INDONESIA NATIONAL SINGLE WINDOW

Pengumuman! Beberapa Aplikasi INSW Tak Bisa Diakses Malam Ini

Dian Kurniati | Sabtu, 29 Juli 2023 | 07:30 WIB
Pengumuman! Beberapa Aplikasi INSW Tak Bisa Diakses Malam Ini

Pengumuman tentang downtime layanan INSW.

JAKARTA, DDTCNews - Lembaga National Single Window (LNSW) mengumumkan sejumlah aplikasi pada sistem Indonesia National Single Window (INSW) dapat diakses sementara waktu oleh masyarakat pada akhir pekan ini.

LNSW menyatakan sejumlah aplikasi tidak dapat diakses untuk sementara pada Sabtu (29/7/2023) pukul 21.00 WIB sampai dengan Minggu (30/7/2023) pukul 12.00 WIB. Waktu henti (downtime) tersebut dilakukan sejalan dengan proses migrasi infrastruktur.

"Sebagai salah satu upaya untuk menjaga ketersediaan dan keberlangsungan sistem INSW dalam hal ini adalah aplikasi internasional agar tetap dapat memberikan layanan optimal kepada stakeholder terkait, akan dilakukan kegiatan migrasi infrastruktur," bunyi pengumuman yang diunggah akun Instagram @officialinsw, dikutip pada Sabtu (29/7/2023).

Baca Juga:
Lapor SPT Badan Tapi BPE Tidak Muncul, Konfirmasi Bisa via Kring Pajak

LNSW menjelaskan kegiatan migrasi infrastruktur akan berdampak pada terjadinya downtime untuk sementara waktu. Masyarakat pun dapat mengantisipasi downtime tersebut pada rentang waktu yang sudah ditetapkan.

Sistem INSW merupakan sistem elektronik yang mengintegrasikan sistem dan/atau informasi berkaitan dengan proses penanganan dokumen kepabeanan, dokumen kekarantinaan, dokumen perizinan, dokumen kepelabuhanan/kebandarudaraan, dan dokumen lain, yang terkait dengan ekspor dan/atau impor, yang menjamin keamanan data dan informasi serta memadukan alur dan proses informasi antar sistem internal secara otomatis.

Pada unggahan juga diperinci aplikasi yang terdampak oleh kegiatan migrasi infrastruktur ini. Pada negara partner Asean, aplikasi yang terdampak yakni e-Form D, ACDD Asean, e-Phyto Asean.

Baca Juga:
Pemerintah Antisipasi Dampak Konflik Timur Tengah Terhadap Industri

Kemudian pada negara partner China, aplikasi e-Form E bakal mengalami downtime sementara. Setelahnya pada negara partner Korea Selatan, aplikasi yang terimbas downtime meliputi e-Form IK dan e-Form AK.

Adapun untuk Jepang dan Australia, aplikasi yang terdampak masing-masing yakni e-Form JP dan TRQ Certificate.

Masyarakat yang memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai downtime aplikasi tersebut juga dapat menghubungi LNSW melalui live chat pada www.insw.go.id, email [email protected], atau call center 150-679. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
Senin, 29 April 2024 | 16:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Lapor SPT Badan Tapi BPE Tidak Muncul, Konfirmasi Bisa via Kring Pajak

Kamis, 18 April 2024 | 14:00 WIB KEBIJAKAN PERINDUSTRIAN

Pemerintah Antisipasi Dampak Konflik Timur Tengah Terhadap Industri

Rabu, 17 April 2024 | 13:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Lebih Mudah, DJP Sarankan WP Lapor SPT Tahunan PPh Badan Pakai e-Form

Rabu, 17 April 2024 | 13:00 WIB ADMINISTRASI PAJAK

WP Mengaku Masih Bisa Pakai e-SPT Padahal Sudah Tutup, DJP Ungkap Ini

BERITA PILIHAN