IBU KOTA NUSANTARA (IKN)

Jokowi Bentuk Satgas Percepatan Investasi di IKN, Luhut Jadi Ketua

Dian Kurniati | Kamis, 15 Juni 2023 | 08:55 WIB
Jokowi Bentuk Satgas Percepatan Investasi di IKN, Luhut Jadi Ketua

Laman depan dokumen Keppres 14/2023. 

JAKARTA, DDTCNews - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi membentuk Satgas Percepatan Perolehan Tanah dan Investasi di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pembentukan satgas tersebut telah tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) 14/2023. Melalui satgas ini, diharapkan perolehan tanah dan investasi di IKN dapat lebih cepat direalisasikan.

"Dalam rangka percepatan perolehan tanah dan investasi di IKN, dibentuk Satgas Percepatan Perolehan Tanah dan Investasi di IKN," bunyi Pasal 1 Keppres 14/2023, dikutip pada Kamis (15/6/2023).

Baca Juga:
Warga Filipina Ingin Sepeda Motor Listrik Dapat Keringanan Pajak

Satgas berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada presiden. Satgas ini terdiri atas ketua dan 17 anggota.

Pada Keppres disebutkan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Panjaitan telah ditunjuk sebagai ketua satgas. Sementara untuk posisi anggota, diisi sejumlah menteri dan kepala lembaga di antaranya Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, serta Kepala Otorita IKN Bambang Susantono.

Satgas memiliki 5 tugas yang harus dilaksanakan. Pertama, melakukan inventarisasi dan identifikasi permasalahan, data, serta dokumen yang diperlukan dalam rangka percepatan perolehan tanah dan investasi di IKN.

Baca Juga:
Pembetulan Laporan Realisasi Investasi Dividen Paling Lambat Kapan?

Kedua, menentukan langkah-langkah strategis dan terobosan yang diperlukan untuk percepatan perolehan tanah dan investasi di IKN. Ketiga, menetapkan langkah-langkah percepatan perolehan tanah dan investasi di IKN.

Keempat, meningkatkan sinergi pengambilan kebijakan antarkementerian/lembaga dalam percepatan perolehan tanah dan investasi di IKN. Kelima, memfasilitasi kemudahan berusaha di IKN.

Dalam pelaksanaan tugas, satgas akan membentuk kelompok kerja yang struktur, tugas, dan keanggotaannya ditetapkan oleh ketua satgas. Dalam pelaksanaan tugas, satgas juga dibantu oleh sekretariat yang berkedudukan di Kemenko Marves.

Baca Juga:
Jokowi Bandingkan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia dengan Negara Lain

Sekretariat ini mempunyai tugas memberikan bantuan teknis dan administrasi. Susunan keanggotaan sekretariat ditetapkan oleh ketua satgas.

Dalam pelaksanaan tugas, satgas pun dapat mengikutsertakan kementerian/lembaga, pakar, akademisi, dan/atau pihak lain yang dianggap perlu. Satgas nantinya akan melaporkan perkembangan pelaksanaan tugas kepada presiden melalui ketua satgas setiap 1 kali dalam 1 bulan atau sewaktu-waktu jika diperlukan.

Satgas bertugas sejak Keppres 14/2023 ditetapkan pada 13 Juni 2023 sampai dengan 31 Desember 2023.

Baca Juga:
Moeldoko: Insentif Mobil Hybrid Bisa Hambat Industri Mobil Listrik

"Segala biaya yang diperlukan dalam pelaksanaan tugas satgas dibebankan pada APBN masing-masing kementerian/lembaga dan/atau sumber lain yang sah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," bunyi Pasal 11 Keppres 14/2023.

Saat ini, pemerintah terus berupaya menarik lebih banyak investasi di IKN. Melalui PP 12/2023, pemerintah telah mengatur berbagai fasilitas perpajakan yang akan diberikan kepada investor IKN.

Fasilitas PPh yang ditawarkan di antaranya tax holiday bagi wajib pajak yang melakukan investasi di IKN, serta tax holiday atas penghasilan dari kegiatan sektor keuangan di financial center IKN. (sap)


Editor :

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.

KOMENTAR
0
/1000

Pastikan anda login dalam platform dan berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE.

ARTIKEL TERKAIT
BERITA PILIHAN
Kamis, 09 Mei 2024 | 16:30 WIB KABUPATEN BANYUMAS

Tarif Pajak Barang dan Jasa Tertentu Ditetapkan Paling Tinggi 40%

Kamis, 09 Mei 2024 | 15:30 WIB KONSULTASI PAJAK

Angsuran PPh Pasal 25 bagi WP Masuk Bursa, Bagaimana Ketentuannya?

Kamis, 09 Mei 2024 | 14:30 WIB BEA CUKAI BOJONEGORO

Bea Cukai Musnahkan Jutaan Rokok dan Ribuan Liter Miras Ilegal

Kamis, 09 Mei 2024 | 13:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Pusat Bayar Gaji Karyawan Cabang, Siapa yang Potong PPh Pasal 21-nya?

Kamis, 09 Mei 2024 | 11:30 WIB KEBIJAKAN PAJAK

Penerbitan SP2DK Tak Boleh Ganggu Usaha Wajib Pajak

Kamis, 09 Mei 2024 | 11:00 WIB INFOGRAFIS PAJAK

Batas Waktu Pembayaran dan Pelaporan SPT Masa Pajak Penghasilan

Kamis, 09 Mei 2024 | 10:30 WIB ADMINISTRASI PAJAK

Resign di Tengah Tahun dan Sudah Lapor SPT, Tetap Minta Bukti Potong?

Kamis, 09 Mei 2024 | 10:00 WIB KEBIJAKAN MONETER

Stabilisasi Nilai Tukar, Cadangan Devisa Turun 4,2 Miliar Dolar AS