INVESTASI EKONOMI

Dorong Investasi, Pemerintah Sempurnakan Sistem Pajak

Awwaliatul Mukarromah
Rabu, 16 Agustus 2017 | 09.48 WIB
Dorong Investasi, Pemerintah Sempurnakan Sistem Pajak

SINGAPORE, DDTCNews – Singapore Business Federation (SBF) bersama dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura menyelenggarakan forum diskusi pajak yang dihadiri oleh komunitas Indonesia dan para calon investor dari Singapura.

Direktur Perpajakan Internasional Ditjen Pajak John Hutagaol yang hadir dalam forum tersebut mengatakan Pemerintah Indonesia tengah menyempurnakan sistem perpajakan melalui reformasi administrasi dan kebijakan perpajakan yang diharapkan dapat meningkatkan daya tarik investor di Indonesia ke depan.

“Saat ini dunia perpajakan sedang bergerak dinamis. Apalagi saat ini kita juga berada di era keterbukaan informasi keuangan secara global untuk tujuan perpajakan,” ujarnya dalam forum diskusi tersebut, Senin (14/8).

John memaparkan beberapa perkembangan pajak tersebut antara lain program pengampunan pajak (tax amnesty ) yang dinilai sukses dan menjadi acuan dunia serta akan dilanjutkan dengan penyempurnaan seperangkat Undang-undang dibidang perpajakan setelah berakhirnya program tax amnesty.

Dalam ranah global, Indonesia juga ikut serta dalam komitmen global dalam transparansi dan pertukaran informasi pajak, dan berbagai insentif pajak yang dapat dimanfaatkan oleh para calon investor.

Terkait topik pertukaran informasi (automatic exchange of information/AEoI), John menegaskan bahwa melalui kebijakan antarnegara tersebut era kerahasiaan bank akan berakhir.

Namun demikian, demi menjaga kesinambungan ekonomi dan investasi, pemerintah/otoritas pajak juga harus dapat menjamin kerahasiaan data yang diterima melalui mekanisme AEoI tersebut. “Data tersebut hanya dapat digunakan untuk tujuan pajak saja dan bukan untuk tujuan-tujuan lainnya,” paparnya.

Pada kesempatan itu, Perwakilan SBF juga menyambut baik adanya forum diskusi yang dilakukan dengan otoritas pajak dan Pemerintah Indonesia, khususnya mengenai topik yang cukup sensitif dari sudut pandang pengusaha, yaitu pajak.

“Adanya  ketersediaan otoritas pajak dan pemerintah untuk berdiskusi secara langsung dengan calon investor merupakan signal yang sangat baik dan dapat memberikan kenyamanan bagi investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia,” ujar perwakilan SBF tersebut.

Selain itu, Minister Counsellor Sigit Suryantoro Widiyanto selaku perwakilan dari KBRI Singapura menyampaikan apresiasi kepada SBF atas kerjasamanya dalam menyelenggarakan kegiatan ini. Menurutnya, langkah ini menjadi bukti keseriusan Pemerintah RI dalam memperbaiki iklim investasi di Indonesia. (Amu)

Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.