PEMILU 2024

Begini Cara Ganjar Lakukan Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak

Muhamad Wildan
Kamis, 11 Januari 2024 | 16.30 WIB
Begini Cara Ganjar Lakukan Ekstensifikasi dan Intensifikasi Pajak

Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

JAKARTA, DDTCNews - Calon presiden (capres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo berencana untuk melakukan ekstensifikasi dan intensifikasi berbasis pada data dan informasi guna meningkatkan tax ratio Indonesia yang saat ini masih rendah.

Ganjar mengatakan ekstensifikasi dilaksanakan secara targeted pada kelompok-kelompok yang spesifik sehingga memberikan dampak optimal terhadap penerimaan pajak. Ekstensifikasi perlu dilakukan lewat dialog, bukan ancaman pengenaan sanksi dan sejenisnya.

"Ekstensifikasi yang gede banget ini [jumlahnya] sebenarnya bisa diajak dialog. Jangan diancam, mereka ini punya semangat berusaha," ujar Ganjar dalam Dialog Capres 03 Ganjar Pranowo Bersama Kadin, Kamis (11/1/2024).

Ganjar menuturkan upaya ekstensifikasi tidak dapat dilaksanakan sendiri oleh pemerintah, tetapi harus dilakukan bersama dengan stakeholder terkait, termasuk dengan Kadin.

Sementara itu, intensifikasi perlu dilakukan secara spesifik kepada segmen wajib pajak yang belum patuh, bukan terhadap mereka yang sudah patuh membayar pajak, tetapi masih melakukan sedikit kesalahan dalam pelaksanaan kewajibannya.

"Kita itu sudah bayar. Kalau mau cari-cari kesalahan pasti ada. Tapi, silakan baca ini lho grafik pembayaran pajak saya, ini sales kami. Kurang apa kami pada republik ini," katanya saat menirukan keluhan dari wajib pajak yang tidak disebutkan namanya.

Ganjar berharap upaya yang akan dilakukan itu dapat meningkatkan tax ratio sekaligus menciptakan level playing field antarperlaku usaha.

Menurutnya, upaya ekstensifikasi dan intensifikasi ditargetkan bisa meningkatkan kepatuhan pajak sehingga pelaku usaha yang patuh pajak tidak perlu bersaing dengan mereka yang tidak patuh pajak seperti saat ini.

Sebagai informasi, Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud sebelumnya mengungkapkan terdapat 3 langkah yang akan diambil oleh Ganjar-Mahfud untuk menciptakan budaya kepatuhan pajak di masyarakat.

Tiga langkah tersebut yakni penyederhanaan prosedur pembayaran dan pelaporan pajak, peningkatan literasi pajak, dan penegakan hukum. (rig)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
Facebook DDTC
Twitter DDTC
Line DDTC
WhatsApp DDTC
LinkedIn DDTC
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.