INDIA

UN Transfer Pricing Manual Direvisi, Begini Posisi India

Redaksi DDTCNews
Kamis, 26 Januari 2017 | 10.58 WIB
UN Transfer Pricing Manual Direvisi, Begini Posisi India

NEW DELHI, DDTCNews – Subkomite Transfer Pricing United Nation (UN) telah merilis draf revisi pedoman praktis transfer pricing (UN TP manual) bagi negara berkembang. Draf tersebut diperkirakan akan segera rampung pada musim semi 2017 setelah dilakukannya proses edit dan pemeriksaan.

Berdasarkan pernyataan tertulis yang dilansir oleh MNEtax.com, draf baru dari UN TP manual ini akan mencakup panduan utama transfer pricing atas intra-group services, biaya atas perjanjian kontribusi, perlakuan terhadap intangibles, dan transfer pricing documentation (TP Doc). Draf ini juga menunjukkan posisi India sebagai salah satu negara yang ikut menyusun draf tersebut.

“Dalam draf revisi ini juga akan dimasukan beberapa contoh kasus praktik transfer pricing yang terjadi di beberapa negara termasuk praktik transfer pricing yang ada di India,” ungkap pernyataan tersebut, baru-baru ini.

Mengingat sangat tingginya litigasi transfer pricing yang terjadi di India, maka draf baru ini dapat berfungsi sebagai referensi yang penting dalam menyelesaikan berbagai isu transfer pricing, yang dijadikan sebagai referensi bagi otoritas pajak India.

Dalam draf baru tersebut dikatakan bahwa India telah mengesahkan pelaksanaan rekomendasi OECD mengenai BEPS Action13, yang mendukung requirement standard dalam TP Doc yaitu melalui pendekatan three-tiered approach yang terdiri dari Master File, Local File, dan CbCR.

Persyaratan mengenai TP Doc telah tercantum dalam aturan hukum India dalam Pasal 286 UU Pajak Penghasilan (1961), dan rencananya mulai berlaku efektif untuk anggaran keuangan 2016-2017 bagi grup perusahaan dengan omzet konsolidasi lebih dari €750 juta (Rp10,7 triliun).

“Persyaratan dokumentasi transfer pricing di India secara keseluruhan sudah konsisten dengan BEPS Action 13. Namun, panduan rinci tentang aturan ini masih dalam pembahasan,” ungkap pernyataan tersebut.

Sebagai informasi, Indonesia saat ini juga sedang ramai membahas mengenai aturan baru mengenai TP Doc yang tertuang dalam PMK 213/2016. DDTCAcademy mengadakan seminar ekslusif secara gratis dengan tajuk “Rezim Baru Persyaratan Dokumen Transfer Pricing di Indonesia”. Seminar ini akan diselenggarakan pada Rabu, 1 Februari 2017 bertempat di Hotel Borobudur, Jl. Lapangan Banteng Selatan, Jakarta, Pukul 08.30 – 13.00 WIB. (Amu)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.