AMERIKA SERIKAT

Pewaris Bisnis Walt Disney Minta Dikenai Pajak Lebih Tinggi

Redaksi DDTCNews | Selasa, 14 Juli 2020 | 14:18 WIB
Pewaris Bisnis Walt Disney Minta Dikenai Pajak Lebih Tinggi

Pewaris bisnis Walt Disney, Abigail Disney. Abigail bersama 82 miliuner lainnya meminta pemerintah memungut pajak lebih besar bagi orang-orang kaya. (Foto: Frederick M.Brown/Getty Images

CALIFORNIA, DDTCNews—Sejumlah orang-orang kaya di dunia yang tergabung dalam kelompok 83 mendesak pemerintah untuk meningkatkan pungutan pajak bagi kelompok paling sejahtera dalam struktur masyarakat.

Desakan itu dituangkan melalui sepucuk surat terbuka yang berisikan seruan perubahan kebijakan pajak permanen bagi orang kaya. Menurut mereka, pungutan pajak kekayaan merupakan kebijakan strategis untuk membantu pemerintah mengatasi dampak pandemi Covid-19.

"Ketika Covid-19 menyerang dunia, kita memiliki peran yang sangat penting dalam memulihkan dunia," tulis surat terbuka para miliuner dikutip Selasa (14/7/2020).

Baca Juga:
Rasio Audit WP Berkulit Hitam 4 Kali Lebih Besar, IRS Lakukan Ini

Pewaris bisnis Walt Disney, Abigail Disney dan Jerry Greenfield selaku pendiri manufaktur makanan asal AS menjadi salah satu miliuner yang menandatangani surat terbuka untuk mendukung kenaikan pajak untuk orang kaya tersebut.

Surat tersebut juga diteken oleh orang-orang kaya di belahan negara lainnya, seperti sutradara film asal Inggris Richard Curtis, dan pendiri ritel raksasa Warehouse Group asal Selandia Baru, Sir Stephen Tindall.

Kelompok orang 'tajir' menyatakan mereka tidak mampu untuk merawat orang sakit atau mengendarai mobil Ambulance untuk membawa orang ke rumah sakit. Namun, pundi-pundi uang yang dimiliki akan berguna untuk pemulihan sosial dan ekonomi.

Baca Juga:
Bentuk UN Tax Convention, G-7 Ungkap Pentingnya Konsensus dalam Pajak

Mereka mengingatkan dampak pandemi terhadap ekonomi akan terasa setidaknya hingga satu dekade ke depan. Hal ini dapat mendorong lebih dari 500 juta penduduk di seluruh dunia kembali terjerembab ke dalam kemiskinan.

"Kenaikan pajak kepada orang kaya dan transparansi pajak internasional merupakan hal penting sebagai solusi jangka panjang. Pemerintah bertanggung jawab dalam mengumpulkan dana tersebut dan membelanjakannya secara adil," terang surat para miliuner.

Dilansir dari BBC News, surat para jutawan dikoordinasikan oleh banyak lembaga seperti Oxfam, Patriotic Millionaires, Human Act, Tax Justice UK, Club of Rome, Resource Justice, dan Bridging Ventures.

Rilis surat terbuka ini juga dimaksudkan sebagai pesan kepada para pemimpin dunia, yakni menjelang pertemuan menteri keuangan dan gubernur bank sentral negara G20 pada akhir pekan ini. (rig)

Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Sabtu, 04 Mei 2024 | 14:15 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Sekarang Ada Komite Aset Kripto, Apa Tugasnya?

Sabtu, 04 Mei 2024 | 13:30 WIB KEBIJAKAN KEPABEANAN DAN CUKAI

Bea Cukai Copot Pegawai Gara-Gara Terlibat Pelanggaran Ini

Sabtu, 04 Mei 2024 | 13:00 WIB KOTA PONTIANAK

Pemkot Kerahkan Ketua RT untuk Percepat Distribusi SPPT PBB

Sabtu, 04 Mei 2024 | 12:01 WIB DDTC - SMA 8 YOGYAKARTA

Founder DDTC Darussalam Berbagi Kisah Inspiratif tentang Profesi Pajak

Sabtu, 04 Mei 2024 | 12:00 WIB SELEKSI CPNS

Instansi Tak Selesaikan Perincian Formasi, Tes CPNS Terlambat

Sabtu, 04 Mei 2024 | 11:30 WIB IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

ASN Pindah ke IKN, Pemerintah Siapkan 4 Opsi Tunjangan Pionir

Sabtu, 04 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Hal yang Wajib Dilakukan WP ketika Diperiksa

Sabtu, 04 Mei 2024 | 09:30 WIB KEBIJAKAN PERDAGANGAN

Batasan Jenis dan Jumlah Barang Kiriman PMI Dihapus, Begini Kata BP2MI