CHINA

Hindari Pajak, Industri Film Dibidik

Redaksi DDTCNews
Selasa, 12 Juni 2018 | 10.58 WIB
Hindari Pajak, Industri Film Dibidik

BEIJING, DDTCNews - Otoritas Tiongkok kini membidik pelaku industri film dan TV karena dugaan melakukan penghindaraan pajak. Beberapa aktor terkenal masuk radar penyelidikan The State Administration of Taxation (SAT).

SAT secara resmi telah meminta biro pajak di Provinsi Jiangsu untuk melakukan penyelidikan terkait penghindaran pajak dengan modus manipulasi kontrak kerja. Pada akhirnya akan mengurangi beban pajak yang harus dibayarkan.

"Jika ada pelanggaran hukum dan peraturan pajak ditemukan, mereka akan ditangani sesuai dengan hukum," tulis keterangan resmi SAT, Rabu (6/6). 

Salah satu aktris yang dibidik adalah Fan Bingbing dan presenter televisi terkenal Cui Yongyuan. 

Cai Daotong, Direktur Sekolah Hukum Universitas Nanjing, mengatakan bahwa otoritas pajak memiliki kewajiban untuk menyelidiki apakah ada kegiatan ilegal selama proses pelaporan pajak.

"Itu mungkin satu kasus, atau merupakan aturan tersembunyi dalam industri film dan televisi," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan jika terbukti, otoritas pajak berkewajiban untuk mengejar pembayaran pajak dan juga denda karena menunda pembayaran. Kasus itu juga seharusnya dikirim ke polisi untuk penyelidikan lebih lanjut jika orang yang relevan dicurigai melakukan kejahatan.

Sementara itu, pihak Fan Bingbing menyatakan akan bekerja sama secara penuh dengan otoritas pajak. Termasuk untuk kepentingan investigasi lebih lanjut. (Gfa/Amu)

Editor :
Cek berita dan artikel yang lain di Google News.
Bagikan:
user-comment-photo-profile
Belum ada komentar.