STIAMI

Seminar Nasional Soal Coretax System di STIAMI, Begini Pesan Pokoknya

Muhamad Wildan
Selasa, 23 Juli 2024 | 10.27 WIB
Seminar Nasional Soal Coretax System di STIAMI, Begini Pesan Pokoknya

Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Institut STIAMI Dwi Agustina (tengah, ketujuh dari kiri);  Penyuluh Pajak Ahli Madya DJP Yudha Wijaya (keenam dari kiri); Manager of DDTC Fiscal Research & Advisory Denny Visaro (ketiga dari kiri); dan jajaran pimpinan STIAMI.

JAKARTA, DDTCNews - Himpunan Mahasiswa Jurusan Publik Institut STIAMI menggelar seminar nasional bertajuk Transformasi Digital Perpajakan: Mengoptimalkan Pembaruan Sistem Inti Administrasi Perpajakan (PSIAP) untuk Kepatuhan Pajak yang Efektif.

Melalui sambutannya, Dekan Fakultas Ilmu Administrasi Institut STIAMI Dwi Agustina mengatakan seminar ini digelar dalam rangka menyambut Hari Pajak yang jatuh pada 14 Juli 2024.

"Hari pajak merupakan momen bagi kita semua untuk merefleksikan pentingnya pajak dalam pembangunan. Bagaimanapun pajak adalah salah satu tulang punggung perekonomian bangsa yang menopang berbagai macam program pemerintah," ujar Dwi, Selasa (23/7/2024).

Adapun tema terkait dengam coretax administration system atau PSIAP diusung mengingat transformasi digital adalah suatu keniscayaan dan turut berimplikasi terhadap sistem perpajakan.

"Dengan adanya perubahan sistem administrasi perpajakan ini, kita harapkan terjadi peningkatan efisiensi dan efektivitas dalam sistem perpajakan kita. Sistem yang lebih modern ini tidak hanya mempermudah administrasi pajak, tetapi juga meningkatkan kepatuhan wajib pajak," kata Dwi.

Adapun Penyuluh Pajak Ahli Madya DJP Yudha Wijaya dalam sambutannya mengatakan coretax memainkan peran krusial untuk menciptakan sistem perpajakan yang lebih efisien, transparan, dan akuntabel.

Saat ini, DJP sedang melakukan pengujian terhadap coretax guna memastikan sistem tersebut bisa dijalankan dengan baik dan siap digunakan oleh wajib pajak dalam pelaksanaan hak dan kewajiban pajaknya.

"Fase ini sangat penting karena kami melakukan berbagai uji coba untuk memastikan bahwa sistem ini berjalan dengan baik dan siap digunakan untuk seluruh wajib pajak. Pengujian meliputi integrasi sistem, keamanan, scalability, serta pengalaman pengguna," ujar Yudha.

Sembari menunggu deployment coretax di akhir tahun, DJP siap memberikan beragam edukasi guna memastikan setiap wajib pajak siap menggunakan sistem baru tersebut. (sap)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.