pada tahun ini diperkirakan akan mencapai 3,5%. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Selasa, 30 April 2024 | 17:44 WIB KERJA SAMA PERPAJAKAN

Tingkatkan Kepatuhan Wajib Pajak, DJP Teken Kerja Sama dengan TNI

Selasa, 30 April 2024 | 17:00 WIB PAJAK PENGHASILAN

Kapan Sisa Lebih Badan atau Lembaga Nirlaba Pendidikan Jadi Objek PPh?

Selasa, 30 April 2024 | 16:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN

Pekerja Migran Perlu Pahami Aturan Barang Kiriman Agar Bebas Bea Masuk

Selasa, 30 April 2024 | 15:55 WIB KANWIL DJP JAKARTA BARAT

DJP Jakbar: Penerimaan Pajak Konstruksi dan Real Estat Tumbuh 25,5%

Selasa, 30 April 2024 | 15:47 WIB PERMENDAG 7/2024

Pemerintah Resmi Hapus Batasan Barang Bawaan dari Luar Negeri

Selasa, 30 April 2024 | 15:30 WIB PENERIMAAN CUKAI

Setoran Cukai Minuman Alkohol Tumbuh 6,58 Persen pada Kuartal I/2024

Selasa, 30 April 2024 | 15:09 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Gagal Submit SPT-Y? DJP Tawarkan Cara Ini