KEBIJAKAN MONETER

Cadangan Devisa Akhir Juli 2020 Kembali Meningkat

Redaksi DDTCNews
Jumat, 07 Agustus 2020 | 15.00 WIB
Cadangan Devisa Akhir Juli 2020 Kembali Meningkat

Ilustrasi Kantor Bank Indonesia. (ANTARA FOTO)

JAKARTA, DDTCNews – Cadangan devisa pada akhir Juli 2020 tercatat mengalami kenaikan dibandingkan dengan posisi pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Onny Widjanarko memaparkan posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Juli 2020 tercatat senilai US$135,1 miliar. Angka ini meningkat dibandingkan dengan posisi akhir Juni 2020 senilai US$131,7 miliar.

“Peningkatan cadangan devisa pada Juli 2020 antara lain dipengaruhi oleh penerbitan global bond dan penarikan pinjaman pemerintah,” ujarnya dalam keterangan resmi, Jumat (7/8/2020).

Posisi cadangan devisa tersebut setara dengan pembiayaan 9,0 bulan impor atau 8,6 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. Nilai tersebut, sambungnya, masih berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor.

Otoritas moneter, sambung Onny, menilai cadangan devisa pada akhir bulan lalu masih mampu untuk mendukung ketahanan sektor eksternal. Cadangan devisa tersebut juga masih cukup kuat untuk menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.

“Ke depan, BI memandang cadangan devisa tetap memadai, didukung oleh stabilitas dan prospek ekonomi yang terjaga, seiring dengan berbagai respons kebijakan dalam mendorong pemulihan ekonomi,” imbuhnya.

Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada Juli 2020 memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuannya, BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR), sebesar 25 basis poin (bps) menjadi sebesar 4%. BI juga menurunkan 25 basis poin suku bunga deposit facility menjadi 3,25% dan suku bunga lending facility menjadi 4,75%.

Keputusan ini dinilai konsisten dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah serta stabilitas eksternal yang terjaga. Pelonggaran kebijakan moneter ini juga dinayatakan sebagai langkah lanjutan untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. (kaw)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.